Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
235
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6152d593d570723f2a29600d/warga-aceh-usir-tim-vaksinasi-kursi-dan-berkas-berhamburan
Tim vaksinasi dari Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya dibubarkan oleh pedagang ikan dan warga di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI), Ujong Serangga Kecamatan Susoh, Selasa (28/9). Alasan pembubaran itu, diduga karena para pedagang ikan tidak mau divaksin. Dalam aksi protes tersebut, para nelayan meneriakkan jika mereka tidak mau di vaksin. Menurut informasi yang diperoleh, para pedagang ikan merasa kes
Lapor Hansip
28-09-2021 15:42

Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Tim vaksinasi dari Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya dibubarkan oleh pedagang ikan dan warga di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI), Ujong Serangga Kecamatan Susoh, Selasa (28/9).

Alasan pembubaran itu, diduga karena para pedagang ikan tidak mau divaksin. Dalam aksi protes tersebut, para nelayan meneriakkan jika mereka tidak mau di vaksin.

Menurut informasi yang diperoleh, para pedagang ikan merasa kesal dan marah, atas kedatangan petugas vaksinasi di PPI Ujung Serangga Susoh dengan secara tiba-tiba. Mereka menilai kedatangan petugas vaksin membuat dagangan mereka jadi sepi pembeli.

"Akibat ada petugas vaksin itu, jadi warga merasa takut datang ke PPI Ujung Serangga, dan ikan mereka tidak habis terjual," ujar seorang warga Aceh Barat Daya, Syahril saat dihubungi.

Ia mengaku tidak ada tindakan kekerasan maupun anarkis dalam pembubaran petugas vaksin tersebut. Hanya saja, warga meluapkan kekesalannya dengan menghancurkan barang-barang yang dibawa petugas vaksin.

Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan

"Kursi, masker dan dokumen berhamburan. Petugas vaksin juga menyelamatkan diri, mengingat jumlah pedagang yang datang dengan teriakan sangat ramai," ucapnya.

Namun aksi itu tidak berlangsung lama, petugas TNI-Polri datang ke lokasi untuk menenangkan pedagang dan warga di sana.

Atas kejadian itu sejumlah petugas vaksin yang berjumlah delapan orang merasa syok dan diungsikan ke Polres setempat. Dalam peristiwa itu tidak ada korban luka.

"Tidak ada luka-luka. Hanya syok saja para petugas kita. Kini mereka sudah di Polres untuk diambil keterangannya," kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya, Safliati.

=====

Ya ampun, gak habis pikir TS. Di sini kami rebutan kepengen divaksin. Sampai rela antri berpanas-panasan di lapangan. Lah ini ada petugas vaksin yang mendatangi malah diusir. Alasan mereka sih karena menganggu aktivitas jual beli ikan di sana. Warga takut datang membeli ikan karena kehadiran para petugas vaksin yang artinya banyak warga di sana yang tidak mau divaksin. Parahnya lagi mereka yang menolak divaksin ini melakukan tindakan anarkis. Bisa dilihat di foto kursi patah, meja patah, dokumen-dokumen berhamburan, gak tahu ya semoga saja vaksinnya aman.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Menurut TS kurangnya sosialisasi terkait manfaat, keamanan dan kehalalan vaksin menjadi sebab kericuhan terjadi. Warga menolak pasti ada rasa takut atau tidak percaya. Jalinan komunikasi yang baik amat diperlukan di sini. Kepala desa, petugas RT RW harusnya menjadi ujung tombak dalam memberikan pengertian-pemahaman kepada warga sekitarnya. Dan yang tak kalah penting juga adalah peran dari tokoh agama dan tokoh masyarakat di sana untuk turut memberikan persuasi tentang pentingnya vaksin. Sebab kadang tokoh agama dan tokoh masyarakat suaranya  lebih didengar ketimbang dari pemerintah atau dokter sekalipun.

Dari sudut lain TS menilai giat vaksin secara tiba-tiba di daerah yang masih banyak yang menolak vaksin sepertinya kurang tepat, terlihat tanpa analisa serta persiapan matang terlebih dahulu. Tidak ada salahnya memberikan pengumuman dulu setidaknya H-1 untuk menghindari kejadian anarkis seperti ini. Dan harusnya petugas keamanan yang berjaga juga diperhitungkan jumlahnya untuk mengantisipai hal-hal tak diinginkan terjadi.

Sekadar sharing, di kampung TS sempat beredar berita kalau vaksin itu berbahaya-melemahkan tubuh, merupakan agenda bisnis elite global dan yahudi. Pesan itu dengan cepat menyebar di aplikasi chating seperti whatsapp. Ayah TS yang merupakan ketua RT beserta perangkat desa di sana dibikin kwalahan untuk meberikan pengertian dan mempersuasiwarga agar mau ikut vaksin. Dia bahkan sempat bersitegang dengan adik kandungnya sendiri yang percaya dengan teori konspirasi. Syukurlah di sana ada tokoh masyarakat, kepala adat. Orangnya berpendidikan tinggi tapi juga pintar untuk urusan ghoib. Sering didatangi orang-orang untuk berobat dengan gejala tersinyalir kena santet. Singkatnya TS sebut dia itu dukun.

