Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Sulitnya Cegah Senjata Asing Masuk Papua dari Negara Tetangga





Jakarta - Pada awal September 2021 Aparat Kodam XVII/Cendrawasih berhasil menyita 5 senjata api yang diamankan dari Kelompok Kriminal Bersenjata KKB. Senjata itu buatan Amerika Serikat (AS) yang dibawa KKB dari Bougenville, Papua Nugini.
"Masuknya senjata dari luar negeri ini sebuah fenomena baru. Sebab selama ini senjata yang dimiliki KKB umumnya hasil rampasan dari TNI/Polri," kata Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar kepada detikcom, Rabu (29/9/2021).

Senjata yang diselundupkan dari luar negeri, ia melanjutkan, umumnya masuk lewat Papua Nugini yang wilayahnya bersebelahan dengan Jayapura sampai Merauke sejauh 800 kilometer. Panjangnya jalur perbatasan diakui Boy menjadi tantangan tersendiri. Sebab dengan demikian sangat banyak jalur yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan penyelundupan. Apalagi di setiap jalur perbatasan juga ada perkampungan yang saling berdekatan sehingga peluang orang membawa senjata api dari negara tetangga sangat terbuka.

Secara politis, temuan senjata dari luar negeri itu tak serta-merta disimpulkan ada upaya intervensi atau sokongan negara-negara tertentu kepada KKB di Papua. "Tentu saja itu perlu pendalaman lebih lanjut," kata Boy Rafli yang pernah menjadi Kepala Polda Papua, April 2017 - Agustus 2018.

Untuk diketahui, selain menyita lima senjata, aparat Kodam XVII / Cendrawasih juga menangkap, 2 orang terkait teroris KKB yakni Yulian Uropmabin (36) dan Kapol Uropmabin (42). Terungkapnya kasus tersebut berkat laporan warga yang curiga karena mereka diduga menuju Mongham yang merupakan markas teroris KKB.

(jat/jat)

https://news.detik.com/berita/d-5748...gara-tetangga.
Vanuatu dan negara pasifik?

Atau negara barat kayak Amerika lewat CIA nyeludupin senjata buat PRRI dan Persemesta?
muhamad.hanif.2
pilotugal2an541
pilotugal2an541 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
940
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.