harytanoeAvatar border
TS
harytanoe
Utang Waskita Rp 93 T & Laba Cuma 33M, Wamen BUMN Ungkap Biang Keroknya!
Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan penyebab PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) memiliki liabilitas, termasuk utang, yang cukup tinggi pada tahun buku 2019 yang mencapai Rp 93,47 triliun.

Menurut Tiko, panggilan akrabnya, beban utang yang tinggi itu mencapai puncaknya pada tahun 2019 setelah Waskita agresif mengakuisisi jalan tol dari pihak swasta sejak tahun 2015 sampai dengan 2017 lalu.

Rinciannya, utang tersebut senilai Rp 70,9 triliun yang bersumber dari pinjaman bank dan obligasi dan sekitar Rp 20 triliun utang kepada vendor.

Terlebih lagi, kondisi pandemi Covid-19 membuat perusahaan mengalami penurunan dari sisi pendapatan.

"Kenapa terjadi, tahun 2019-2020 pendapatan Waskita drop, pendapatan konstruksi dan tol yang beroperasi turunnya signifikan. Ini membuat kondisi keuangan waskita mengalami pemburukan signifikan," kata mantan Dirut PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) itu dalam Rapat Kerja di Komisi VI DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (27/9/2021).

Baca: Utang Evergrande Bikin Horor, Utang Emiten RI Ini juga Jumbo!

Untuk itulah, sebagai upaya penyelamatan atas utang Waskita, Kementerian BUMN melakukan delapan skema penyelamatan, di antaranya melalui restrukturisasi menyeluruh atas Grup Waskita, recycling aset bertahap, dan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

"Asset recycling dilakukan secara bertahap, mulai dari 2019 sudah ada 5 ruas dan sekarang sedang menyelesaikan ruas Cibitung-Tanjung Priok yang dibeli oleh PT Pelindo," katanya.

Seperti diketahui, emiten bersandi WSKT ini telah mendapat restu pemegang saham melaksanakan penambahan modal dengan skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue sebanyak 24,56 miliar saham seri B dengan nilai nominal Rp 100 per saham.

Penambahan modal itu disetujui oleh pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPLSB) yang dilaksanakan Selasa kemarin (21/9/2021) di Hotel Pullman, Jakarta.

Manajemen menyatakan saat ini akan fokus pada penyehatan keuangan melalui proses restrukturisasi perseroan induk dan anak usaha, penjaminan pemerintah, Penyertaan Modal Negara (PMN) dan rights issue, divestasi aset jalan tol, penyelesaian konstruksi, transformasi bisnis, serta implementasi GCG dan manajemen risiko.

"Strategi tersebut telah dijalankan perseroan pada tahun ini dan telah berpengaruh signifikan pada kinerja keuangan perseroan pada semester pertama tahun 2021," kata Direktur Utama Waskita, Destiawan Soewardjono.

Selama Januari sampai Juni 2021 ini, Waskita membukukan laba bersih sebesar Rp 33 miliar atau meningkat sebesar 102,5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dalam periode tersebut, Waskita membukukan pendapatan usaha sebesar Rp 4,7 triliun, turun dari tahun lalu Rp 8,03 triliun.

Baca: Terkuak Alasan Kenapa Erick Susah Banget Tutup BUMN 'Zombie'

Senin pekan lalu (20/9), manajemen Waskita juga menyampaikan babak baru restrukturisasi utang perusahaan di mana sebanyak 21 bank telah sepakat untuk merestrukturisasi utang perusahaan.

Upaya restrukturisasi ini dengan memberikan keringanan berupa perpanjangan tenor hingga lima tahun ke depan dengan tingkat bunga yang kompetitif.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan total outstanding utang yang sepakat untuk direstrukturisasi mencapai Rp 29,2 triliun atau telah mencapai 100%. Restrukturisasi ini merupakan bagian dari transformasi bisnis yang tertuang dalam 8 Stream Penyehatan Keuangan Waskita.

"Perseroan sangat mengapresiasi penuh dukungan dari para perbankan yang telah memahami bahwa proses restrukturisasi ini akan memberikan dampak positif terhadap kinerja Perseroan dan ke depannya juga akan meningkatkan kepercayaan dan optimisme seluruh pihak kepada perseroan," kata Destiawan, Senin (20/9/2021), dalam keterangan resmi.


news



Waskita Karya (WSKT) bukukan laba bersih Rp 33,4 miliar di semester I-2021


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) berhasil mencatatkan perolehan laba bersih sebesar Rp33,4 miliar sepanjang semester I tahun ini. Capaian ini merupakan perbaikan yang sangat signifikan, apabila dibandingkan dengan rugi bersih yang dicatatkan Waskita sepanjang tahun lalu.

President Director Waskita, Destiawan Soewardjono, mengungkapkan, perbaikan kinerja ini merupakan hasil dari strategi bisnis yang komprehensif dengan tidak hanya berorientasi pada profit, tetapi juga guna mendukung pembangunan nasional.

“Pencapaian laba bersih didukung oleh keuntungan dari divestasi tol pada triwulan II. Sebagai pengembang jalan tol dengan model bisnis recycling asset, kami tidak hanya dapat membangun jalan tol baru yang bermanfaat bagi masyarakat, tapi juga mampu mencatatkan laba melalui pelepasan saham badan usaha jalan tol (BUJT),” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (12/8).

Baca Juga: Bakal jatuh tempo, obligasi Waskita Karya (WSKT) kantongi peringkat idBBB

Selama periode Januari hingga Juni 2021, Waskita membukukan pendapatan usaha sebesar Rp4,7 triliun dengan laba kotor sebesar Rp172,9 miliar.

Waskita juga mencatatkan total aset sebesar Rp105,3 triliun, total liabilitas Rp89,7 triliun, serta total ekuitas perusahaan sebesar Rp15,6 triliun.


Berburu saham-saham yang berpotensi jadi multibagger, begini saran analis
Berburu saham-saham yang berpotensi jadi multibagger, begini saran analis

Di tengah situasi yang penuh ketidakpastian akibat pandemi, WSKT sukses mencatatkan arus kas bersih dari aktivitas operasi positif sebesar Rp673 miliar.

Selain itu, Waskita juga membukukan arus kas aktivitas investasi sebesar Rp1,7 Triliun dan arus kas aktivitas pendanaan sebesar Rp34,2 miliar.


news kedua


Parah....cuma dapat margin bersih 33 miliar. Itu bunga pinjaman mau dibayar make apa. Siapa yang mau bayar hutangnya?

Pejabat Waskita selevel manajer aja udah mewah mewah kendaraannya. Padahal keuangannya bleeding parah.
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
1.3K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.