Nah ayah TS dan pemerintah setempat kerjasama dengan si dukun. Meminjam lidahnya untuk menyampaikan kebenaran vaksin. Hebatnya warga dengan mudahnya langsung percaya dan nurut. "Ini barang halus. Mainanku itu barang halus. Tapi corona ini jenis barang halus yang tidak bisa aku tangani. Gak bisa kita halau pakai sesajen dan asap kemenyan. Kalau mau selamat ya vaksin!" Kira-kira seperti itulah dia menyampaikan ke warga berdasar penuturan dari ayah TS.

Nah di sini kita bisa lihat betapa pentingnya mencari celah untuk melakukan pendekatan ke masyarakat yang punya tipikal  beragam. Lain ladang lain belalang.

Sekian cuap-cuap dari TS. Semoga bermanfaat ya. Terima kasih emoticon-Smilie


sumber berita


profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
21.1K Anggota • 637.9K Threads
Halaman 3 dari 4
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 06:51
Konyol dan terbelakang dah.
0 0
0
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 10:28
ya udah nggak usah vaksin, dibom napalm aja
profile-picture
mupet.buster memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 11:02
Pada antri vaksin, ini kok malah ngusir, yes, ini PR menteri pendidikan dan Menteri kominfo, pendidikan terkait penerimaan edukasi vaksin, dan kominfo terkait hoax2 yang beredar di masyarakat, apalagi yang dari mulut ke mulut.
tapi memang setelah adanya vaksin, harga masker hingga obat2an yang berkaitan dengan batuk THT, dan paru jadi menurun, dan pembelinyapun juga menurun, terlihat tidak adanya lagi antrian di apotek2
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 11:11
Konyol banget itu, knp ngotot banget itu rakyat kecil harus divaksin, sementara kita ga tau apakah orang orang cerdas kaya dan banyak uang di vaksin juga atau gak?

Logika nya gitu kan.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 11:12
Kokain, morfin, ganja ...
0 0
0
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 11:41
Dagangan ga laku dengan vaksinasi korelasinya kayanya jauh banget
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 12:41
Yasudah kalo gak mau.
Di daerah ane masih banyak yang mau vaksin, tapi gak kebagian, kesiniin aja dah daripada disana mubaziremoticon-Cool
0 0
0
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 12:48
Mau komentar lihat KTP dulu.

Bukan KTP Aceh.

Gaboleh komentar emoticon-Ngacir
Diubah oleh InRealLife
0 0
0
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 12:54
covidiot itu nyata
0 0
0
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 13:15
Baca dulu beritanya secara lengkap jangan asala main tuduh.

Penyebab warga marah itu sebenarnya bukan karena mereka disuruh vaksin tapi karena kedatangan petugas vaksin membuat pelanggan gak mau datang.

Jadi ini masalah persiuk nasi yang terganggu.

Kedepannya bisa dicari tempat yang lebih tepat dan vaksinasi disosialisasikan beberapa hari sebelumnya.
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 13:39
Negara lain mah biarin aja ga usah dipeduliin

Salah kamar oi
profile-picture
merseysidered memberi reputasi
1 0
1
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 14:03
Tindakan negara jahiliyah
0 0
0
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 14:06
Orang orang pada rebutan, ngantri pengen dapet vaksinasi, eh ini malah anarkis, suka miris ngeliat warga yang kaya gitu
0 0
0
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 14:43
Satu yg tak bisa lepas....
0 0
0
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 17:26
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
0 0
0
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 18:11
pedagang tolol idiot.. emoticon-babi
semakin cepat tercapai herd immunity, semakin cepat lu bisa dagang kek biasa, TOD emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-fuck
profile-picture
garren007 memberi reputasi
1 0
1
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
29-09-2021 19:55
mohon supaya adil dan beradab supaya warga provinsi sana dilarang berinteraksi dengan warga wilayah lain

agar tidak menularkan virus bodohnya emoticon-Malu
0 0
0
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
30-09-2021 07:23
Kenapa melakukan pelayanan di daerah yaitu tak mau dibantu? Biarkan saja
Kasih vaksin nya ke daerah yang membutuhkan saja
0 0
0
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
01-10-2021 16:49
untung jauh dari tmpt tinggal ane emoticon-Ngakak (S)
kalo ketularan sakit bisa berobat ke dokter, kalo ketularan mereka musti berobat kamana emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Warga Aceh Usir Tim Vaksinasi, Kursi dan Berkas Berhamburan
02-10-2021 18:09
Ga heran sih daerah ini mah. Orang2 primitif.
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia