Kaskus

Female

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yourkiveAvatar border
TS
yourkive
Kenali Program Keluarga Berencana Sebelum Menikah
Kenali Program Keluarga Berencana Sebelum Menikah

GanSis pasti sudah familiar sama ‘KB’ atau yang bisa kita kenal juga dengan sebutan ‘Keluarga Berencana’, ya. Tujuan KB sendiri menurut situs Hello Sehat adalah untuk menekan angka kelahiran, atau mengendalikan pertumbuhan penduduk di suatu negara secara nasional. 

Nah, buat GanSis yang belum menikah, nih. Menurut ane, ada baiknya buat kita-kita yang kebetulan belum menikah, untuk mengenali dulu program ini sebelum memutuskan untuk menikah dan pada akhirnya, memiliki keturunan. 


Sebenarnya, tujuan program KB juga bukan hanya untuk menekan angka kelahiran aja, loh. Ada juga tujuan lain yang ingin dicapai oleh pemerintah. Dikutip dari situs resmi Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Masyarakat & Desa Kab. Bantul, tujuannya adalah antara lain:


1. Membentuk keluarga kecil yang sejahtera, sesuai dengan kemampuan ekonominya.

2. Mencanangkan program keluarga kecil dengan dua anak cukup. 

3. Mencegah terjadinya pernikahan dini.

4. Menekan angka kematian ibu dan bayi, akibat kehamilan di usia yang terlalu muda atau terlalu tua, dan akibat adanya penyakit sistem reproduksi.

Untuk menjalankan program ini, sebenarnya mudah banget buat GanSis, yaitu dengan menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom, pil KB, IUD, suntik, dan KB implan. Tentunya, program KB ini juga punya manfaat buat GanSis. Apa aja tuh manfaatnya? 

Dikutip dari Hello Sehat, manfaat program KB ternyata banyak juga, nih. Mereka adalah:

1. Mencegah kehamilan yang tidak diinginkan

Kenali Program Keluarga Berencana Sebelum Menikah

Manfaat nomor satu ane rasa penting banget ya, GanSis. Karena, dengan adanya program KB, kita bisa mengatur kapan saat yang tepat kita mau punya anak. Sehingga, sudah siap secara mental dan secara fisik juga. Kita pun bisa mengatur jarak antar anak. Sehingga, gak akan ada istilah ‘kesundulan’ atau kehamilan saat anak yang sebelumnya masih berada di usia yang butuh perhatian penuh dari orang tua. Kehamilan yang tidak diinginkan pastinya meningkatkan resiko kelahiran prematur atau cacat bawaan lahir dan berat badan rendah untuk bayi. Sedangkan untuk ibu, bisa jadi ibu akan mengalami depresi selama hamil dan setelah melahirkan, dan mengalami komplikasi saat melahirkan. Bahaya banget, kan?


2. Mengurangi resiko aborsi


Kenali Program Keluarga Berencana Sebelum Menikah


Manfaat kedua juga gak kalah penting. Kehamilan yang tidak direncanakan sering kali berujung pada aborsi, karena kedua orang tua tidak menginginkan si anak. Selain itu, aborsi ilegal juga punya resiko yang besar, sehingga bisa berdampak fatal bagi calon ibu. Di Indonesia sendiri, aborsi memang ilegal, karena diatur oleh Undang Undang. Aborsi hanya dilegalkan jika memang ada alasan medis yang kuat, dan tindakan tersebut dilakukan dengan pengawasan dokter.

3. Menurunkan angka kematian ibu

Kenali Program Keluarga Berencana Sebelum Menikah
[justify]Masih berkaitan dengan kehamilan yang tidak direncanakan, program KB juga terbukti berhasil mengurangi angka kematian ibu. Karena, calon orang tua bisa mengatur kapan mereka siap memiliki keturunan. Sehingga, ibu pun bisa dipastikan berada di usia yang cukup untuk mengandung, agar siap secara mental dan fisik.

Jika perempuan yang belum cukup umur mengandung, maka bisa jadi mereka mengalami komplikasi seperti fistula obstetri, infeksi, perdarahan hebat, anemia, dan eklampsia. Semua komplikasi ini sangat berbahaya bagi perempuan ya, GanSis. 

4. Membantu mencegah HIV/AIDS


Kenali Program Keluarga Berencana Sebelum Menikah

Dengan adanya program KB, maka GanSis mengenal alat-alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi yang paling umum digunakan selain pil KB adalah kondom. Selain untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, fungsi kondom juga adalah untuk mencegah penularan penyakit, salah satunya HIV/AIDS. Sementara untuk wanita, alat kontrasepsi bisa mencegah penularan HIV/AIDS dari ibu ke bayi.

5. Mencegah penularan penyakit kelamin


Kenali Program Keluarga Berencana Sebelum Menikah

[justify]Selain HIV/AIDS, masih banyak jenis penyakit menular lain yang bisa mengancam GanSis. Dengan adanya alat kontrasepsi yang termasuk dalam program KB, penyakit seperti sifilis, klamidia, gonore, atau HPV (human papilomavirus) bisa dicegah penularannya. 


6. Menjaga mental keluarga


Kenali Program Keluarga Berencana Sebelum Menikah

Manfaat terakhir nih, GanSis. Manfaat untuk menjaga kesehatan mental keluarga. Selain agar anak bisa mendapatkan kasih sayang secara utuh dari orang tua dan perempuan yang rentan mengalami depresi baik saat hamil maupun pasca kelahiran, mental ayah pun harus dijaga, ya. 

Pihak laki-laki yang harus menjadi tulang punggung keluarga, harus mendampingi istri dan kesiapan mental untuk menjadi seorang ayah juga harus diperhatikan. Maka dari itu, program KB ini ada untuk mendampingi keluarga, agar semua siap untuk berkeluarga, karena bisa mengatur sendiri kapan waktu yang tepat untuk memiliki momongan.

Begitulah manfaat program Keluarga Berencana menurut ane, GanSis. Maka dari itu, menurut ane penting banget nih buat kita yang belum menikah untuk mengenal dulu program ini sebelum melangkah ke jenjang selanjutnya bersama pasangan kita masing-masing

Segitu dulu ya thread ane hari ini, GanSis. Semoga bisa membantu dan sampai ketemu di thread ane selanjutnya!


Diubah oleh yourkive 28-09-2021 10:20
emineminna
ceuhetty
alanthegreat
alanthegreat dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.2K
41
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
KASKUS Official
8.9KThread11KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.