• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Prose Edda, Karya Sastra Tentang Mitologi Nordik dan Inspirasi Film Marvel

palapanusaAvatar border
TS
palapanusa
Prose Edda, Karya Sastra Tentang Mitologi Nordik dan Inspirasi Film Marvel

Hello GanSis semoga GanSis yang membaca thread ane selalu sehat dan di lindungi dari wabah yang sedang beredar, dan bagi yang sakit semoga cepat sembuh dan kembali sehat lagi, dan jangan lupa buat GanSis yang sudah vaksin ataupun belum tetap jaga kesehatan, karena kesehatan di saat wabah menjadi sebuah barang mahal dan langka. GanSis kali ini ane mau kasih info yang semoga bermanfaat buat GanSis yang baca terutama untuk ane sebagai yang kreator yang buat thread ini.


Sumber Gambar

GanSis pasti tidak asing dengan Marvel dan toko Marvel seperti Thor, Loki dan Odin. Munculnya nama-nama dewa ini berkat cerita mitologi masyarakat Nordik yang didokumentasikan pada sebuah buku bernama "Prosse Edda" yang sampai saat ini menjadi sumber utama dalam menggali mitologi Nordik dan juga inspirasi film Marvel. Kisah mitologi Nordik sebenernya mulai disebut lewan tulisan yang terangkai dalam bentuk puisi. Tidak ada yang tahu pastu GanSis kapan serta siapa yang menjadi penulis yang membentuk dunia Asgard ini. Kumpulan puisi ini disebut juga sebagai Poetic Edda yang ada masuk kedalam buku berjudul "Codex Regius" yang kemungkinan ditulis sebelum abad ke-13, sebelum agama kristen masuk ke Tanah Viking.

Poetic Eddo ini GanSis berisikan puisi yang menceritakan kisah mitologi nordik mulai dari penciptaan bumi yang berasal dari tubuh raksasa Ymir. Terciptanya Asgard sebagai rumah para dewa atau Aesir serta 9 alam hingga kehancuran total dalam peristiwa Ragnarok. Snarri Sturlusan adalah seorang pujangga, penulis, sejarahwan hingga politikus asal Islandia yang hidup pada abad ke-13 dan menjadi anggota parlemen. Sebagai seorang sejarahwan ia pernah menulis sebuah catatan mengenai raja-raja Norwegia bernama Heimskringla yang di dalamnya berisikan saga para raja Norwegia seperti Harald Hadrada dan Harold Godwinson. Sebagai seorang pujangga Sturlusan ini GanSis ingin sekali membuat panduan-panduan untuk menulis sebuah puisi dalam gaya Skaldic yang menjadi ciri khas dari negara Nordic. Sturlusan banyak mengambil unsur dari Poetic Edda ini GanSis yang kemudian membuat dan menerbitkan buku panduan yang dinamakan sebagai Prose Edda yang kemudian terbit pada tahun 1220 M.



Prose Edda sendiri GanSis dibagi kedalam 4 bagian. Yang pertama adalah bagian prolog. Karena pada saat itu negara Nordic sudah menjadi negara memeluk agama Kristen, isi dari prolog ini adalah penjelasan mengenai mitologi Nordic yang dilihat dari sudut pandang kekristenan dimana peranan dari Pagan Nordik nampak di kerdilkan di prolog Prose Edda ini. Bagian kedua mungkin adalah yang terpenting dan sering disebut sebagai "Gylfaginninh". Di bagian kedua secara detail dijelaskan mengenai kisah Mitologi Nordik dari awal penciptaan, munculnya para dewa seperti Loki, Odin, Thor, Heimdall serta penyebutan 9 alam (Asgard, Midgard, Bifrost, Jetunhelm dll), mahluk-mahluk mitologi Nordik seperti Fenris, Frost Giant dll hingga hancurnya Asgard ditangan Surtur dalam peristiwa Ragnarok mengambil tema atau alur cerita dari Poetic Edda.

Bagian ketiga dan keempat dari buku ini merupakan murni pengantar dalam menulis puisi gata skaldic. Bagian ketia disebut sebagai "Skaldskaparmal" yang merupakan panduan penulisan puisi yang disajikan lewat dialog antara Aegir yang merupakan personifikasi lautan dalam mitologi Nordik dan Bragi yang merupakan dewa puisi. Sementara di bagian keempat atau terakhir disebut dengan "Hattatal" merupakan kumpulan puisi karya Sturlusan sendiri.

Hingga kini, hanya tujuh manuskrip asli dari Prose Edda yang bertahan beberapa darinya disimpan di Universitas yang ada di Denmark, Islandia, Swedia dan Belanda. Banyak juga nih GanSIs yang mengira Snorri adalah untuk melestarikan budaya dan mitologi Nordik. Namun, beberapa menyangkal akan hal itu karena Snorri adalah seorang kristen dan tujuan ditulisnya Prose Edda adalah hanya sebagian panduan menulis puisi saja, namun secara tak sengaja melestarikan dan mempopulerkan mitologi Nordik karena gaya penulisan serta deskripsi detail dari kisah-kisah yang tertuang pada Poetic Edda yang sebelumnya hanya berbentik sebagai puisi yang memiliki keunikan tersendiri.



Hal ini pula yang membuat para ahli mitologi Nordik banyak menjadikan Prose Edda sebagai pegangan dalam penelitian mereka terhadap kehidupan Viking kuno. Mitologi Nordik pun mulai dikenal pada abad ke-19 diluar negara Skandinavia ketika seorang komposer Jerman, Richard Wagner banyak unsur dari kisah dalam Prose Edda sebagai karyanya seperti "Ride of the Valkyrie". Tentunya puncak kepopuleran dari Prose Edda ini adalah munculnya Thor, Loki dan karakter lainnya didalam dunia Marvel loh GanSIs, yang secara tidak langsung memperkenalkan Prose Edda yang merupakan karya sastra orang-orang Skandinavia ke arah perfilman global, tentunya hal ini akan membuat penontonpun akan mencari sejarah dari tokoh yang dimunculkan di film tersebut, terlebih Marvel merupakan perusahaan perfilman besar yang pasti jangkauan film Marvel akan menjangkau hampir setiap negara dan pastinya bagi orang yang kepo pasti akan mencari tahu asal muasal tokoh Marvel tersebut.

Baiklah sekian thread dari ane GanSis semoga bermanfaat sampai ketemu di thread ane lainnya dan selamat menjalankan aktivitas.

emoticon-Salam Kenalemoticon-Salam Kenalemoticon-Salam Kenalemoticon-Salam Kenalemoticon-Salam Kenal

Spoiler for Sumber dan Referensi:




pakisal212
Papa.T.Bob
Aramina
Aramina dan 17 lainnya memberi reputasi
18
5K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.