Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Mediaini.comAvatar border
TS
Mediaini.com
Boleh Dicoba, Ide Promosi Bisnis dengan Modal Minimal

MEDIAINI.COM – Promosi usaha bertujuan untuk meningkatkan omzet dari bisnis yang sedang dijalankan. Namun tentu saja, kegiatan promosi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini tentu saja menjadi masalah di era pandemi ini, dimana semua orang harus melakukan penghematan di semua lini. Agar bisnis tetap bisa berjalan, satu-satunya jalan adalah melakukan promosi dengan budget minimal.

Promosi Klasik Vs Promosi Modern

Lantas bagaimanakah menekan biaya promosi? Anda bisa melakukan promosi dengan modal minimal dengan cara yang paling sederhana dulu, yaitu mulut ke mulut. Promosi dari mulut ke mulut merupakan jenis pemasaran paling klasik.
Promosi dengan cara ini hanya mengandalkan kemampuan berbicara yang persuasif untuk memberikan informasi penjualan. Manfaatkan momen kebersamaan dengan para kolega, sahabat, partner bisnis, dan calon konsumen yang Anda jumpai untuk bisa berpromosi dari mulut ke mulut lalu dari hati ke hati.

Yang kedua adalah jenis promosi modern menggunakan teknologi dalam hal ini sosial media. Lakukan promosi secara bergerilya di sosial media. Buatlah konten-konten promosi yang menarik, sertakan hashtag yang terkait dengan bisnis agar menjangkau kalangan yang lebih luas.

Agar booming, Anda bisa memilih jenis hastag kontroversial atau sensual. Hastag kontroversial adalah yang seperti dilakukan Daniela Bregoli. Ia sekarang memiliki lebih dari 8 juta pengikut Instagram yang masuk ke frase hastag #cashmeoutside.

Hastag sensual sendiri seperti yang dilakukan Nusret Gökçe yang dikenal karena merawat dagingnya dengan penuh kasih sayang.  Ia mendapatkan julukan “Salt Bae”  dan video Instagram #saltbae-nya menarik perhatian global saat mereka menjadi viral dan membuatnya mendapatkan 5,9 juta pengikut.

Gunakan juga Facebook ads atau Instagram ads untuk menyebarluaskan konten. Mulailah dengan anggaran harian sebesar 50 ribu rupiah dan targetkan pemirsa yang sangat spesifik agar biaya tetap rendah.

Sejumlah platform menampilkan pilihan konten video atau live streaming untuk membantu membidik calon pelanggan baru. Salah satunya adalah Instagram Live yang sedang menjadi tren saat ini. Gunakan fitur tersebut untuk memberikan ulasan produk. Sehingga calon pelanggan mengetahui keunggulan-keunggulan dari produk bisnis tersebut.

Baca juga : Modal 2 Juta, Ide Bisnis Mana yang Paling Anda Minati?

Dari Kontes hingga Endorse

Jika berjualan di sosial media atau marketplace, sesekali buatlah kontes permainan yang memungkinkan pelanggan bisa ikut serta dan berpartisipasi. Pastikan pemenang mendapatkan hadiah yang menarik, misalnya sebuah produk gratis atau promo diskon. Permainan yang diikuti oleh banyak pelanggan akan semakin memperluas promosi perusahaan.

Diskon sendiri merupakan strategi promosi yang konvensional namun sangat efektif. Diskon selalu menjadi primadona yang menarik konsumen untuk melihat dan tertarik pada produk yang dijual. Pada umumnya orang akan cenderung melihat besaran harga diskon daripada harga produk. Jadi walaupun produk tersebut terbilang cukup mahal tetapi jika diskon besar, maka akan tetap diserbu.

Selanjutnya, lakukan endorse. Jika memiliki jaringan pertemanan yang luas, beberapa di antara mereka pasti memiliki jumlah followers yang lumayan banyak. Manfaatkan beberapa teman untuk ikut membantu mempromosikan produk. Trik ini akan meyakinkan calon pelanggan karena ada orang yang lebih dulu memakai produknya dan merasa puas. Selain itu, bisa juga memanfaatkan akun-akun organisasi mahasiswa yang sedang open endorse.

Terakhir, ikutlah event atau kompetisi. Mengikuti event yang masih berkaitan dengan kegiatan usaha merupakan cara efektif karena tidak memerlukan biaya banyak. Dengan mengikuti event ini, promosi usaha bisa menjangkau target yang lebih luas. (Chelsea Venda).


Sumber: https://mediaini.com/boleh-dicoba-id...odal-minimal/

Baca artikel menarik lainnya, hanya di Mediaini.com, Media Publikasi dan Promosi Pilihan Anda 
0
296
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.