• Beranda
  • ...
  • Buku
  • Riview Buku Kukila Karsa : Esok Bila Ayah Tiada

qoni77Avatar border
TS
qoni77
Riview Buku Kukila Karsa : Esok Bila Ayah Tiada




Kukila Karsa

Esok Bila Ayah Tiada



Assalamualaikum Warokhmatullahi Wabarokatuhu Gansist yang selalu berbahagia di manapun kalian berada. Ane kembali lagi ngaskus untuk ngeriview sebuah buku yang bakal bikin pembacanya menemukan arti hidup. So, buat Gansist yang lagi galau, lagi merenung atau mencerna kenapa hidup begini? Misalnya, mungkin Gansist perlu membuka mata dengan membaca.




Konon membaca adalah jendela dunia dan konon hanya orang-orang yang kuat atau maaf diberikan kekuatan oleh Tuhanlah yang bisa bertahan dan selalu bersemangat untuk melanjutkan hidup.




Quote:



Buku Kukila Karsa ini sekilas bahasanya kayak curhatan ya, Gansist. Namun ehmmm ... maknanya luar biasa. Based of true story jadi ngena di hati.


Ayahku pun sama, terhantam badainya sendiri. Setelah gelombang lain berlalu, pada akhirnya badai itu hadir di saat dan dengan cara yang tak terduga-duga. Ini tentangnya, tentang burung kecil dalam badai, dan sama seperti kukila bertahan, selalu ada karsa di luar mata badai yang tak selalu sama.






Intra Axia atau bahasa sederhananya adalah tumor otak. Cara kedua orang tersayang sang penulis pergi. Ivan Tirdianata merupakan penulis yang berhati lembut dalam pandangan ane. Hingga kepergian sang ayah dan editornya menjadikan inspirasi buat kak Ivan (sapaan ane pada penulis) untuk membuat buku berjudul Kukila Karsa.



Mungkin Gansist bertanya, apa itu Kukila Karsa? Kukila menurut kak Ivan adalah nama atau sebutan pada burung kecil yang terdampar pada badai. Sedangkan karsa adalah hikmah suatu kejadian. Jadi selalu ada karsa setiap badai itu datang, lalu kemudian pergi.



Quote:



Aku pribadi bukan ahli astrologi, tapi rasanya kalau terus-terusan berada di antara badai seperti ini, siapa pun pasti akan terbawa pusarannya yang mematikan. Firasatku sore itu buruk, kupandang lagi Grizelda,masih tertidur. Awan hitam bergulung semakin menyeramkan. (catatan; Grizelda adalah anak perempuan kak Ivan)



Quote:




Quote:



Memang banyak yang kupikirkan ketika mengemudi, biasanya hal-hal aneh, yang satu duanya kucatat dalam note dan menurunkannya sebagai ide gagasan atau sekadar menjadi catatan note saja.



Quote:




Quote:


Tanpa ragu, Ayah menyuruhku mundur dari tempatku, dan diamengayunkan tangannya ke batang kayu dengan cepat. Sekali tebas, setengah batangnya terpotong. Ditariknya keluar, dan ditebaskan lagi sebanyak tiga kali. Batang pohon rambutan itu ambruk, ranting dan daunnya seperti anggota tubuh manusia yang pingsan.



Quote:






Quote:



Akhirnya kak Ivan Tirdianata menulis buku Kulika Karsa untuk mengenang betapa singkatnya hidup, betapa terbatasnya waktu yang dia punya bersama sang Ayah. Melalui buku Kukila Karsa inilah dia ingin berbagi buah pemikirannya tentang arti hidup yang begitu fleksibel.






Sumber : dokpri dan buku Kukila Karsa
Ngawi, 31 Mei 2021
Salam Semangat,


Warna_Senja
bekticahyopurno
novianalinda
ukhtyfit81
ukhtyfit81 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
3.6K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
BukuKASKUS Official
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.