• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dulu Hanya Ada Dalam Cerita Fiksi Sains, Sekarang Sudah Hampir Menjadi Kenyataan.

machinAvatar border
TS
machin
Dulu Hanya Ada Dalam Cerita Fiksi Sains, Sekarang Sudah Hampir Menjadi Kenyataan.


Tilly Lockey | Gadis dengan Bionic Arms - Open Bionics


Kieran, seorang anak yang memiliki kelainan dari sejak dia lahir, yang disebut dengan Amniotic Band Syndrome yaitu komplikasi kehamilan yang terjadi ketika anggota tubuh janin terlilit oleh lapisan kantung cairan ketuban yang robek. Akibatnya, dia lahir dengan kehilangan jari pada tangan kanannya.



Kieran | Anak dengan tangan prostetik - National Geographic

Quote:


Dengan kekurangan fisik tersebut, Kieran seringkali tidak percaya diri dan juga tak jarang dia menjadi korban bully dari teman-temannya. Namun bukankah ada prostetik untuk menggantikan jari-jarinya? Perlu kalian tahu, prostetik modern yang dapat menggantikan fungsi jari-jari Kieran memiliki harga yang sangat mahal. Ditambah lagi, Kieran akan bertumbuh besar dan prostetiknya perlu diganti sesuai perkembangan fisik Kieran. Sekali lagi, 3D printing memiliki peran besar untuk menjadi bagian dari solusi masalah tersebut. Sebuah komunitas global “Digital Humanitarian”, yang disebut e-NABLE, menggunakan 3D printers untuk membuat prostetik dengan biaya yang sangat rendah, bahkan memungkinkan tanpa biaya dan diberikan kepada mereka yang membutuhkannya.



Kieran yang awalnya merasa sangat terganggu dengan kondisi fisiknya tersebut, akhirnya sangat percaya diri karena tangannya sekarang memiliki tampilan lebih keren dari pada tangan teman-temannya yang lain.

Sukarelawan e-NABLE sudah ada 40.000 orang yang tersebar di 100 negara. Mereka semua sudah membantu 10.000 - 15.000 orang yang membutuhkan dengan mengirimkan prostetik secara cuma-cuma.

Mirip dengan Kieran, Tilly Lockey, seorang gadis yang juga memiliki kekurangan tidak memiliki lengan tangan, diberikan tangan robot oleh Open Bionics. Yaitu perusahaan yang berbasis di Inggris yang mengembangkan tangan bionik berbiaya rendah. Perusahaan ini berbasis di Future Space, bekerjasama dengan Bristol Robotics Laboratory. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2014 oleh Joel Gibbard MBE dan Samantha Payne MBE.



Tilly Lockey memiliki kondisi sedari dia lahir. Dengan kondisi itu, teknologi ini akan menjadi teknologi yang mahal bagi orang tua mereka. Pertumbuhan fisiklah yang mempengaruhi biaya tersebut. Setiap fisik pengguna teknologi ini bertambah ukuran, secara otomatis dia akan membutuhkan ukuran yang baru untuk lengan robotnya.

Quote:

--
Terimakasih sudah membaca trit sederharan siang ini.
Seperti biasa, sehat dan bahagia selalu.emoticon-rose



Diubah oleh machin 05-10-2021 11:40
bromocool
makiinun
delfatesting260
delfatesting260 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
10K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.