Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fernandaph06460Avatar border
TS
fernandaph06460
ARTI NEGARA DAN NEGARA SEPERTI APAKAH YANG INGIN DIKEHENDAKI ?
APA YANG DIMAKSUD NEGARA ? NEGARA BAGAIMANAKAH YANG DIKEHENDAKI ?
Halo sahabat..
Perkenalkan Nama saya Fernanda Putra Hernanto. Saya mahasiswa aktif Universitas 17 Agustus  Suraabaya 1945 Fakultas Hukum.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan opini atau pendapat saya apa itu Negara dan Negara  bagaimanakah yang dikehendaki.

Negara merupakan organisasi dalam yang menjalankan penertiban dalam suatu masyarakat yang bersifat memaksa dengan berdasarkan sistem hukum yang dijalankan pemerintah. Negara juga bisa dikatakan sebagai suatu organisasi kekuasaan yang berdaulat

Negara Indonesia sendiri juga merupakan negara demokrasi yang mana kekuaasannya tidak serta merta di tangan pemerintah  karena masyarakat juga berhak mempunyai kekuasaan tersebut.

Ada beberapa syarat atau unsur-unsur terciptanya sebuah negara antara lain yaitu :

1.    Rakyat

 

Rakyat merupakan unsur penting dari suatu pemerintahan negara yang harus taat pada peraturan yang berlaku di wilayah itu.

 

2.    Wilayah

 

Wilayah juga menjadi unsur yang tidak kalah penting atau syarat wajib yang harus di penuhi jika ingin dianggap sebagai negara.

 

3.    Pemerintah yang berdaulat

 

Pemerintah adalah lemabaga yang bertugas membentuk undang-undang berserta jajarannya. Pemerintah harus menetapkan peraturan, penegakan hukum, dan kehidupan masyarakat yang adil, baik, dan sejahtera.

 

4.    Pengakuan dari negara lain.

 

Keberadaan sebuah negara diperkuat dengan adanya pengakuan dari negara lain, bahwa negara tersebut dapat mengatur rakyatnya secara mandiri dengan baik. Pengakuan harus berdasarkan hukum Internasional (De Jure) atau pengakuan lansung dari negara lain (De Facto).

 

Negara dapat di bedakan menjadi dua bentuk yaitu negara kesatuan dan negara serikat (federasi)

 

1.    Negara kesatuan

 

Negara yang dimana kekuasaan tertinggi berada pada tangan pemerintah pusat sebagai otoritas tertinggi. Sementara wilayah-wilayah administratif dibawahnya hanya menjalankan kekuasaan yang dipilih pemerintah pusat untuk didelegasikan. Contoh negara yang mempunyai bentuk negara kesatuan antara lain Indonesia, Spanyol, Brunei.

 

2.    Negara serikat

 

Negara yang memiliki negara bagian. Berbeda dengan negara kesatuan yang pemerintahan tertinggi berada di pemerintah pusat, dimana kekuasan tersebut diserahkan pada pemerintah negara federal sehingga pada hakikatnya kedaulatan berada pada negara kedaulatan. Contoh negara yang mempunyai bentuk seirikat adalah Amerika, India, Jerman, Brazil.

 

Lalu bagaimana dengan negara yang saya inginkan ?

 

Menurut sudut pandang saya tentang negara yang saya inginkan adalah negara yang maju dalam hal teknologi, budaya, dan Pendidikan serta keadilan yang harus di tegakkan tanpa membeda bedakan satu dengan yang lainnya.

 

1.    Bidang Teknologi

 

Teknologi yang berkembang pesat membuat negara diseluruh dunia ini berlomba-lomba menjadi yang paling canggih dibanding dengan negara lainya. Teknologi sendiri sudah menjadi industri yang sangat menguntungkan. Memang tidak heran jika semakin banyak teknologi yang maju, maka suatu negara tersebut menganggap teknologi adalah elemen penting yang harus ditingkatkan. Negara Indonesia sendiri sudah mulai maju teknologinya tetapi jika dibandingkan dengan negara lain mungkin indonesa masih tertinggal.

 

2.    Bidang budaya

 

Nilai-nilai budaya sangat penting dalam memajukan bangsa. Negara Indonesia sendiri memiliki ragam budaya yang cukup banyak. Maka dari itu kita sebagai warga negara harus melestarikan budaya kita serta mempromosikannya di level internasional agar semua orang tau bahwa Indonesia memiliki budaya yang sangat baik.

 

3.    Bidang Pendidikan

 

Negara maju telah membuktikan bahwa, Pendidikan mempuyai  kontribusi yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas bangsanya. Pendidikan merupakan
driller.killer
coddot26
xperim
xperim dan 6 lainnya memberi reputasi
-5
542
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen JournalismKASKUS Official
12.6KThread4.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.