Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
218
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6149ebce6e172d07293a1f26/help-kesulitan-dalam-interaksi-sosial
Balik ke zaman SD-SMP gw punya pengalaman dipermalukan di depan umum, ditertawakan, dipandang remeh dan lain-lain. Akibatnya sekarang gw jadi pribadi yang gak pede, insecure, dan menutup diri. Gara-gara trauma masa lalu juga, cara gw bersosialisasi pun berubah. Dulu (mungkin SD/SMP) gw inget, walaupun gw pendiem (memang dasarnya
Lapor Hansip
21-09-2021 21:27

HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL

Past Hot Thread
Gw sangat amat pemalu, tertutup, dan kesusahandalam bersosialisi.


 

Balik ke zaman SD-SMP gw punya pengalaman dipermalukan di depan umum, ditertawakan, dipandang remeh dan lain-lain. Akibatnya sekarang gw jadi pribadi yang gak pede, insecure, dan menutup diri. Gara-gara trauma masa lalu juga, cara gw bersosialisasi pun berubah.

Dulu (mungkin SD/SMP) gw inget, walaupun gw pendiem (memang dasarnya gw introvert) tapi gw masih bisa main sama yang lain, dan gw bisa ngomong. I mean, gw bisa mengutarakan pendapat gw secara bebas ke orang-orang tanpa rasa takut. Tapi sekarang? Nope,gw gak pernah mengutarakan pendapat gw ke orang/lingkungan baru. Gw diem aja. Gw baru berani terbuka kalau ke orang/lingkungan yang udah dekat.

Gw takut kalau gw “berbicara” gw bakal mempermalukan diri gw, gw bakal ditertawakan atau dianggep aneh, gw takut orang berpikiran aneh tentang gw. Makanya gw menarik diri dari lingkungan, gw menghindariinteraksi sosial.

Gw juga menghindari yang Namanya ngomong di depan umum. Kayak presentasi atau semacamnya. Gw bakal cemas, deg-degan, ketakutan, trus ada perasaan ingin menghilang tiba-tiba dari dunia ini.Makanya gw jarang banget ikut acara-acara semacam lomba, UKM, kegiatan sosial, dll.

Dengan adanya pandemic ini, sifat menutup diri gw semakin parah. Tambah parah karena kampus gw memberlakukan kuliah online sampai 4 semester. Jadi gw kuliah offline itu pas semester 1 dan semester 2 awal.

Di semester 1, gw gak ikut UKM apapun. Yg gw lakukan hanya kuliah pulang-kuliah pulang. Kebanyakan hal yg gw lakukan pada saat itu maen hape doang (bahkan sampai sekarang). Dan di semester 3 gw mulai sadar, gw harus berubah. Gw harus ketemu orang, ngobrol, dll. Karena apa jadinya kalau gw gini terus. Maksud gw, ntar kalo gw kerja gimana? Kalau gw hidup di kosan baru gimana? Kalau gw gak bisa mengandalkan ortu lagi gimana? Ntar pas KKN? Pas sidang skripsi? Dan lain-lain.

Akhirnya gw join UKM yang sesuai minat gw. Tapi… walaupun gw udah masuk UKM itu, gw Cuma jadi pengamat di grup chatnya aja. Gw ga pernah nimbrung. Dan gw pun ga bisa nimbrung, karena GW GAK TAU GIMANA CARANYA NIMBRUNG OBROLAN??

It means, sama aja boong.

Gw sedih banget gan/sis, gw sedih banget. Gw pengen berubah! Karena itu pas ada lowongan untuk jadi pengurus UKM tersebut, gw ikut daftar. Tapi kecemasan ini gak hilang. Gw malah makin takut. Gw takut dengan apa yang terjadi nanti. Gimana nanti pas interview, gw harus jawab apa? Gimana gw bisa memecahkan suasana interview yang tadinya kaku jadi lebih luwes? Atau gimana caranya gw biar gak salah ngomong? Gak keselipet bicaranya?

Lalu kalaupun gw diterima jadi pengurus, gw kepikiran lagi gimana NIMBRUNGNYA? Dan bisa gak mereka-mereka itu jadi temen gw? Temen yang beneran temen bukan hanya say hidoang…

Dan gw pun kepikiran situasi yang paling buruk dari itu semua. Gw gak diterima jadi pengurus. Gw gak punya kesempatan lagi untuk aktif. Gw udah semester segini lagi aduh.

