Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wismanganAvatar border
TS
wismangan
Jakarta Akan Punya Wajah Baru Transportasi di 2022 , Apa Saja?
Jakarta Akan Punya Wajah Baru Transportasi di 2022 , Apa Saja?


Kota Jakarta akan memiliki ikon integrasi untuk menjadi identitas baru perkotaan dan ruang publik yang inklusif di Kawasan Berorientasi Transit (KBT) Dukuh Atas, yakni Jembatan Penyebrangan Multiguna (JPM) serta Revitalisasi Stasiun Sudirman.

Hal ini secara resmi dicanangkan oleh PT Moda Integrasi Tranportasi Jabodetabek (MITJ) selaku perusahaan patungan BUMN – BUMD sebagai pelaksana pembangunan.


Turut hadir dalam acara Peresmian Integrasi Transportasi Jabodetabek tersebut yakni Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Stasiun Tebet, Rabu (29/9).

“Mandat yang PT MITJ terima ini sumber dananya tidak berasal dari APBN maupun APBD, sehingga kami berusaha semaksimal mungkin menggunakan creative financing untuk melaksanakan pembangunan JPM ini, namun tidak mengurangi semangat kami untuk menghadirkan fasilitas publik yang nyaman, ramah, dan mengutamakan penggunaan transportasi publik demi masyarakat”, ujar Direktur Utama PT MITJ Tuhiyat dalam laporannya.


Kemudian, JPM yang memiliki visi untuk menjadi “Serambi Temu Dukuh Atas” ini ditargetkan dapat beroperasi Juni 2022, seiring dengan rencana beroperasinya LRT Jabodebek.

Selain itu, JPM tersebut akan berfungsi sebagai ikon infrastruktur publik dalam rangka integrasi moda transportasi yang dikembangkan menjadi fungsi lainnya seperti jalur sepeda, retail, exhibition space, dan fasilitas lainnya yang berperan sebagai ruang publik perkotaan yang, interaktif, atraktif, edukatif, rekreatif, dan ramah disabilitas.


“Selain pembangunan infrastruktur tersebut, juga akan ada beberapa pembangunan infrastruktur publik baru pada kawasan yang sama, yaitu: Revitalisasi Waduk Setiabudi Barat, dan Revitalisasi Promenade Kanal Banjir Barat (KBB) yang diharapkan dapat menjadi pemicu regenerasi perkotaan di kawasan Dukuh Atas pada khususnya dan DKI Jakarta pada umumnya,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menambahkan.

Selain Pencanangan JPM dan Revitalisasi Stasiun Sudirman, beberapa agenda lain juga diresmikan pada acara ini, yakni Sistem Pertiketan dan Tarif Terintegrasi oleh PT Jakarta Lingko (JakLingko) Indonesia yang menandai terselesaikannya Fase I yaitu Central Clearing House System/CCHS, dilanjutkan dengan Peresmian Penataan stasiun Tahap 2 yaitu St. Tebet dan St. Palmerah, serta agenda terakhir yakni penandatanganan dokumen Integrasi Transportasi Jabodetabek antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT KAI (Persero).

Kolaborasi besar dari seluruh stakeholders terkait ini diharapkan dapat mewujudkan transportasi terintegrasi yang lebih optimal dan terciptanya fasilitas integrasi fisik kelas dunia yang dapat meningkatkan penggunaan transportasi publik di Jabodetabek khususnya di wilayah Ibukota.

https://www.idxchannel.com/amp/econo...-2022-apa-saja

Futuristik..
bungtak.selalu
phyu.03
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
3.1K
30
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.