Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Taiwan Akan Bertempur Sampai Titik Darah Penghabisan Jika Diserang Cina
Taiwan Akan Bertempur Sampai Titik Darah Penghabisan Jika Diserang Cina
Reporter:
Non Koresponden
Editor:
Eka Yudha Saputra
Kamis, 8 April 2021 07:00 WIB



Taiwan Akan Bertempur Sampai Titik Darah Penghabisan Jika Diserang Cina
Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu menghadiri konferensi pers untuk jurnalis asing di Taipei, Taiwan 7 April 2021. [REUTERS / Ann Wang]

TEMPO.CO, JakartaTaiwan mengatakan akan bertempur sampai titik darah penghabisan jika berperang dengan Cina, ketika Cina mengirim lebih banyak jet tempur ke wilayah pertahanan udara Taiwan pada Rabu.
Negara pulai itu mengeluhkan aktivitas militer berulang oleh Cina dalam beberapa bulan terakhir, dengan angkatan udara Cina hampir setiap hari melakukan serangan di zona identifikasi pertahanan udara Taiwan.  Pada hari Senin, Cina mengatakan sebuah grup tempur kapal induk sedang berlatih di dekat pulau itu.
Dikutip dari Reuters, 7 April 2021, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan 15 pesawat Cina termasuk 12 pesawat tempur memasuki zona identifikasi pertahanan udaranya, dengan pesawat anti-kapal selam terbang ke selatan melalui Selat Bashi antara Taiwan dan Filipina.
Angkatan udara Taiwan mengirim pesawat untuk mencegat dan memperingatkan Cina, kata kemenhan Taiwan.

Berbicara pada hari sebelumnya, Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengatakan Amerika Serikat prihatin tentang risiko konflik.
"Dari pemahaman saya yang terbatas tentang pembuat keputusan Amerika yang mengamati perkembangan di kawasan ini, mereka jelas melihat bahaya kemungkinan Cina melancarkan serangan terhadap Taiwan," katanya kepada wartawan di kementeriannya.
"Kami bersedia membela diri tanpa ragu dan kami akan berperang jika kami perlu berperang. Dan jika kita perlu mempertahankan diri kita, kita akan membela diri kita sendiri sampai hari terakhir," tegas Wu.
Kantor Urusan Taiwan Cina dan Departemen Luar Negeri AS tidak menanggapi permintaan komentar atas pernyataan Wu.
Taiwan Akan Bertempur Sampai Titik Darah Penghabisan Jika Diserang Cina Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu (tengah) menghadiri konferensi pers untuk jurnalis asing di Taipei, Taiwan 7 April 2021. [REUTERS / Ann Wang]
Cina mengatakan aktivitasnya di sekitar Taiwan bertujuan untuk melindungi kedaulatan Cina. Amerika Serikat telah menyatakan keprihatinannya tentang gerakan Cina, dan mengatakan komitmennya ke Taiwan sangat kuat.
Menambah potensi krisis di Taiwan, Angkatan Laut AS mengatakan kapal perusak berpeluru kendali USS John S. McCain melakukan transit "rutin" di Selat Taiwan pada hari Rabu.
"Transit kapal melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Militer Amerika Serikat akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional," kata Angkatan Laut AS.
Baca juga: Cina Sebut Bakal Sering Gelar Latihan Militer di Wilayah Sengketa Taiwan
Sementara itu, baik Taiwan maupun Cina tidak mengatakan dengan rinci di mana grup tempur kapal induk Cina berada, atau apakah sedang menuju Laut Cina Selatan yang disengketakan, tempat grup tempur AS saat ini beroperasi.
Seseorang yang mengetahui rencana keamanan Taiwan mengatakan kepada Reuters bahwa grup tempur Cina masih dekat pulau-pulau Jepang, meskipun menolak untuk mengungkapkan lokasi tepatnya.
Jepang mengatakan pada Ahad bahwa grup tempur Cina telah memasuki Pasifik setelah berlayar melalui Selat Miyako, melalui rantai pulau Ryukyu selatan Jepang di timur laut Taiwan.
Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan akan menjalankan delapan hari simulasi perang berbasis komputer bulan ini, untuk mensimulasikan serangan Cina. Fase kedua latihan tempur Taiwan, termasuk latihan tembakan langsung dan latihan anti-pendaratan, akan berlangsung pada bulan Juli, ketika rumah sakit juga akan berlatih menangani korban massal.

https://dunia.tempo.co/read/1450207/...a/full&view=ok
tepsuzot
tepsuzot memberi reputasi
1
1.3K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.