 

 

Ya gan/sis disini gw mau curhat sekaligus minta pendapat kalian semua. Pertanyaan gw adalah..

pertanyaan

 

BTW, tentang konseling ke psikolog, gw sebenernya mau nyoba konseling online lewat aplikasi riliv. Tapi ternyata harganya lumayan. Sekali konseling 100 ribu. Buat ane itu mahal ya, heheh. Menurut gan/sis, konseling online worthga sih? Kalo beneran bagus gw mau nyoba emoticon-Big Grin

 

Oke sekian dari ane. Makasih banget buat gan/sis yang udah nyempetin waktu buat baca. Dengan gan/sis baca aja pun gw merasa diperhatikan (senang rasanya kalau curhat kita didengar orang lain, seperti dapat perhatian ahahah emoticon-Big Grin).



profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldirules1205 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
21-09-2021 22:21
Banyak amir pertanyaannya emoticon-Hammer (S)

Kalau memang lu mau bisa bersosialisasi dan mempunyai teman kuncinya itu lumau membuka diri untuk mengubah kebiasaan lama ituk.

Caranya? (Gw anggap lu udah mau membuka diri)
Kita pakai cara termudah dahulu yach, yaitu grup wa katakanlah grup motor dan lu anak motor misalnya.
Mudah kok kalau ada yang bahas tentang karburator tinggal lu timpalin dengan pemahaman lu kasih pendapat apa yang lu ketahui lalu beri lawan bicara lu kesempatan untuk membalas, tentunya lu bakal kesulitan kalau gak paham dengan apa yang dibahas.

Kalaupun itu masih sulit lu bisa ngobrol dengan kasir swalayan, mereka itu ramah dengan konsumen lu bisa tanya-tanya promo atau produk atau rekomendasi itu melatih kemampuan komunikasi lu secara alami. Kuncinya ngobrol itu mudah kok serius... Tanya, jawab, dengar, dan berpendapat!

Intinya satu dech, lu bakal kesulitan berkomunikasi kalau lu gak membiasakan komunikasi.

Gak usah takut atau malu diketawain orang lain itu udah hal yang biasa dipergaulan, gimana bisa punya temen kalau takut diketawain orang? Temen-temen lu pastinya ngetawain satu sama lain disuatu momen (jangan gampang tersinggung) itu bakal nyusahin lu cari temen juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hellintetion490 dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
21-09-2021 22:36
Aseli gue juga pendiam, sama jey elo ..gt gue cuna nyimak jawabannya aje feg tuh Tut
Diubah oleh delia.adel
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 69banditos memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
21-09-2021 22:47
sama kaya ane gan
malah ane juga tertutup orangnya, atau gampang canggung kalau di depan orang
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
21-09-2021 23:28
bertahun2 sebagai seorang yang pendiam gw mencoba untuk berinteraksi sosial
dan gagal
selalu takut
selalu cemas
selalu deg2an

yang bikin gw berubah
1. Ga masalah kalau gw diam.
ini yg selalu gw tekan kan ke diri gw
kalau emang ga ada yang bisa gw katakan, ya ga masalah.

2. jujur
kalau ada yang tanya "eh lu kok diam aja sih"
jawab aja dengan jujur " gw ga tau apa2 sama yang kalian obrolin"

3. DENGAR
klo orang2 lagi ngobrol
dan lu bagian dari mereka
ya dengarin aja

kalau obrolan mereka menarik
pasti ada sesuatu yg bikin lu penasaran
nah tanyain tuh yang bikin lu penasaran
"gw ga tau apa2 sama yang kalian obrolin,
upin ipin itu siapa? "

kalau orbrolan mereka ga menarik
"gw ga tau apa2, gw dengarin kalian ngobrol aja ya"

4. PEDULI DENGAN DIRI LU SENDIRI
hobi lu apa
setiap hari lu browsing2 apa saja
kenapa lu browsing2 itu
di youtube lu nonton apa
di sportify lu dengar musik apa
kondisi kos2an lu seperti apa
ibuk/bapak kos lu kayak gimana
tempat makan minum yang lu suka di sekitar kampus di mana (kalau ga ada, lu cobain satu2 tuh warung makan!)
nah lu pahami segala2 nya tentang diri lu sendiri

itu bisa kok jadi bahan obrolan

5. cara bicara lancar
pas di kos latihannya
a/ ngomong sendiri. apapun yang dipikran lu, jadikan kata2. jangan di dalam hati
b/ baca artikel dengan suara keras. 1 artikel sehari cukup kok.
c/ sidang? masih lama! kalau mau latihan coba slide2 dari dosen, lu jelasin di kamar kos sendirian kyk dosen nerangin di kelas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dinguserectus3 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
21-09-2021 23:43
enak kali jadi org introvert punya banyak me time.
ketimbang jadi ekstrovert kebanyakan temen.
tiap hari ada aja yang grecokin.
gimana kalo kita bertukar peran aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blacktroya dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 00:06
Hai gan/sis....bner bngt sih kl kmampuan bersosial itu mjd ketrampilan puncak yg susah bgt bagi sebagian orang...

