alkenanzafarmAvatar border
TS
alkenanzafarm
Rekomendasi Makanan ikan Channa


Makanan ikan Channa

Sudah memelihara ikan channa ikan gabus yang sangat populer akhir akhir ini, Ternyata ikan channa sudah banyak di miliki para pencinta ikan hias khususnya pencinta ikan hias predator air tawar, Ikan Channa di jadikan salah satu hiasan akuarium.

Salah satu ikan predator air tawar ini telah menjadi perhatian karena karakter bentuk badan dan corak warna yang luar biasa.

Asal Ikan Channa

Ikan channa atau ikan Gabus hias yang semakin ramai di cari para pemula dan para kolektor Ikan hias, ikan yang di salah satu daerah di tanah air biasa dijadikan sebagai makanan dan juga banyak di gunakan sebagai Salah satu obat tradisional.

Sekarang ikan channa berubah menjadi Ikan yang memiliki daya tarik dan di minati para pemula dan kolektor ikan predator air tawar hal itu di barengi dengan kenaikan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Melonjak nya harga dengan sangat cepat membuat para peternak ikan hias semakin semangat untuk membudidayakan ikan predator air tawar yang satu ini. Ikan Channa memiliki jenis yang banyak warna yang bermacam macam dan ukurannya juga bisa sampai besar

Ikan Channa termasuk ikan yang teritorial, artinya akan lebih baik jika memelihara satu ikan dalam satu akuarium. Karena jika ikan channa dijadikan satu dengan ikan jenis lain karakternya tidak sesuai apalagi dengan size yang berbeda.

Kemungkinan besar mereka akan berantem memperebutkan wilayah tutorialnya di dalam Akuarium. Setelah mengenal Ikan ini tentu ada juga yang menjadi pertanyaan apa sih makanan yang pas dan cocok untuk ikan channa yang kita pelihara.

Makanan Untuk Ikan Channa

Makanan adalah hal yang paling penting ketika kita memelihara hewan pelihara khususnya ikan channa buat pertumbuhan dan perkembangan nya, Dari makanan bisa mempengaruhi perubahan size dan perubahan warna dengan memberikan makanan yang terbaik akan menghasilkan ikan channa yang berkualitas. Ada beberapa jenis makanan yang menjadi rekomendasi.

1. Udang

Konten Sensitif


Memberikan makan udang kepada ikan channa sangat bagus yang bisa membuat warna ikan channa menjadi lebih cerah. Di habitat aslinya udang adalah salah satu makanan ikan Channa. Bukan hanya itu dengan memberikan udang dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan nya.

Kita bisa memberikan udang segar maupun udang kering yang banyak di temukan di toko toko di lingkungan sekitar. Ketika memberikan udang kita harus sesuaikan ukuran nya bila kebesaran bisa kita bagi terlebih dahulu agar udang bisa langsung masuk ke mulut ikan Channa.

2. Maggot



Maggot atau larva lalat hitam besar menjadi rekomendasi sebagai makanan ikan Channa. Maggot memiliki kandungan protein yang tinggi yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan channa. Kandungan protein sebesar 60% dan dilengkapi dengan ekstra pigmen kuning bisa membantu
meningkatkan warna kuning pada ikan channa.

3. Cacing Sutra



memiliki kandungan protein, lemak dan nutrisi yang tinggi cacing sutra mejadi makanan yang sangat bagus di berikan kepada ikan channa, cacing sutra dapat melancarkan pencernaan ikan Channa karena mengandung serat dan mineral yang tinggi.

4. Jangkrik



Jangkrik salah satu jenis serangga yang indetik dengan makanan burung ini ternyata sangat direkomendasikan juga untuk ikan Channa. Karena ternyata jangkrik termasuk makanan favorit dari ikan channa.

Cara memberikan nya kita harus lebih selektif, Jangkrik harus dipilih yang masih muda dan pastikan terlebih dahulu saat diberikan kepada ikan channa jangkrik dalam kondisi masih hidup.

Yang berguna melatih ikan channa saat berburu makanan, menjadi pemandangan yang sangat menarik juga ketika melihat Ikan channa kita berikan jangkrik karena bisa melihat karakter nya yang sangat agresif.

5. Ikan Kecil



Memberikan ikan kecil seperti ikan molly,lele kecil, ikan cere di dalam akuarium Channa bukan hanya dengan jangkrik dengan memberikan pakan hidup Ikan ikan kecil bisa melatih insting berburu dan bisa meningkatkan mental ikan channa

6. Pelet



Memberikan pelet adalah alternatif bila kita ingin praktis. Carilah pelet yang kandungan vitamin, nutrisi, protein yang sesuai dengan Kebutuhan Ikan channa

Sekarang banyak tersedia pelet ikan yang di khususkan sebagai makanan ikan channa. Bila ikan tidak berselera bisa mengoplos nya terlebih dahulu dengan pakan hidul, pelet bisa kita masukan ke sela sela udang sampai ika channa sudah terbiasa.

7. Cacing Tanah



Selain cacing sutra cacing cacing tanah sangat direkomendasikan untuk makanan ikan channa selain kandungan nutrisinya cacing tanah memiliki fungsi penyembuhan.

Memberikan cacing sutra dapat menyembuhkan luka luka bekas perkelahian dengan ikan lain dan kebiasaan menabrakan tubuh nya ke benda benda yang ada di lingkungan bahkan bekas menabrakan badannya ke Akuarium. Ketika ikan channa mengkonsumsi cacing tanah dapat membantu menyembuhkan luka-luka nya dengan cepat.

8. Kutu Air




Pemberian kutu air biasa nya di berikan ketika ikan channa umurnya masih kecil. Kutu air baik untuk pertumbuhan tulang ikan channa tetapi di berikan dengan porsi yang pas. Dengan memberikan kutu air juga bisa meningkatkan kualitas warna.

 9. Ulat Hongkong




Rekomendasi makanan yang terakhir yaitu dengan memberikan ikan channa ulat hongkong juga sangat baik untuk pertumbuhan ikan Channa, kandungan nutrisi nya cukup lengkap yang di butuhkan ikan channa.

Dalam peuntuk pemberian makanan usahakan tidak berlebihan karena dapat membuat air dalam akuarium menjadi keruh.


dalledalminto
a.w.a.w.a.w
7apex
7apex dan 2 lainnya memberi reputasi
3
5.2K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Freshwater Fish
Freshwater FishKASKUS Official
1.7KThread1.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.