dvs22Avatar border
TS
dvs22
Take The Money And Run, Kanvas Kosong Hasil Karya Jens Haaning
Semua staf di Kunsten Museum of Modern Art di Aalborg, Denmark yang tengah membuka kotak paket dibuat kaget dan bingung dengan isinya. Bagaimana tidak? Anggota museum yang mengharapkan kedatangan hasil karya dari seorang seniman bernama Jens Haaning, nyatanya mereka hanya mendapatkan dua buah kanvas putih kosong dari dalamnya. Surprise!


foto: CBS NEWS

Haaning menamai hasil karyanya tersebut dengan judul “Take the Money and Run” atau apabila diartikan ke bahasa Indonesia menjadi “Ambil Uangnya dan Lari”.

Berapa kira-kira nilai uang yang sudah diterima Haaning? 534.000 kroner, atau kurang lebih setara dengan 900 juta Rupiah. Wow!

“Hasil karyaku adalah aku telah mengambil uang mereka,” kata Haaning dengan penuh percaya diri ketika hadir di acara tanya jawab radio P1 Morgen.


foto: mikkelcarl.com

Jens Haaning sendiri merupakan warga Copenhagen berumur 56 tahun dan meraih popularitas di tahun 90-an karena menggunakan seni sebagai alat komunikasi uang, kekuasaan, dan kelompok marginal.

Hasil karya Haaning rencananya akan diikutsertakan dalam sebuah pameran bertema “Work It Out” di Kunsten Museum yang akan diselenggarakan pada 16 Januari 2022. Selain Haaning, museum pun akan memajang hasil karya dari 20 seniman lain.

Awalnya museum membayarkan 25.000 kroner dan meminta Haaning untuk menuangkan karya objek visual yang menggambarkan pendapatan tahunan rata-rata bagi penduduk Austria dan Dane, dengan kata lain menempelkan fisik uang di atas kanvas. Tapi ketika Haaning menyadari bahwa ia membutuhkan sejumlah uang tersebut hanya untuk sebatas mendanai proyeknya, Haaning segera merubah rencananya.


foto: The Washington Post

Kunsten Museum sendiri menyatakan kalau Haaning telah melanggar kesepakatan dan memintanya untuk mengembalikan semua uang yang sudah dibayarkan paling lambat 14 Januari 2022.

“Ini bukanlah sebuah pencurian,” balas Haaning tetap pada pendiriannya.

Kunsten Museum yang mana telah menerima paket dari Haaning seminggu yang lalu, saat ini memutuskan untuk tetap memajang kanvas kosong tersebut di dinding museum.

Apa GanSis tertarik ke Kunsten Museum untuk melihat hasil karya Haaning?


foto: DAILY BEAST



Sumber:
The Washington Post
CBS NEWS
sintara85
kopiko0385
TakemyHorse
TakemyHorse dan 19 lainnya memberi reputasi
20
6.1K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.