Ketrampilan sosial mjd ketrampilan dlm posisi puncak dlm piramida belajar stelah kmmpuan akademik, mmbangun relasi atau hbungan dg org lain adl hal yg jarang bhkan g pernah ada dlm kurikulum pndidikan kita, pdhl ini penting bgt..

Intinya, jika ketrampilan sosial itu brada di titik puncak, maka kita harus kuatkan fondasi2 di bawahnya sperti ketrampilan motorik, bahasa, dan perilaku trlebih dahulu

Perasaan cemas bs sj trjadi karena fisik kita kurang diberi ruang gerak, aktifitas fisik punya banyak manfaat diantara nya sbagai dasar ketrampilan2 yg lain contohnya ketrampilan bahasa, perilaku, dan sbagai tabungan kewarasan jg..

Knapa bs begitu, krn dg fisik kita yg aktif otomatis akan merangsang kerja otak, otak yg aktif akan merangsang regulasi diri yg baik, bagian2 otak kita yg terstimulasi dg baik akan mmberikan solusi bagaimana harus bertindak trmasuk otak yg mngatur sistem bahasa dan bicara...dg aktifitas fisik jg mmbantu otak kita mmproduksi hormon bahagia yg semoga menyumbang kewarasan buat kita, jika kecemasan agan/sis adl akibat dr trauma masa lalu semoga dg trproduksinya hormon bahagia tsb mmbuat agan dpt menerima dan memaafkan kenyataan shingga overthinking smakin berkurang dan mnganggap knyataan di masa lalu adl bentuk dr penempaan diri..

So, saran aj...mulailah membuat agenda utk menjadwalkan jalan kaki keliling komplek/kampung/CFD/taman terdekat..mulailah senam2 kcil di ruang terbuka hijau di dkt anda, bergabunglah dg acara senam masal atau jalan sehat jika ada, yg memungkinkan diri anda bergerak di keramaian tanpa harus memulai berkomunikasi dg orang2 di sekeliling anda, jika sudah mulai pede, bergabunglah dg klub olah raga atau klub tari sesuai minat anda yg out put nya bukan sbagai bintang lapangan atau bintang panggung, melainkan bertujuan awal sbagai aktifitas teurapetik bagi diri agan/sis..rasakan perubahan yg trjadi pd diri agan/ sis...semoga dg bnyk nya keringat yg kluar turut mmbawa hormon stress pd diri agan/sis

Demikian smoga bermanfaat dan selamat mencoba emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DanangRAP dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 00:47
Cape gw bales di thread, lokasi lu dimana sekarang?

Sini nongkrong
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 00:51
Gw juga salah satu manusia yang males berinteraksi sosial, pemilih banget karena kalau ngobrol suka ga nyambung 🤣.

Tapi gw gak takut untuk ketemu banyam orang, ngomong didepan orang banyak, heart to heart juga oke. Thats i mean, lu harus PD
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 05:01
Mungkin pergaulan atau lingkungan nya gk cocok buat ente.

ane dlu gt. ane tinggalin cari pergaulan kelompok laen.... dan akhirnya ane bisa asik juga kok...

semangat breee....
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 06:23
Biasakan nimbrung aja, awalnya sih emang jadi pendengar dulu, ntar lama-lama bakalan ngikutin arusnya. ... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
mcdrey dan EriksaRizkiM memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 07:41
cari pacar dulu deh gan, nanti lu kepaksa harus pede wekekek
profile-picture
mcdrey memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 08:39
minum alkohol dulu bray
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 08:43
Aku juga dulu ngerasa kaya gitu. Susah sama yang namanya bergaul dengan orang lain. Bahkan sama keluarga sendiri pun ada rasa malu untuk berkomunikasi. Tapi, mau gak mau harus bisa bergaul dengan orang.

Dan yang aku lakuin pertama ya harus ada kemauan untuk berani dan mencoba untuk masa bodoh. Kadang yang buat diri tertutup itu karena takut tanggapan orang lain terhadap kita. Jadi, coba aja untuk cuek.

