Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harbisindoAvatar border
TS
harbisindo
Bioskop Dibuka Lagi, Uji Coba Disarankan Pakai Sistem Zonasi


Bisnis, JAKARTA
- Selama merebaknya kasus Covid-19 yang berlangsung di Indonesia sejak 2 Maret 2020 banyak aktivitas warga yang terpaksa dihentikan. Setahun lebih masyarakat khawatir bahkan nyaris menghentikan semua aktivitas di ruang publik. 
Tidak mengherankan jika muncul kerinduan untuk bisa kembali menonton di bioskop dan aktivitas di ruang publik lainnya. Masalahnya, tidak semua keinginan itu bisa segera terpenuhi.

Khusus terkait kemungkinan masyarakat bisa menonton kembali di bioskop, epidemiolog memberikan lampu hijau. Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman misalnya. Dia menilai rencana pembukaan bioskop seiring pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM masih dapat dilakukan untuk kawasan Jabodetabek. Menurut Dicky kawasan aglomerasi itu memiliki kapasitas pemeriksaan yang relatif optimal.

“Kalau rencana ini dilakukan di Jabodetabek atau Jakarta saya kira ini masih bisa dilakukan uji coba. Kalau di daerah luar itu saya masih meragukan,” kata Dicky melalui pesan suara kepada Bisnis, Minggu (12/9/2021).

Dicky menyarankan pemerintah menerapkan sistem zonasi selama uji coba pembukaan bioskop tersebut. Artinya, setiap pengunjung bioskop ditetapkan secara terbatas yang berasal dari wilayah administrasi terkait.

“Kalau bioskopnya di Jakarta Selatan, penontonnya juga harus berasal dari Jakarta Selatan, yang membeli tiket, registrasi mesti penduduk di Jakarta Selatan,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin menyebutkan sudah ada beberapa persiapan yang dilakukan pihaknya untuk menyambut sinyal pembukaan bioskop. Kemungkinan, jika diizinkan, bioskop dibuka  kembali mulai 14 September 2021. Beberapa persiapan di antaranya seperti persiapan penerapan protokol kesehatan di dalam ruangan bioskop, film-film yang ditayangkan, hingga pemenuhan regulasi untuk pengawasan seperti penyediaan medium barcode untuk aplikasi PeduliLindungi.


"Semuanya itu dikerjakan atas nama asosiasi dan bukan per bioskop," kata Djonny.

GPBSI, kata Djhonny, sudah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memastikan persiapan industri film. Khususnya, agar bioskop bisa kembali beroperasi di tengah menurunnya level PPKM di beberapa kawasan di Indonesia. Meski demikian, Djonny mengatakan keputusan dibukanya bioskop di 14 September 2021 masih dalam tahapan pembahasan di tingkat kementerian.
"Belum ada kepastian [buka tanggal 14 September], tapi kalau dilihat persentasenya ya 75 persen lah. Ada harapan," ujar dia.

Sejauh ini, pemerintah belum memutuskan untuk kembali membuka izin operasi bioskop. Adapun, masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM berakhir Senin (13/9/2021). Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal mengatakan pemerintah telah menerima surat permohonan pembukaan bioskop dari Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) pada awal bulan ini.

“GPBSI memang telah mengirim surat dan surat telah kami terima dan telah dilaporkan kepada Menko [Perekonomian],” kata Safrizal melalui pesan tertulis kepada Bisnis, Minggu (12/9/2021).

Nantinya, lanjut Safrizal, Kemenko Perekonomian yang bakal memiliki kewenangan untuk memutuskan kebijakan terkait pembukaan bioskop tersebut. Dia mengatakan permintaan pembukaan bioskop dari gabungan pengusaha itu masih dalam pembahasan di sejumlah kementerian dan lembaga terkait.

“Nanti Kemenko yang akan memutuskan mengenai rencana dibukanya bioskop, setelah dipelajari dan disimulasi,” kata dia.




Diubah oleh harbisindo 13-09-2021 08:41
0
808
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.