davchrnAvatar border
TS
davchrn
Bentuk Negara Yang Baik Itu Seperti Apa



(Sumber Foto : un.org)


Indonesia di sebut Negara Kesatuan Republik Indonesia atau biasa kita sebut sebagai NKRI, namun apakah kita semua sudah memahami tentang apa itu sebuah negara?.

 

Apa sih sebuah negara itu?

Negara merupakan sebuah organisasi kekuasaan yang berdaulat dengan tata pemerintahan yang melaksanakan tata tertib atas orang - orang di sebuah daerah tertentu. Negara terbentuk karena adanya sebuah bangsa, bangsalah yang primer dan negara yang sekunder, sehingga bangsa merupakan dasar dari terbentuknya sebuah negara.

 

Menurut Ilmu Negara, bentuk dari sebuah negara dapat di golongkan menjadi 3 golongan yaitu Monarki, Oligarki, Demokrasi.

 

Nagara Monarki

 

Nagara yang berbentuk monarki adalah negara yang kepemipinannya di pimpin oleh Raja atau Ratu, contohnya Inggris Raya, Saudi Arabia, Spanyol, Brunai, Thailand dan masih banyak lagi. Jika negara Monarki di pimpin oleh raja atau ratu yang bijaksana maka negara akan cepat berkembang maju, karena perintah hanya berasal dari satu orang sehingga keputusan akan berjalan tanpa banyak pertentangan, berbeda jika Raja atau Ratu mereka kurang bijaksana, makan akan timbul upaya – upaya penggulingan sistem pemerintahan sebagi contoh yaitu di Thailand, banyak rakyat Thailand yang memprotes Raja karena dia di nilai bertindak semaunya sendiri.

 

Negara Oligarki

 

Negara oligarki adalah negara yang kepemimpinannya di pimpin oleh kelompok – kelompok tertentu yang memiliki pengaruh besar, menurut saya negara dengan bentuk oligarki, merupakan bentuk negara terburuk karena kekuasaan pemerintahan hanya berada di kelompok – kelompok tertentu, sehingga suara atau pertentangan dari kelompok yang kurang kuat akan tidak di dengar. Contoh negara berbentuk oligarki adalah Afrika Selatan pada tahun 1948 di mana warga kulit putih, lebih berkuasa daripada warga kulit hitam. Hal tersebut membuat warga ras kulit hitam di anggap sebagai budak.

 

Negara Demokrasi

 

Negara Demokrasi adalah negara dengan sistem dan politik dibatasi oleh hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak - hak perorangan warga negara, serta pemerintahan di tentukan oleh rakyat dan dari rakyat, dan yang melaksanakan kekuasaan negara adalah wakil – wakil rakyat yang telah di pilih lewat pemilihan atau voting, keputusan – keputusan yang di buat oleh negara demokrasi merupakan hasil rumusan bersama para wakil rakyat, dan di setujui oleh presiden negara. Contoh negara demokrasi adalah Indonesia, Austria, Denmark, Finlandia dan masih banyak lagi.

 

Ketiga bentuk negara ini menurut saya memiliki kelemahan dan kekurangannya masing - masing, dan menurut opini saya bentuk sebuah negara yang saya kehendaki dan terbaik adalah negara berbentuk Demokrasi, kenapa saya memilih negara demokrasi, karena rakyat juga berperan serta dalam terbentuknya kepemipinan negara, sehingga semua orang memiliki hak dan tanggung jawab untuk masa depan dari negara tersebut, serta pengambilan sebuah keputusan dilakukan oleh beberapa orang dan tidak sepihak, hal tersebut sebenarnya ada baik dan buruknya, hal baiknya adalah keputusan yang di keluarkan telah melewati proses demokrasi yang panjang dan adil, namun terkadang hasil dari musyawarah yang panjang tadi menghasilkan peraturan yang kurang kuat, contohnya dalam penanganan pandemi seperti saat ini, Negara Komunis dan Negara Monarki lebih baik dalam penanganan pandemi karena keputusan hanya berasal dari satu orang dan tidak ada yang berani melakukan protes. Namun di Indonesia sendiri yang merupakan negara demokrasi banyak juga keputusan-keputusan yang di buat berdasarkan keinginan kelompok - kelompok tertentu, sehingga membuat Indonesia ini menjadi negara Demokrasi semi Oligarki.



pemburunonsense
areszzjay
areszzjay dan pemburunonsense memberi reputasi
-2
1.2K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen JournalismKASKUS Official
12.5KThread3.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.