jhonthor501Avatar border
TS
jhonthor501
Anies "Ibu Kota pindah tak selesaikan masalah Jakarta", EK "Ya ganti gubernurnya !"


Pegiat media sosial, Eko Kuntadhi turut menanggapi soal pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut bahwa walaupun Ibu Kota negara dipindahkan ke Kalimantan, hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah di Jakarta.

Dengan penuh sindiran Eko Kuntadhi mengatakan, apabila masalah di Jakarta mau terselesaikan maka yang perlu dilakukan hanyalah mengganti gubernurnya, yakni Anies Baswedan.

“Kalau mau selesaikan masalah di Jakarta, ya ganti Gubernurnya. Gimana sih, Pak Anies,” kata Eko Kuntadhi dalam kicauan di jejaring media sosial Twitter pribadinya, dikutip Hops pada Minggu, 3 Oktober 2021.



Sebagaimana diketahui, Anies Baswedan sempat angkat bicara soal pemindahan ibu kota negara (IKN).

Anies menganggap pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur tak akan menyelesaikan permasalahan lingkungan di Jakarta.

Hal ini disampaikan Anies ketika menghadiri diskusi virtual bertajuk ‘Sinking Cities and the Climate Emergency: Jakarta and Beyond’.

Dalam acara yang dipandu oleh Eks Wamenlu RI, Dino Patti Djalal selaku moderator ini, mulanya, Anies diberikan pertanyakan mengenai pemindahan Ibu Kota Negara.

“Pak Anies, apa yang akan terjadi jika Ibu Kota Negara pindah ke Kalimantan? Apa yang akan terjadi dengan Jakarta?,” tanya Dino kepada Anies dalam diskusi berbahasa Inggris, Kamis (30/9/2021).

Anies kemudian menjawab pertanyaan Dino. Menurut Anies, Jakarta tetap akan menghadapi permasalahan perubahan iklim dan lingkungan sekalipun status Jakarta bukan lagi Ibu Kota Negara.

“Jadi kalaupun Ibu Kota dipindahkan ke Kalimantan, itu tidak akan memindahkan masalah. Masalah lingkungan bukan direlokasi ke Kalimantan. Polusi udara tidak direlokasi ke Kalimantan. Ini (hanya) status Ibu Kota yang sedang direlokasi. Kami masih harus menghadapi semua masalah itu,” kata Anies.

Di samping itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan perlu sektor swasta dan masyarakat untuk memperbaiki lingkungan di Jakarta. Anies menyebut semua pihak harus berkolaborasi untuk mewujudkan Jakarta hijau.

“Saya pikir ini juga akan menggerakkan sektor swasta, sektor ketiga untuk melakukan arah yang sama dalam mengubah kota menjadi kota yang lebih hijau,” ujarnya.

Di samping itu, kata Anies, ada masalah kemacetan di Jakarta. Anies menyebut aktivitas warga di Jakarta lebih padat dibandingkan kota lainnya di RI.
Kendati demikian, menurut Anies aktivitas di sektor pemerintahan hanya berkontribusi 7 persen dari kepadatan lalu lintas (lalin) di Jakarta.

Sebaliknya, aktivitas bisnis dan rumah tangga berkontribusi besar dalam kepadatan lalin Jakarta.
Oleh sebabnya, pihaknya saat ini tengah mengembangkan transportasi umum, demi menyelesaikan permasalahan kepadatan lalin.
sumur



emoticon-Najis (S)

muhamad.hanif.2
gagal.jadi.nabi
phyu.03
phyu.03 dan 10 lainnya memberi reputasi
9
3.3K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.