Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah Tugas Apoteker di Apotek: dari Meracik Obat hingga Menjadi Supervisor

wahyufs996Avatar border
TS
wahyufs996
Inilah Tugas Apoteker di Apotek: dari Meracik Obat hingga Menjadi Supervisor
Inilah Tugas Apoteker di Apotek: dari Meracik Obat hingga Menjadi Supervisor

Apoteker adalah salah satu profesi tenaga kesehatan profesional yang fokus ilmunya pada bidang farmasi. Untuk menjadi seorang apoteker, seorang sarjana farmasi masih harus menjalani pendidikan profesi dan ujian sertifikasi profesi. Salah satu tujuan pekerjaan seorang apoteker adalah menjadi apoteker bagi sebuah apotek. Berikut tugas apoteker di apotek yang anda perlu ketahui.

Meracik obat adalah tugas apoteker di apotek
Tugas apoteker di apotek tentu saja adalah meracik obat.Ketika anda sakit dan pergi ke dokter, biasanya dokter akan memberikan selembar kertas yang berisi resep obat dan meminta pasien untuk menebus obat tersebut di apotek. Tidak semua obat sudah tersedia, namun ada obat yang harus diracik terlebih dahulu oleh apoteker.

Dalam prosesnya, apoteker harus jeli melihat instruksi pada resep dan memastikan kecocokan dosis dari dokter dengan profil pasien. Apoteker akan memastikan bahwa obat dan dosisnya tidak akan berbahaya bagi pasien dengan memperhatikan usia, bobot, hingga riwayat pengobatan pasien.

Melakukan konseling dengan pasien
Selanjutnya, tugas apotek di apoteker adalah konseling pasien, Anda. Setelah meracik obat dan menyerahkan ke pasien, apoteker harus menjelaskan beberapa hal pada pasien. Penjelasan tersebut berisi informasi mengenai jadwal meminum obat, efek samping obat, makanan yang harus pasien hindari selama proses pengobatan, dan beberapa informasi penting lainnya.

Selama proses ini, pasien juga bisa menyampaikan kekhawatirannya selama proses pengobatan pada apoteker. Nantinya apoteker akan memberikan tips dan penjelasan mengenai hal tersebut. Sehingga pastikan bahwa anda mendapatkan pelayanan ini ketika menebus resep dokter di apotek.

Melakukan komunikasi dengan dokter juga tugas apoteker di apotek
Proses pengobatan pasien tidak dapat dilakukan oleh dokter maupun apoteker sendiri. Keduanya harus bekerjasama! Apabila resep dari dokter terasa kurang jelas atau menurut apoteker berpotensi bahaya bagi pasien, maka apoteker wajib mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter.

Misalnya ada pasien yang menurut riwayat pengobatannya alergi terhadap kandungan dari obat yang diresepkan, maka apoteker harus memastikan terlebih dahulu ke dokter untuk penggantinya. Keamanan penggunaan obat yang nantinya pasien konsumsi menjadi tanggung jawab apoteker. Oleh karenanya, kita harus mendengarkan dengan baik nasehat dari apoteker terkait obat yang akan kita konsumesi.

Tugas apoteker di apotek juga ada pekerjaan administratif
Apoteker juga bertanggungjawab pada setiap file pasien. File pasien harus terjaga kerahasiaannya dan selalu diperbarui datanya. Apabila apoteker merangkap sebagai supervisor apotek, maka apoteker bertugas pula pada pengorganisasian dan management apotek secara keseluruhan.

Pada tugas ini, apoteker wajib memimpin staf nya dalam memastikan stok obat, standar operasional pelayanan, hingga laporan keuangan. Apoteker juga akan bertanggungjawab pada proses pemusnahan obat dan kebijakan teknis serta non teknis lainnya.

Kesimpulan

Nah itulah tugas apoteker di apotek. Apoteker memiliki pengetahuan mengenai kesehatan dan tentunya obat-obatan, namun apoteker tidak boleh memberikan resep obat pada pasien. Terlebih memberikan obat keras tanpa resep dari dokter.


Sumber : Vmedis
Diubah oleh wahyufs996 18-09-2021 07:31
0
878
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.