Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenang Kembali 5 Bencana Alam Dahsyat Yang Pernah Mengguncang Dunia

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Mengenang Kembali 5 Bencana Alam Dahsyat Yang Pernah Mengguncang Dunia
Fenomena alam yang biasanya terjadi memang merupakan sebuah kejadian yang tidak ada satu orang pun yang tahu kapan dan dimana akan terjadi. Bukan peristiwa yang main-main, fenomena alam seringkali mengakibatkan adanya kerusakan infrastruktur bahkan sampai mengakibatkan banyaknya korban jiwa yang berjatuhan. Ane akan merangkum fenomena fenomena alam paling dahsyat yang terjadi di dunia, berdasarkan sumber sumber yang ane kunjungi. Kira-kira di mana sajakah dan sedahsyat apakah fenomena alam yang terjadi? berikut ini rangkumannya..

1. Letusan gunung berapi Mont Pelee
Quote:
sumber

Letusan gunung berapi memang merupakan salah satu bencana alam yang begitu Dahsyat, material yang keluar dari letusan tersebut bisa berdampak sangat serius seperti meratakan beberapa wilayah sekitar gunung api hingga jatuhnya korban jiwa yang bisa berjumlah hingga puluhan ribu jiwa. Salah satu gunung api yang letusannya punya dampak sangat serius adalah gunung Mont Pelee yang terletak di kota San Pierre Perancis, letusan gunung api ini digadang-gadang sebagai letusan terparah Sepanjang Abad ke-20. Pagi hari di tanggal 8 Mei 1902 Tepatnya pukul 8.02 waktu setempat material gunung berapi itu menerjang kota yang dijuluki Paris of the Caribbean dan membuatnya rata dengan tanah, bangunan-bangunan megah yang ada di sana Habis tersapu lahar dan menjadi puing-puing gosong, sebanyak 30.000 penduduk yang mati Lemas atau tewas karena luka bakar dan mencengangkan lagi gansis, dari seluruh warga Kota hanya 3 orang saja lah yang berhasil selamat dari peristiwa maut ini. Ketika orang yang berhasil terselamatkan tersebut adalah seorang pembuat sepatu, yang kedua seorang gadis yang berhasil terselamatkan setelah bersembunyi di dalam gua dan yang terakhir adalah seorang narapidana bernama Ludger Sylbaris yang berhasil selamat saat berada di dalam penjara.

Pada saat letusan terjadi terlihat semburan asap tebal yang ternyata memiliki suhu yang sangat mematikan, diperkirakan mencapai 2000 derajat Fahrenheit atau sekitar 1093 derajat Celcius. Usai Kejadian ini, Sat Pierre menjadi sebuah desa di pulau Martini dan telah berubah menjadi daerah pariwisata. Gunung Pelee pun kabarnya kini sudah tidak aktif lagi, beberapa puluh tahun sebelum gunung Pelee meletus ternyata ada juga gunung yang memiliki letusan lebih dahsyat dan gunung api tersebut berada di Indonesia, gunung api tersebut adalah


2. Letusan Gunung Tambora
Quote:
sumber

Gunung Tambora yang memiliki letusan sangat dahsyat pada tahun 1815 bahkan akibat letusan tersebut sampai bisa mengakibatkan cuaca ekstrim yang melanda bumi dan membuat Napoleon Bonaparte yang saat itu sedang berperang pun menjadi kalah. Letusan paling dahsyat pun terjadi pada pukul 7 pagi di tanggal 10 april 1815, seluruh isi perut gunung seakan keluar dan bunyi letusannya pun terdengar hingga ke Sumatera karena letusan ini, Gunung Tambora yang mulanya menjulang setinggi 4300 meter di bawah permukaan laut terpangkas sampai tersisa setinggi 2772 meter di bawah permukaan laut, karena ledakannya begitu dahsyat peristiwa ini pun menelan korban jiwa sedikitnya 71 ribu orang dengan 11 ribu – 12 ribu diantaranya merupakan korban langsung dari letusan.


