Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

save.indonesiaAvatar border
TS
save.indonesia
IDI Minta Pemerintah Tarik Nakes Papua ke Tempat Lebih Aman !
Jakarta, CNN Indonesia --

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta pemerintah provinsi Papua memindahkan tenaga kesehatan (nakes) ke wilayah lebih aman imbas tragedi meninggalnya salah satu nakes, Gabriella Meilani, korban

Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (13/9).

Ketua Umum IDI, Daeng M Faqih juga meminta agar pemerintah daerah berupaya menerjunkan aparat untuk menjaga stabilitas keamanan nakes dan masyarakat di Papua, sehingga mampu menciptakan rasa keamanan selama bertugas.

"Meminta kepada pemerintah dan aparat keamanan untuk sementara menarik tenaga kesehatan ke tempat yang lebih aman," kata Daeng dalam pernyataan sikap tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (17/9).

Daeng juga mendesak agar aparat keamanan menindak tegas para pelaku penyerangan tempo hari lalu. Ia juga berharap agar kejadian nahas serupa tidak lagi terulang kembali di tanah Papua.

IDI, lanjut Daeng, juga mengutuk keras segala tindakan anarkistis terhadap fasilitas kesehatan dan nakes yang sedang menjalankan tugas pengabdian dan kemanusiaan, terutama di dalam situasi pandemi virus corona (Covid-19) seperti saat ini.

"Kami menyesalkan kejadian tersebut, dan turut berduka cita atas meninggalnya nakes tersebut. Semoga Tuhan yang maha Esa memberi tempat yang layak, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," ujar Daeng.

Ketua IDI Wilayah Papua, Donald Aronggear sebelumnya juga sangat menyayangkan insiden penyerangan tersebut lantaran nakes menurutnya sangat dibutuhkan kehadirannya di Papua terutama di tengah kondisi pandemi covid-19.

Donald menyebut masih banyak program kesehatan seperti pada ibu hamil dan anak serta kesehatan mata yang menjadi perhatian khusus dari para nakes untuk masyarakat sekitar di Papua. Untuk itu, ia meminta agar pemerintah daerah benar-benar segera mengambil langkah tepat menyikapi insiden penyerangan nakes baru-baru ini.

Donald mengaku telah bersurat kepada Gubernur Papua Lukas Enembe, juga kepada sejumlah aparat TNI/Polri. Ia juga menambahkan, buntutnya sekitar 250 nakes di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, telah melakukan long march pada Kamis (16/9) kemarin untuk membacakan sikap para nakes atas penyerangan ini.

sumber cnn

Pelanggaran berat terhadap konvensi Jenewa
Veronika koman dkk langsung diam emoticon-Nohope
nomorelies
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan nomorelies memberi reputasi
2
644
6
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.