Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
[UPDATE] Kapal Selam Nuklir USS Connecticut Menabrak Benda Misterius Saat Menyelam
Segmen update kembali hadir untuk menghilangkan kegabutan agan dan sista, pada kesempatan kali ini datang dari Angkatan Laut Amerika. Mengutip artikel dari USNI Newsdikabarkan bahwa kapal selam nuklir USS Connecticut menabrak benda misterius saat sedang menyelam di kawasan Indo-Pasifik pada hari Sabtu (02/10/2021). Tidak disebutkan secara pasti di mana lokasi kejadian tersebut, namun beberapa media menyebut kejadian itu berada di sekitar wilayah LCS (Laut China Selatan).

Dalam insiden ini dilaporkan bahwa 11 pelaut mengalami luka memar dan benjolan, dan juga tidak ada kerusakan yang berarti pada reaktor nuklir yang jadi sumber tenaga kapal selam. US Navy menyebut kapal selam hanya mengalami sedikit kerusakan, saat ini kapal selam sedang dalam perjalanan kembali ke pelabuhan di Armada ke-7 AS yang punya basis di Jepang.

Juru bicara Armada Pasifik AS mengkonfirmasi kepada USNI News pada hari Kamis (07/10/2021) dan berikut ini adalah pernyataannya:

“Kapal selam serang cepat kelas Seawolf USS Connecticut (SSN-22) menabrak sebuah objek saat meyelam pada sore hari 2 Oktober, saat beroperasi di perairan internasional di kawasan Indo-Pasifik. Keselamatan awak tetap menjadi prioritas utama Angkatan Laut. Tidak ada cedera yang mengancam jiwa,” kata Kapten Bill Clinton kepada USNI News.

“Kapal selam tetap dalam kondisi aman dan stabil. Pembangkit dan ruang propulsi nuklir USS Connecticut tidak terpengaruh dan tetap beroperasi penuh. Tingkat kerusakan pada sisa kapal selam sedang dinilai. Angkatan Laut AS belum meminta bantuan. Insiden itu akan diselidiki.” Tutup pernyataan itu.



Quote:



Kapal selam serangan nuklir kelas Seawolf USS Connecticut (SSN-22) punya home base di Naval Base Kitsap-Bremerton, Wash. Pada 27 Mei 2021 US Navy mengatakan bahwa Kapal selam ini berlayar dari pangkalannya dan akan ditugaskan di Pasifik. Kapal selam ini juga sudah sempat mengunjungi pelabuhan di Jepang pada akhir Juli dan Agustus 2021.

Sampai saat ini belum ada detail informasi lengkap mengenai objek apa yang ditabrak oleh kapal selam nuklir tersebut, seorang pejabat militer AS yang tidak ingin disebutkan namanya menyebutkan bahwa, topografi di area yang ada di depan USS Connecticut tidak menunjukkan adanya daratan. Sementara sampai saat ini US Navy belum meminta bantuan terkait tabrakan tersebut.

Sementara itu mengutip artikel The Washington Postsalah seorang pejabat Angkatan Laut mengatakan jika kapal selam itu diyakini bertabrakan dengan benda mati, seperti kapal karam atau kontainer barang yang karam.


Quote:



Sekilas tentang USS Connecticut (SSN-22), kapal selam ini masuk dalam Kelas Seawolf. Connecticut merupakan kapal kedua dalam kelas ini yang dibuat oleh General Dynamics Electric Boat, kapal selam ini diluncurkan pada 1 September 1997 dan resmi masuk kedinasan US Navy pada 11 Desember 1998 yang punya pangkalan di Kitsap Naval Base, Bremerton, Washington. Kapal pertama dalam kelas ini adalah USS Seawolf (SSN-21) sedangkan kapal ketiga bernama USS Jimmy Carter (SSN-23).

Kelas Seawolf dibangun menjelang berakhirnya Perang Dingin, awalnya US Navy akan memesan 29 kapal selam nuklir dalam kelas ini, tetapi setelah runtuhnya Uni Soviet dan pemotongan anggaran, US Navy hanya memesan 3 kapal selam saja. Kapal selam terakhir dari Kelas Seawolf memasuki layanan US Navy pada 19 Februari 2005.

Mengutip artikel Wikipedia, kapal selam ini punya bobot saat dipermukaan 7.568 ton dan bobot saat menyelam 9.137 ton. Panjangnya 107,5 meter dengan lebar 12,1 meter. Sebagai sumber tenaga adalah 1 reaktor nuklir S6W PWR yang menghasilkan tenaga 45.000 hp dan 1 secondary propulsion submerged motor. Kapal selam ini diawaki 101 personel dan 15 perwira. USS Connecticut (SSN-22) dilengkapi dengan delapan peluncur torpedo 26 inchi, untuk amunisi yang dibawa terdiri dari 40 torpedo/rudal anti kapal atau 100 ranjau laut.

Kejadian yang menimpa kapal selam AS bukan yang pertama kali terjadi, sebelumnya pada tahun 2005 USS San Franciso (SSN -711) yang merupakan anggota dari Los Angeles Class menabrak gunung bawah laut dengan kecepatan penuh di dekat Guam. Dalam insiden waktu itu seorang pelaut tewas.

Nah, demikian sedikit update berita kali ini semoga bisa bermanfaat, sampai jumpa emoticon-Angkat Beer






Referensi Tulisan: USNI News, The Washington Post, Wikipedia
Ilustrasi Foto: US Navy
Diubah oleh si.matamalaikat 13-12-2021 03:50
EriksaRizkiM
azhuramasda
delfatesting260
delfatesting260 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
11.6K
115
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan KepolisianKASKUS Official
2.2KThread2.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.