lianasari993Avatar border
TS
lianasari993
Kembangkan Kreativitas Anak Sesuai Keinginan Dan Biarkan Memilih!

Hai gansis, senang sekali kita berjumpa lagi dalam event Kaskus kreator. Kali ini kaskus kreator sedang mengadakan event tentang kreasi anak, apalagi di masa pandemi ini hampir semua anak akan merasakan jenuh di rumah saja tanpa ada pembelajaran sekolah.

Apasih kreativitas anak agar tidak mudah jenuh?
Bagaimana cara mengetahuinya?

Dengan begitu peran orang tua sangat penting untuk membantu anak terus meningkat kecerdasan dan minat anak dalam menciptakan kreativitas yang disukainya, dengan begitu anak akan memiliki kegiatan yang menarik. Jadi Kids & Parentingsaling kerja sama menciptakan kreativitas dan bisa menjadikan anak semakin dekat dengan orang tua, terutama bagi anak yang suka mengeluh sebelum memulai sesuatu atau gagal dengan hasil yang dilakukannya.

Berikut cara yang tepat untuk mengetahui kreativitas anak:

1. Berikan pilihan pada anak untuk mengetahui kreativitas.


Penting bagi orang tua mengenalkan banyak hal pada anak apalagi soal kreativitas seperti hobi, mengenal lingkungan, dan masih banyak lainnya. Biarkan anak memilih apa yang diinginkan, orang tua bertugas untuk mendukung dan mengasah minatnya. Biasanya anak lebih memilih paling mudah dilakukan dan membuatnya merasa senang. Kalo ane pribadi memang hobi membaca sejak kecil, mulai dari spanduk pinggir jalan sampai online.🤭


2. Mengamati kebiasaan yang sering dilakukan, juga yang membuatnya senang


Semenjak pandemi anak suka mencoret-coret tembok tanpa sepengetahuan orang tua, berbagai gambaran mulai menghiasi dinding ruang tamu. Selain itu ada juga gambaran di kamar tidur, dekat televisi dan dinding lainnya. Hingga ane menyimpulkan bahwa hobinya menggambar, sejak saat itu ane melarang mencoret dinding dan memberikan buku gambar. Dengan begitu anak akan merasa senang bisa menggambar bebas dan mulai belajar mewarnai juga.


3. Dampingi anak setiap menggambar


Peran orang tua bukan hanya membelikan kebutuhan, pendampingan sangatlah penting sambil mengenal apa saja gambaran yang dibuat anak. Sambil mengajari cara membuat garis yang lurus, membuat lingkaran dan lainnya. Jangan dipaksa biarkan memilih mau diajari atau ibu sekedar mendampingi. Biar anak merasa nyaman dengan kegiatannya, biasanya anak akan menggambar sesuai keinginan atau yang dilihat.


4. Berikan tanggapan atau nilai

Memberikan tanggapan setiap hasil karya anak dengan baik, jika ada kesalahan pastikan menasehati dengan nada halus dan memberitahu penyebab kesalahannya. Anak akan merasa senang jika mendapat nilai baik, mengetahui nilai bagus anak akan berusaha dengan sendirinya untuk mendapatkan nilai lebih baik dan memperbaiki gambaran semakin baik pula.


Ini bisa diterapkan oleh agan dan sista untuk mengetahui kreativitas anak dengan cara membiarkan anak memilih apa yang disukai, pastikan memberi contoh lewat bakal yang ditonton di televisi atau media sosial untuk menarik minat anak dengan sendiri. Nanti anak akan mencontoh apa yang dilihatnya, itu biasanya akan timbul bakat.


Gambar : dokumen pribadi
Sumber : Opini pribadi
Diubah oleh lianasari993 07-07-2021 03:03
ukhtyfit81
suciasdhan
proxfart
proxfart dan 23 lainnya memberi reputasi
24
5.1K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread•4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.