• Beranda
  • ...
  • Sista
  • Wanita Memilih Childfree, Apakah Keputusan Yang Salah?

adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Wanita Memilih Childfree, Apakah Keputusan Yang Salah?
Akhir-akhir ini topik mengenai childfree seperti sedang hangat diperbincangkan netizen Indonesia. Hal ini dikarenakan salah satu youtuber sekaligus influencer, Gita Savitri yang memutuskan untuk tak memiliki anak bersama sang suami. Pasangan ini menikah di tahun 2018 dan memang enggan untuk memiliki anak. Alasan yang diungkapkan oleh perempuan akrab dipanggil Gitasav,

"Kami memang enggak punya anak gitu. Kami inginnya berdua saja. Buat aku, punya anak itu such a big deal. Bagaimana kalau misalnya kami sebagai orang tua yak memiliki responsible, tahunya malah memberikan luka pada anak." ucap Gita. (Suara.com)


Photo By Kompas.com


Gita merasa sebenarnya keputusan untuk memiliki buah hati terletak pada masing-masing pasangan, melainkan bukanlah menjadi sebuah keharusan. 


Photo By Suara.com


Tapi, sebenarnya Sista sendiri tau gak sih apa itu childfree dan kenapa tak hanya Gita, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk childfree?


Childfree adalah kondisi dimana pasangan suami dan istri memutuskan untuk tidak memiliki anak atau keturunan. Menghasilkan keturunan atau tidak, bukan menjadi hal yang diatur dalam undang-undang atau sebuah peraturan, melainkan memang hak masing-masing orang. Setiap pasangan memiliki kekurangan dan kelebihan, maka yang mengetahui seluk beluk hubungannya lah berhak menentukan apakah ingin memiliki momongan atau tidak.

Keputusan untuk childfree merupakan hak asasi manusia dan kebebasan untuk memilih. Jika keluarga dan pasangan setuju, maka tak ada yang salah dari gak mau punya anak. Mungkin di Indonesia, kondisi ini masih mendapatkan banyak stigma negatif dan dinilai egois. Nyatanya banyak pasangan di negara lain yang justru memilih untuk childfree, seperti Miley Cyrus dan Jennifer Aniston.

Dilansir dari NZHerald.co.nz, Miley Cyrus mengatakan, Jika Anda tidak menginginkan anak, orang-orang merasa kasihan kepada Anda, seperti Anda adalah seorang wanita dingin, tidak berperasaan yang tidak mampu mencintai. Mengapa kita dilatih bahwa cinta berarti menempatkan diri Anda kedua dan orang yang Anda cintai pertama? Jika Anda mencintai diri sendiri, lalu apa? Anda datang pertama.”


Photo By livekindly.co


Di dunia ini manusia memang bermacam-macam adanya. Terdapat pasangan yang sulit mendapatkan momongan, hamil sebelum menikah, dan keinginan untuk menghabiskan hidup berdua tanpa anak. Semua itu tergantung pilihan setiap orangnya. Jika tuhan sudah memberikan manusia pun tak bisa melakukan apa-apa selain mengikuti garis takdir yang sudah ditentukan. Jadi semuanya balik lagi ke diri sendiri ya, Sist. Karena kemerdekaan dan pilihan hidup itu lah yang menentukan perjalanan ke depannya.


asamboigan
cheria021
azalealatifa564
azalealatifa564 dan 22 lainnya memberi reputasi
21
18.9K
372
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
SistaKASKUS Official
3.9KThread7.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.