Coba untuk beraniin presentasi juga, hitung-hitung belajar PD ngomong di depan orang. Kalau emang kesulitan dalam ngomong di depan banyak orang, sebelum presentasi sudah disiapkan kata-kata yang mau diomongin. Belajar ala-ala ngomong di depan orang, walaupun sebenarnya gak ada orang. Buatku hal kaya gitu lumayan membantu sih. Siapkan juga jawaban dari pertanyaan yang "kemungkinan" bakal ditanya. Karena bagi orang yang sulit berinteraksi kemungkinan juga susah menyusun kata-kata (menurutku ya).

Kalau untuk bisa nimbrung dengan orang, aku juga masih bingung gimana caranya untuk langsung nimbrung. Karena selama ini punya teman pun kaya cuma kenal doang gitu, gak dekat. Susah memang bagi yang introvert untuk berubah jadi orang yang SKSD gitu.

Btw, itu cuma pendapatku ya.
0 0
0
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 08:50
Kuncinya hanya gak usah takut salah,misalkan ngomog di depan umum,bila meraka tertawa ya anggap aja lelucon gak usah di pikirkan,intinya harus brani malu...
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 09:29
bisa karena biasa sih ya...

mulai aja perlahan, ngobrol sama satu orang baru, jadi presenter tugas kelompok, dst dst... yang lu hadepin masih manusia kok, masih sama2 makan nasi, jadi buat apa takut
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 09:36
Semua skill itu butuh praktek dan jam terbang.

Teori sih boleh aja diketahui dan diingat tapi kalo gak praktek ya percuma.

Kalo memang konseling ke psikolog memberatkan, lebih baik elu baca2 aja teori komunikasi / tips introvert di internet kan banyak banget tuh.

Setelah tahu teori2nya, diingat, latihan sendiri di depan cermin, trus PRAKTEK. Kayak orang belajar naik sepeda roda dua, pasti awal2 banyak goyah, takut, trus jatuh. Tapi lama-lama dipraktekkan kan pasti lancar bersepedanya.

Coba elu praktek ajak omong basa-basi temen kos, pembantu kos, atau bapak/ibu kos.

Ajak omong pemilik warung, kios rokok, temen kampus, dll.

Kalo udah mulai lancar, coba ajak omong kenalan dengan orang baru.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 10:08
Klo tanya gimana cari temen baru ane juga ga tau soalnya ane juga sama susah cari temen baruemoticon-Ngakak mungkin ilangin dulu sifat pemalunya itu gan
Klo ane ga pemalu cuma bingung nyari temen dimanaemoticon-Ngakak
Overthinking mungkin agan jangan terlalu stress mikir hal2 yang sebnernya belom terjadi ato mikir hal2 yang ga perlu dipikirin harus relax aja jalanin aja dulu yang ada
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 10:10
yang utama itu wawasan harus luas, jadi biar nyambung klo diajak ngomong berbagai bidang

terus dimulai dengan kata 'hai', ato syalom ato assalamualakum ato cok ato apalah biar akrab

terus ya tenang aja pembawaannya, tatap mata lawan bicara, denger dengan baik ketika lawan bicara ngomong, jangan disela
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 10:20
Ane juga pendiem, tp kalau kenal deket baru deh ane ngomong. Kalah bicara depan umum ane juga gugup rasanya pengen ubah tubuh ane jadi menciut atau mengecil atau pake ninjutsu menghilang emoticon-Hammer (S)
Tp karena dah kerja san Ane seorang IT Programmer Web, jadi ane seirng ketemu user2 dimana ane bakal ketemu orang gak di kenal, jadi mau gak mau ane harus bisa ngomong. Kalau enggak ane bakal di pecat karena di anggao gak berguna. Jadi ente harus bisa ngomong sama orang gak di kenal. Atay ente di anggap gaj berguna di dalam perusahaan.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 10:57
Dr semua pertanyaan kita bikin simpel aja lah ya

Intinya,
orang menjadi takut karena mereka tidak tahu

Biar berani, ya coba perbanyak referensi topik

Mau nimbrung di circle org? Coba mulai dari mendengarkan orang lain

Klo mau nyerocos biasanya ane tanyain aja kesibukannya apa, bisa sibuk hobi lah, pekerjaan lah atau apa lah


Klo ane sih menganggapnya semua org lbh suka menceritakan kisah/pengetahuan dirinnya sndiri ktimbang mendengarkan kisah org lain
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia