paman.pushupAvatar border
TS
paman.pushup
Kronologi Ustaz Solmed Diduga Langgar Perjanjian Ceramah Berujung Lapor Polisi


Jakarta - Ustaz Solmed dituduh melanggar perjanjian ceramah. Ia dituding membatalkan perjanjian itu secara sepihak.
Panitia menyebut Ustaz Solmed dianggap menyalahi perjanjian, padahal sudah menerima uang hingga Rp 8 juta.

Suwarna, mewakili panitia ceramah itu, menceritakan awal mula masalah tersebut versi mereka. Pihaknya menyebut Ustaz Solmed sebenarnya sudah sepakat.

"Awal mulanya beliau menjemput dari jam 4 sore, terus Ustaz Solmed bilang, 'Sudah duluan saja, dekat ini kok.' Dan mohon maaf kami tidak ada perdebatan, seperti disampaikan Ustaz Solmed katanya ada perdebatan waktu mau jalan, sama sekali tidak ada," kata Suwarna saat ditemui di kawasan Kebon Siri, Jakarta Pusat, Selasa (5/10/2021).

"Di situ hanya bilang, 'Hanya 1,5 jam, saya istirahat dulu habis itu ke hotel beres-beres dulu, habis itu Magrib saya berangkat'," lanjutnya.

Setelah itu, Suwarna langsung menyerahkan sisa pembayarannya kepada supir Ustaz Solmed. Hal itu dilakukannya sesuai dengan perintah suami April Jasmine itu.

"Di situlah saya menyerahkan uang sebesar Rp 6 juta, di awalnya DP Rp 2 juta, buktinya ada. Rp 2 juta saya DP untuk mengunci jadwal beliau, Rp 6 juta pelunasan disaksikan oleh Pak Ketua. Dan uang itu saya serahkan ke Remo, supirnya Ustaz Solmed, karena itu diperintahkan oleh Ustaz Solmed uangnya diserahkan ke Remo," beber Suwarna.

"Sehabis itu saya berangkat duluan dengan penjemput, karena beliau memutus kami untuk duluan," sambungnya.

Sekitar pukul 20.00 WIB, Ustaz Solmed tiba-tiba saja membatalkan kunjungannya ke Kampung Cisamak, Desa Cisewu, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Suwarna pun kaget saat mengetahui hal tersebut.

"Nah tiba-tiba jam 8 (malam) tepat beliau mengabarkan bahwa beliau sudah akan pulang ke Jakarta. Dan dari situ kami sudah mulai panik, warga sudah mulai mengepung, warga sudah mulai guncang dan di situlah kami langsung diamankan di Polsek didampingi oleh Pak Lurah, ada Pak RW juga, saya di situ alhamdulillah diamankanlah dari amukan warga," imbuh Suwarna.

Mengenai dagangan rokok Ustaz Solmed, Suwarna mengaku tidak mau ikut campur. Sebab, 25 slop SIN Herbal langsung dirampas oleh warga dan dibagi-bagikan imbas kekecewaan mereka atas ketidakhadiran Ustaz Solmed di pengajian itu.

"Adapun permasalahan lainnya seperti uang rokok, itu beliau sebenarnya menitipkan 'Tolong bantu bro, saya punya rokok, bantu jualin dah ke warga'. Jadi karena kekesalan warga, akhirnya rokok itu dibagikan atau dilempar," papar Suwarna.

"Jadi seperti itu kronologinya, jadi yang jelas kami tidak ada tuntutan hukum sebenarnya dari awal. Tapi ketika hari H kenapa beliau tidak menjawab? Tapi setelah dua hari beliau baru koar-koar," tukasnya.

Ustaz Solmed membantah tudingan tersebut. Ia tak datang ke acara pengajian di Kampung Cisamak, Desa Cisewu, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat karena mendapatkan halangan di jalan. Akses menuju kampung tertutup imbas longsor.
"Kan saya hari Sabtu, hari Minggu itu ada acara di Pangalengan. Terus dia (panitia acara) minta, 'Boleh nggak nanti malam di Pangalengan lagi biar sekalian lewat, sekalian di tempat?' 'Boleh,' saya bilang," ujar Ustaz Solmed saat dihubungi detikcom.

"Ya sudah nih ada jadwal di Cisewu, Pangalengan, Bandung. Oke nggak apa-apa kalau gitu, karena besok saya syuting jam 8 pagi, jadi nggak mungkin kalau terlalu jauh dari Pangalengan. Padahal saya siang mau pulang niatnya. Nah, tiba-tiba kaget saya, kok Garut, ya? Ini gimana ya, ya sudahlah karena pertimbangan kemanusiaan, kasihan ya sudah berangkat dah," lanjutnya.

Pada akhirnya, Ustaz Solmed melaporkan Suwarna, selaku panitia pengajian, dan Tisna, yang diketahui menjabat sebagai Lurah Cisewu, Garut, Jawa Barat.

"Bagaimana yang awal saya sampaikan bahwa saya berikan waktu pada saat itu 2x24 jam. Dalam waktu itu pun saya juga memberikan waktu untuk mereka memberikan permohonan maaf secara resmi atas segala ucapan, lontaran, tulisan, pernyataan yang memuat fitnah dan pencemaran kepada saya," ujar Ustaz Solmed.

"Tapi sampai hari Senin, bukan dua hari lagi, tapi sudah empat hari saya tunggu tidak ada kabar. Akhirnya ya saya tunaikan janji saya hari Selasa saya secara resmi melaporkan dua orang. Saudara Suwarna dan saudara Tisna ke Direktorat Kriminal Khusus Polda Jawa Barat," tuturnya.

sumur

mustahil sekali pak ustad salah emoticon-Shakehand2
gagal.jadi.nabi
tepsuzot
viniest
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11
6.9K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.