Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

perojolan14Avatar border
TS
perojolan14
Tok! 21 Bank Restui Restrukturisasi Utang Waskita Rp 29 T
 Tok! 21 Bank Restui Restrukturisasi Utang Waskita Rp 29 T

Jakarta, CNBC Indonesia - Restrukturisasi kredit PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) telah memasuki babak baru, sebanyak 21 bank telah sepakat untuk merestrukturisasi utang perusahaan.

Upaya restrukturisasi ini dengan memberikan keringanan berupa perpanjangan tenor hingga lima tahun ke depan dengan tingkat bunga yang kompetitif.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan total outstanding utang yang sepakat untuk direstrukturisasi mencapai Rp 29,2 triliun atau telah mencapai 100%. Restrukturisasi ini merupakan bagian dari transformasi bisnis yang tertuang dalam 8 Stream Penyehatan Keuangan Waskita.

"Perseroan sangat mengapresiasi penuh dukungan dari para perbankan yang telah memahami bahwa proses restrukturisasi ini akan memberikan dampak positif terhadap kinerja Perseroan dan ke depannya juga akan meningkatkan kepercayaan dan optimisme seluruh pihak kepada perseroan," kata Destiawan, Senin (20/9/2021), dalam keterangan resmi.

Kesepakatan ini melengkapi proses penandatanganan perjanjian restrukturisasi perseroan induk yang telah dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2021.

Saat itu perusahaan telah menandatangani Master Restructuring Agreement (MRA) dari tujuh perbankan.

Kemudian pada 15 September 2021 dilanjutkan dengan kesepakatan dengan 14 bank melalui penandatanganan perjanjian aksesi restrukturisasi perusahaan induk.

"Saat ini 21 bank-bank tersebut mendukung penuh proses restrukturisasi utang Perseroan Induk dengan memberikan perpanjangan masa kredit hingga 5 tahun ke depan dan tingkat suku bunga yang lebih kompetitif," jelas dia.

Ke-21 bank tersebut antara lain:

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)
PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS)
PT Bank BTPN Tbk (BTPN)
PT BPD Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR)
PT Bank DKI
PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN)
PT Bank Pertama Tbk (BNLI)
Bank KEB Hana
Bank Shinhan
PT Bank CTBC Indonesia
Maybank
BNP Paribas
PT Bank SBI Indonesia
PT Bank Resona Perdania
Bank UOB
Bank of China
Bank QNB
Bank OCBC NISP
Bank CCB Indonesia

Untuk diketahui, delapan Stream Penyehatan Keuangan Waskita terdiri dari proses restrukturisasi perseroan induk dan anak usaha, penjaminan pemerintah, Penyertaan Modal Negara (PMN) dan rights issue (penerbitan saham baru), divestasi aset jalan tol, penyelesaian konstruksi, transformasi bisnis, serta implementasi GCG (tata kelola) dan manajemen risiko.

Perusahaan juga telah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah untuk dapat melakukan percepatan pelaksanaan strategi-strategi penyehatan keuangan.

Dampak positif dari implementasi delapan Stream Penyehatan Keuangan Waskita telah tercermin pada kinerja semester pertama tahun ini dengan mencatatkan laba bersih usaha sebesar Rp 33,4 miliar atau meningkat sebesar 102,5% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Dengan implementasi 8 Stream Penyehatan Keuangan Waskita, Perseroan dapat terus berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Nasional, terutama dalam pengembangan infrastruktur di Indonesia," jelas Destiawan.

Adapun perusahaan telah menargetkan pertumbuhan kinerja positif dengan rata-rata pertumbuhan CAGR (Compound Annual Growth Rate) hingga 25% pada 3 hingga 5 tahun ke depan.

link


"Saat ini 21 bank-bank tersebut mendukung penuh proses restrukturisasi utang Perseroan Induk dengan memberikan perpanjangan masa kredit hingga 5 tahun ke depan dan tingkat suku bunga yang lebih kompetitif," jelas dia.
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
985
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.