deganijo001Avatar border
TS
deganijo001
Namanya Disebut di Pandora Papers, Ini Kekayaan Luhut di LHKPN


Bisnis, JAKARTA — Beberapa nama orang Indonesia disebut dalam Pandora Papers. Salah satunya adalah nama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Pandora papers adalah laporan hasil investigasi International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ). Dokumen hasil investigasi yang dijuluki Pandora Papers tersebut menguak sejumlah nama orang yang memiliki perusahaan cangkang di luar negeri.

Dengan begitu, bisa diperkirakan bahwa orang-orang tersebut memiliki kekayaan yang banyak. Lantas, sebagai salah satu orang yang namanya disebut di Pandora Papers, berapa harta kekayaan Luhut?

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), total harta kekayaan Luhut Binsar Pandjaitan mencapai Rp745,188 miliar pada 2020.

Dalam LHKPN yang dilaporkan pada 24 Maret 2021 ini disebutkan Luhut memiliki 16 aset tanah dan bangunan yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatra dengan total nilai mencapai Rp244,019 miliar.

Beberapa aset tanah dan bangunan berada di DKI Jakarta dan Bali. Nilainya mencapai puluhan miliar hingga ratusan miliar rupiah. Lalu, aset berupa alat transportasi dan mesin tercatat sebesar Rp2,485 miliar dengan perincian mobil Isuzu Panther LM 25 Tahun 2006 bernilai Rp60 juta, mobil Lexus LS 460 AT Tahun 2016 Rp1,5 miliar, dan mobil Toyota Alphard 3.5 Q AT Tahun 2016 Rp900 juta, serta dua unit sepeda motor dengan total nilai Rp25 juta.

Pendiri Yayasan Del ini juga melaporkan harta bergerak lainnya senilai Rp3,382 miliar, surat berharga Rp106,104 miliar, kas dan setara kas Rp194,009 miliar, dan harta lainnya Rp207,128 miliar. Luhut juga mencatatkan utangnya dalam LHKPN mencapai Rp12 miliar. Total harta kekayaan Luhut pada 2020 tercatat naik jika dibandingkan dengan tahun 2019 yang mencapai Rp677,440 miliar.

Dalam laporan Pandora Papers, Luhut disebut pertama kali ditunjuk menjadi Presiden Petrocapital pada rapat yang digelar 19 Maret 2007. Dia dipilih bersama dua orang lain dan berkantor di Guayaquil--400 kilometer sisi barat daya ibu kota Ekuador, Quito. Pertemuan itu juga mengesahkan perubahan nama perusahaan dari Petrostar International SA menjadi Petrostar-Pertamina International SA.

Dalam dokumen setebal 17 halaman disebutkan perusahaan yang baru berganti nama itu ditugasi memproduksi sekaligus mengangkut produk minyak bumi. Petrostar juga diperintahkan melakukan ekspor-impor. Namun perusahaan itu hanya berumur tiga tahun, dewan direksi membubarkannya pada rapat pemegang saham luar biasa pada Juli 2010.

Juru bicara Luhut, Jodi Mahardi, mengkonfirmasi kabar bahwa Petrocapital dibentuk di Republik Panama. Menurut Jodi, Luhut hanya menjabat eksekutif Petrocapital selama tiga tahun sejak 2007. Ketika Luhut memimpin, perusahaan itu gagal memperoleh eksplorasi migas yang layak. Jodi membantah kabar bahwa Luhut berkongsi dengan perusahaan minyak milik pemerintah Indonesia dan mengubah nama perusahaan.

"Ada berbagai kendala terkait dengan kondisi geografis, budaya, dan kepastian investasi sehingga Pak Luhut memutuskan mundur dan berfokus pada bisnis yang ada di Indonesia," kata Jodi, dikutip dari Tempo.

Ketika perusahaan minyak dan gas itu didirikan pada 2006, modal awal yang disetor sebesar US$ 5 juta atau setara dengan Rp71,5 miliar menggunakan kurs saat ini.

Sebelum muncul laporan Pandora Papers, nama Luhut Binsar Pandjaitan tercantum dalam dokumen Panama Papers. Dalam laporan tersebut Luhut disebut sebagai Direktur Mayfair International Ltd, perusahaan cangkang di Republik Seychelles, negara suaka pajak di Afrika.

Dokumen Panama Papers pada 2016 menemukan nama pemilik Mayfair adalah dua perusahaan: PT Persada Inti Energi dan PT Buana Inti Energi. Dalam akta pendiriannya, Mayfair beralamat di Suite 13, First Floor, Oliaji Trade Centre, Francis Rachel Street, Victoria, Mahe, Seychelles.

Di hari yang sama dengan pendirian Mayfair International Ltd, Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk sebagai satu-satunya direktur. Dalam sertifikat penunjukan direksi Mayfair, Luhut dinyatakan beralamat di Jalan Mega Kuningan Barat III Nomor 11, Jakarta.

Melengkapi keterangan itu adalah salinan paspor atas nama Luhut. Dari penelusuran Tempo, Persada dan Buana—secara langsung ataupun tidak—terkoneksi dengan Luhut. Pada 2011, laporan keuangan perusahaan milik Luhut, PT Toba Bara Sejahtra Tbk, mencantumkan PT Buana Energi sebagai mitra perusahaan.

Sedangkan PT Persada dimiliki PT Pelita Buana Karya dan Elizabeth Prasetyo Utomo. PT Buana bergerak pada bidang kehutanan, sementara PT Persada pernah tercatat sebagai anggota konsorsium perusahaan yang membangun pembangkit listrik tenaga uap di Bengkayang, Kalimantan Barat.

Luhut yang saat itu menjabat Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan membantah isi laporan Panama Papers. Luhut mengaku tidak pernah mengetahui perusahaan cangkang bernama Mayfair International Ltd yang mencantumkan namanya sebagai Direktur Perusahaan.

"Saya tidak pernah terlibat di dalam itu, dan saya tidak tahu itu Mayfair," ujar Luhut kepada Tempo, di kantornya, Senin, 25 April 2016.

Luhut menyebutkan perusahaan cangkang itu tidak memiliki hubungan dengan perusahaan induk Toba Sejahtra ataupun anak perusahaan miliknya, termasuk PT Buana Inti Energi. Mengenai PT Perdana Inti Energi yang disinyalir memiliki keterkaitan dengan perusahaan cangkang tersebut, Luhut menyatakan perusahaan itu bukan miliknya. "Saya tidak mengetahui proyek apa saja yang mereka kerjakan," katanya.

Luhut juga mengatakan alamat yang dicantumkan dalam dokumen perusahaan cangkang tersebut bukan alamat yang berkaitan dengan rumahnya. "Saya tidak. Itu alamat rumah saya saja dibikin salah di situ. Alamat rumah saya dibilang di Mega Kuningan 11. Saya bukan di Mega Kuningan 11. Saya tidak tahu, rumah saya nomor 18," katanya, seperti ditulis tempo.co, Senin, 25 April 2016 pukul 11:09 WIB.


Diubah oleh deganijo001 06-10-2021 09:48
gmc.yukon
m.hanif.bashor
m.hanif.bashor dan gmc.yukon memberi reputasi
2
1.5K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.