c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Mata Anak Di Congkel, Ternyata Tumbal Pesugihan Memang Ada!




Sepertinya edukasi masyarakat tentang mau kaya lewat jalur cepat masih saja banyak yang percaya. Masih ingat cerita Babi Ngepet, yang dikejar warga hingga diburu, ditangkap kemudian di penggal.

Ternyata faktanya adalah perbuatan tipu menipu salah satu pemuka agama di wilayahnya. Bahkan kejadian itu membuat masyarakat terhasut dan memfitnah tetangga yang semedi dirumah tapi bisa kaya!



Zaman sekarang banyak orang mencari cuan lewat aplikasi saham, video, menulis dsb. Keahlian terpendam di manfaatkan lewat media online. Jadi tak seperti masa lalu, dimana banyak tukang tipu dianggap dukun.

Di zaman era informasi ini ternyata edukasi masyarakat tetaplah rendah, masih banyak yang ingin mencari kaya lewat jalur cepat. Bahkan rela menumbalkan keluarga sendiri, seperti yang diberitakan di Gowa Sulawesi Selatan.



Bayangkan ibu dan ayah, serta kakek dan paman korban mereka bersatu padu dalam melakukan tindakan yang diluar nalar, mencungkil mata anaknya sendiri. Bahkan kakaknya yang meninggal desas desus yang beredar karena juga dijadikan tumbal untuk ritual pesugihan.

Gila! Memang, kalau bukan ODGJ tak akan bisa melakukan hal yang seperti itu. Kemiskinan memang akan selalu menjadi masalah hingga sering tergadaikan iman. Disini terbukti edukasi masyarakat masih minim, masih banyak yang percaya dengan hal ghaib namun meresahkan.



Sihir memang jadi hal yang biasa dimasa lalu tapi saat ini? Tetap saja masih sama, tak heran pengobatan alternatif masih banyak bak kacang goreng, tukang ramal eksis di entertainment, ahli hinopsis juga sering wara wiri di layar kaca, namun sayang master mind di dunia magic undur diri menjadi podcast.

Tujuan utama mereka itu apa? Jelas "cuan" tapi sebenarnya poin utama adalah edukasi kita masih rendah, batu Ponari saja bisa membuat ramai orang berbondong-bondong datang.



Kalau dari sakit lalu tiba-tiba saja sehat mungkin saja itu Ma'unah, tapi tidak semuanya bisa seperti itu. Hal ghaib tentu saja ada, dan akan selalu ada selama manusia masih percaya Tuhan maka selamanya ia akan percaya kepada yang ghaib.

Namun percaya kepada ritual pesugihan yang harus memakan tumbal, ini yang harus diberikan edukasi. Coba fikirkan dengan logika yang luas kenapa Fir'aun, Qarun, Hitler, Trump mereka bisa kaya? Bahkan para orang kaya dunia banyak dari mereka yang agnostik? Bahkan nama-nama besar seperti Stephen Hawking, Albert Einstein, Sigmund Freud, Andrei Sakharov, Ayn Rand, Thomas Alva Edison, Rosalind Franklin, Karl Marx, Alan Turing adalah para pemikir yang berfikir memakai logika, hingga timbulnya ilmu pengetahuan baru.

Kalau benar sihir itu manjur kenapa Indonesia merdeka lewat jalur bom atom dari Amerika? Lewat diplomasi dan peperangan yang panjang dengan senjata api?

Kalau kayak begini kok tega ya?



Lantas apa pendapatmu dengan hal ini gan?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




Diubah oleh c4punk1950... 09-09-2021 01:42
Kagemane4869
Nikita41
agusrezapratam4
agusrezapratam4 dan 26 lainnya memberi reputasi
23
10.1K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.