allegramusicAvatar border
TS
allegramusic
10 FILM KARTUN YANG MENDIDIK DAN INSPIRATIF
10 FILM KARTUN YANG MENDIDIK DAN INSPIRATIF

Dahulu, film kartun memang identik dengan tontonan anak - anak. Namun saat ini, film kartun juga di gemari oleh orang berbagai kalangan usia. Dengan begitu, tidak semua film kartun layak di tonton oleh anak - anak.

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk memilih film kartun bagi anak - anak, terutama tentang karakter maupun jalan cerita dalam film. Ada baiknya untuk menyeleksi film - film kartun yang mungkin mengandung scene seperti perkelahian kata - kata kotor, atau perilaku buruk lainnya.

Selain memastikan keterangan usia yang tercantum, pilihlah film kartun yang memiliki nilai edukasi dan kisah yang inspiratif. Dengan begitu, anak bisa meneladani karakter baik sang tokoh utama dan memahami pesan yang hendak di sampaikan dalam film kartun tersebut.

Nah sebagai rekomendasi, berikut 10 film kartun yang baik untuk anak :

1. Upin & Ipin


Film anak - anak yang di produksi les Copaque Malaysia ini telah bertahun - tahun tayang di Indonesia. Rating yang di dapatkan dari film Upin & Ipin banyak mengandung edukasi, baik tentang persahabatan, adab terhadap orang tua, toleransi, maupun agama dan budaya. Film kartun ini mengisahkan anak kembar Upin & Ipin beserta kawan - kawan di suatu desa bernama kampung Durian Runtuh.

2. Pada Zaman Dahulu


Masih di produksi Malaysia, film kartun Pada Zaman Dahulu juga menarik untuk disaksikan. Anak - anak yang menonton juga akan merasakan seperti didongengi oleh sang kakek.

Setiap episodenya selalu menghadirkan kisah - kisah para bintang lucu yang bisa diambil pelajaran. Misalnya seperti mengajarkan anak untuk tidak bersikap sombong, bersikap rendah hati, dan selalu berkata juur.

3. Nusaa


Film kartun karya anak bangsa ini juga mendapatkan respon yang baik sejak rilis di akun Youtube Nussa Official. Nussa dan Rara yang sangat inspiratif. 

Pesan dalam film kartun ini juga bisa mengedukasi anak - anak muslim untuk rajin beribadah. Selain itu, terdapat lagu - lagu islami yang dikemas dengan baik sehingga mudah dihafal oleh anak - anak.

4. Tayo : The Little Bus


Petualangan bus lucu bernama Tayo dan kawan - kawan juga menjadi tontonan yang baik untuk anak. Melalui film kartun Tayo The Little Bus, anak - anak dikenalkan pada jenis - jenis kendaraan dan aturan lalu lintas. Kisah dalam film kartun ini juga mengajarkan anak untuk saling membantu sesama teman.

5. Toy Story


Toy Story mengisahkan tentang petualangan Woodie dan kawan - kawannya. Tujuan awal dibuatnya film Toy Story sebenarnya adalah mengajarkan kepada anak - anak untuk mencintai dan merawat mainanya dengan baik.

Sebenarnya diperlihatkan dalam film para pemain di Toy Story selalu bahagia ketika dimainkan oleh para pemiliknya. Sebaiknya, para mainan juga akan sedih ketika ia rusak, diabaikan, dan dibuang.

6. Finding Nemo


Film animasi Finding Nemo juga cocok ditonton berbagai macam hewan - hewan laut, pesan dalam film ini juga inspiratif.

Film yang di produksi oleh Pixar ini, berusaha memperlihatkan cinta kasih dari orang tua kepada anaknya. Hal ini tergambar pada karakter ikan badut bernama Marlin yang sanggup melintasi lautan demi mencari dan menyelamatkan anaknya, Nemo.

7. Lion King


Mengisahkan tentang Simba, anak singa yang berusaha merebut kembali tahta yang dirampas oleh pamannya. Film Lion King juga mengajarkan pada anak - anak untuk bersikap berani dalam menegakan keadilan. Sifat kepemimpinan yang ada dalam diri Simba juga mengajarkan anak - anak senantiasa bertanggung jawab terhadap tugasnya.

8. Curious George


Tokoh George dibuat untuk mewakili sifat anak - anak yang selalu ingin tahu. Nah, film kartun ini berpesan agar anak - anak tak perlu takut untuk bertanya. Sebab banyak hal baru yang kadang membutuhkan penjelasan kepada anak - anak untuk menumbuhkan jiwa kreativitas.

9. Sofia The First


Sempat tayang disalah satu stasiun TV Indonesia, film Sofia The First merupakan tontonan untuk anak - anak, terutama anak perempuan. Berpusat pada tokoh putri bernama Sofia. Film ini akan mengajarkan anak - anak untuk mencoba sikap baik dari sang tokoh utama.

Sofia digambarkan rendah hati, ceria, penolong, ramah dan selalu pandai dalam menyelesaikan masalah. Dalam setiap episodenya, Sofia sering dibantu oleh para Princess Disney lain, misalnya seperti Cinderella, Belle, Snow White, dan masih banyak lagi.

10. Zootopia


Film yang diproduksi oleh Disney ini mengisahkan tentang seekor kelinci bernama Juddy Hopps yang bercita - cita menjadi polisi dikota besar Zootopia dengan semangat dan kerja keras, pada akhirnya Juddy dan rekannya Nick Wilde berhasil membasmi kasus kejahatan. Jalan cerita film ini sangat menarik untuk anak - anak , karena terdapat kerja sama antara kelinci dan serigala yang notabene merupakan hewan yang tidak dapat berteman.

Pembelajaran untuk toleransi dan saling mempercayai kepada teman juga tergambar di film ini. Selain itu, film ini juga mengedukasi anak - anak untuk mengenal berbagai macam hewan yang ada dipenjuru dunia.

Buat kamu yang ingin bernyanyi dan bermain musik, kamu bisa daftar di ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. Banyak promonya loh !!

Kapan lagi ada kursus musik yang banyak promo dan diskon, hanya ada di ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE kamu bisa hubungi link di www.allegramusiccourse.comdan www.allegraprivatemusiccourse.com.

Yuk, isi segera waktu luang kamu untuk belajar musik di ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE tempat kursus musik yang bersertifikat international.

Apalagi dimasa pandemi sekarang ini pasti banyak dari kalian yang merasa takut untuk keluar rumah tapi kamu juga bosan dirumah, kira - kira gimana ya caranya biar tidak bosen ?? Nah, dari itu ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE  bisa private kerumah dengan jadwal kursus yang flexsibel dan bisa disesuaikan dengan jadwal siswa diawal pendaftaran. Selain itu seluruh pengajar ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE juga sudah melakukan vaksinasi.

Tunggu apalagi buruan daftar sekarang juga dan jangan lewatkan promo - promo menarik lainnya. Banyak banget kelebihan belajar musik di ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE loh.. Kami juga sering mengadakan konser dan ujian, baik ujian lokal maupun ujian internasional.



mentarisfr
mentarisfr memberi reputasi
1
803
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
MusicKASKUS Official
19.7KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.