Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yogirakasiwiAvatar border
TS
yogirakasiwi
Jenis Hormon yang Perlu Dibangkitkan

Terdapat 4 jenis hormon di dalam tubuh yang perlu dibangkitkan, karena memiliki peran mempengaruhi mood seseorang. Sistem endokrin atau sistem hormonal akan melepaskan beraneka hormon ke aliran darah.

Yang pertama yaitu hormon dopamin. Selain memunculkan perasaan bahagia, Hormon ini diketahui memiliki banyak fungsi yang mempengaruhi mekanisme penalaran, daya ingat, motivasi, serta fungsi sistem motorik. Hormon ini dikeluarkan ketika seseorang ingin mencapai sebuah tujuan dalam hidup.

Hormon dopamin menginspirasi seseorang untuk fokus terhadap sesuatu yang sedang dikerjakan, sehingga mendapat kepuasan untuk mencapai tujuan itu sendiri. Ini juga membuat seseorang tetap waspada secara mental.

Berikutnya adalah hormon oksitosin. Ketika sedang mengagumi, seseorang memiliki kadar hormon oksitosin yang lebih tinggi. Hormon tersebut penting dalam hubungan romantis hingga proses persalinan, menyusui, dan penguatan ikatan batin atau bonding antara ibu dan anak. Hormon ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan, empati.

Setelah itu terdapat hormon endorfin. Endorfin bekerja dalam mengatasi gejala kecemasan, stres, serta depresi yang sering dialami oleh seseorang. Hormon ini juga berperan dalam meningkatkan kepercayaan diri, mengurangi berat badan, hingga pereda nyeri.

Endorfin juga menghilangkan rasa sakit yang diproduksi oleh tubuh sebagai respon terhadap stres atau ketidaknyamanan. Tingkat endorphin juga cenderung meningkat ketika kita terlibat dalam aktivitas fisik, seperti makan, berolahraga, atau berhubungan seks. Bahkan tertawa juga bisa meningkatkan hormon endorfin.

Terakhir yaitu hormon serotonin. Serotonin mengalir saat seseorang merasa puas, berprestasi, dan merasa keberadaannya penting. Jika ada kekurangan hormon serotonin, maka cenderung merasa kesepian, suram dan tidak bahagia. Hormon ini mempengaruhi tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar, dan meningkatkan ingatan.

Tag : Hormon, kesehatan, wawasan, edukasi, untag surabaya, mahasiswa

sumber : healt.grid.id


69banditos
durexz
makola
makola dan 8 lainnya memberi reputasi
9
946
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.