3. Tsunami Aceh
Quote:
sumber

Masih teringat jelas di ingatan kita tragedi tsunami yang terjadi di penghujung tahun 2004 silam, wilayah Aceh dan sebagian Pesisir Barat Sumatera Utara hancur karena terjangan gelombang tsunami, peristiwa yang diawali dengan gempa besar ini berujung dengan tewasnya korban sebanyak 23 ribu jiwa. Di Aceh sendiri tercatat sebanyak 170 ribu korban meninggal dunia, jutaan rumah hancur akibat gempa dan hempasan gelombang tsunami. Tak hanya di Aceh, gelombang tsunami pun menerjang di beberapa titik lokasi Pantai Sri Lanka, India dan juga Thailand. Tsunami Aceh terjadi karena interaksi lempeng indo-australia dan Eurasia, gempa besar yang mempunyai magnitudo 9,0 berpusat di dasar laut pada kedalaman 10 km ini tergolong gempa dangkal namun menimbulkan gelombang tsunami, gempa ini pun disebut-sebut sebagai bencana paling mematikan pada abad ke-21 dan juga disebut-sebut sebagai bencana tsunami terparah, tinggi gelombang tsunami yang menerjang daratan dan masuk ke dalam kota diperkirakan setinggi 30 M kecepatannya pun mencapai 100 meter per detik atau 360 km per jam, tsunami tinggi ini melanda seluruh pantai barat Aceh, Sumatera bagian utara bahkan pantai-pantai Sri Lanka, India, Thailand, Malaysia, Somalia, Bangladesh, Maladewa dan kepulauan kokos. Semoga fenomena alam seperti ini tidak akan terjadi lagi gansis.


4. Tornado Amerika Serikat
Quote:
sumber

Tornado merupakan salah satu fenomena alam yang mengerikan, tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas dan bagian ujung yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing, terlihat begitu besar dan menyeramkan tornado sendiri memiliki kecepatan angin 127 km per jam sedangkan beberapa Tornado yang mencapai Kecepatan angin lebih dari 300 hingga 480 km per jam memiliki lebar lebih dari 1 mil atau 1,6 KM dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km. Tornado umumnya terjadi di Amerika Serikat, Kanada bagian selatan, Selatan tengah dan timur Asia, Timur Tengah, Amerika Latin, Afrika Selatan, barat laut, tengah Eropa, Italia, Barat Selatan Australia dan Selandia Baru. Menjadi salah satu negara yang sering mengalami terjadinya tornado, ternyata tornado paling dahsyat pernah terjadi di Amerika Serikat tepatnya pada bulan Maret 1925 . Tornado paling mematikan Yang merobek-robek daratan utama di Amerika Serikat terjadi selama tiga setengah jam, Tornado ini menewaskan 700 orang dan menghancurkan lebih dari 15 ribu rumah di wilayah India dan Missouri Amerika Serikat. Namun Belum lama ini ada fenomena yang lebih mengerikan lagi yaitu peristiwa tornado api yang terjadi di California pada bulan Juli tahun 2018 silam, kejadian yang berawal dari kebakaran hutan di California itu menjadi semakin mengerikan saat angin kencang membentuk tornado api yang mampu membakar pohon-pohon dan membalik mobil-mobil. Fenomena alam yang merupakan peristiwa langka ini menewaskan sedikitnya 2 orang dan harus membuat puluhan ribu orang mengungsi dari rumah mereka, tidak hanya itu bencana yang disebut sebagai kebakaran itu telah menghancurkan lebih dari 500 struktur dan mengancam ribuan rumah lainnya, terlihat begitu deras dan mengerikan pusaran api atau tornado api itu adalah forteks udara, debu dan api yang berputar cepat, tornado api terbentuk saat udara panas mulai berputar dan membentuk forteks yang menaikkan api dan membakar serpihan pohon dan parahnya lagi gansis, tornado api dapat mencapai ketinggian puluhan meter dan suhu hingga 1090 derajat Celcius.


5. Banjir Bandang Venezuela
Quote:
sumber

Fenomena alam selanjutnya adalah Banjir bandang yang terjadi di Venezuela pada pertengahan Desember tahun 1999 silam, saat itu wilayah Venezuela sebelah utara mengalami hujan yang sangat deras selama berhari-hari akibatnya banyak sekali Sungai Yang meluap belum lagi gelombang laut yang tinggi juga banyak mengirim air ke daratan, tidak hanya air banjir ini juga bercampur dengan lumpur, bencana ini pun menjadi semakin mengerikan setelah banyak sekali orang yang tak bisa menyelamatkan diri karena terisolasi, jumlah korban jiwa akibat musibah ini diperkirakan mencapai puluhan ribu dan banyak juga korban hilang. Tidak hanya korban jiwa akibat banjir ini, banyak bangunan yang rusak dan kabar yang kerugian yang dialami Venezuela mencapai tiga setengah miliar dolar atau sekitar 49,47 Triliun Rupiah.

Nah, itulah gansis fenomena alam dahsyat yang pernah terjadi didunia versi ane ya..
Semoga kita selalu dilindungi oleh tuhan yang maha esa dari segala macam bencana dan musibah, dan selalu bijaklah untuk melindungi alam kita karena kita juga hidup berdampingan secara langsung dengan alam ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..


Diubah oleh Si.jonii 28-09-2021 03:14
sintara85
emineminna
Aramina
Aramina dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.8K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.