andrerain5Avatar border
TS
andrerain5
Mengenal Beberapa Perangko Termahal Dan Langka di Dunia
Keberadaan perangko pada era digital ini mungkin tidak banyak berpengaruh lagi karena untuk surat menyurat bukan lagi melalui secarik kertas yang kita kirimkan dan menunggu balasan.

Akan tetapi di era tahun 1800, keberadaan perangko sangat berarti untuk urusan mengirim surat atau barang lainnya. Tanpa perangko, apa yang kita ingin kirim tidak akan diterima.

Diberbagai negara, ada beberapa perangko yang sangat unik dan langka, bahkan sampai sekarang masih banyak yang memburunya karena langka dan harga jualnya sangat fantastis, mencapai jutaan dollars.

Kenapa menjadi mahal? Ada beberapa alasan yang menjadikan satu keping perangko itu menjadi mahal. Alasan yang pertama adalah dari kesalahan cetak. Contohnya: satu keping perangko yang seharusnya berwarna merah, malah dicetak dengan warna yang biru.

Ada pun alasan lain adalah perangko itu dicetak dan diterbitkan tidak begitu banyak, alias terbatas.

Lantas, apa saja dan bagaimana bentuk dari perangko yang langka dan termahal di dunia itu? Keep scrolling dan santuy disini!


Yang Pertama:

source

The British Guiana 1C Magenta:Perangko ini dicetak pada tahun 1856, dan disinyalir hanya ada satu-satunya di dunia dan satu-satunya perangko Inggris yang bukan dari koleksi Royal Postage. Harganya tembus mencapai USD10 juta, atau setara dengan 140 milliar rupiah.

Yang Kedua:

source

The Treskilling Yellow: Perangko dengan warna kuning ini mempunyai harga yang mahal juga langka. Seperti yang ane katakan diatas, perangko ini adalah perangko yang sangat langka dikarenakan kesalahan cetak. Untuk harganya, perangko ini mencapai USD2,3 juta.

Yang Ketiga:

source

The First Two Mauritius: Perangko yang pertama dicetak dan diedarkan Kerajaan Inggris pada tahun 1847. Tujuan dari dicetaknya perangko ini adalah untuk mengapresiasikan cintanya Ratu Victoria. Harganya sendiri mencapai USD1,1 juta.

Yang Keempat:

source

Baden 9 Kreuzer: Perangko ini pun disinyalir memiliki kelangkaan dikarenakan adanya kesalahan cetak pada warnanya dan hanya ada empat keping saja di dunia, maka tak heran jika harganya mencapai USD1,1 juta.

Yang Kelima:

source

Inverted Jenny: Perangko yang dicetak selama Perang Dunia kesatu pada musim semi tahun 1918. Perangko 24 Sen ini pun memiliki kesalahan cetak, namun di balik kesalahan inilah yang membuat perangko ini menjadi mahal. Perkepingnya mencapai harga USD83.000 juta dan memiliki gambar pesawat JN-4HM.

Sementara, untuk perangko dari negara kita, Indonesia yang paling mahal adalah senilai 20 miliar rupiah dan dimiliki oleh orang Singapura, dicetak pertama kali pada tahun 1864 saat masih ada diera Hindia Belanda.


source

Itulah tadi beberapa perangko termahal di dunia dan tentunya sangat langka keberadaannya. Dan pemiliknya sudah dipastikan orang-orang yang sangat gemar mengoleksi barang-barang antik dan bernilai history tinggi.

Semoga thread ane kali ini memberikan pemahaman dan wawasan yang baru bagi Agan dan Sista seranah kaskus raya. Sampai jumpa kembali dilain waktu dan ragam thread lainnya. Salam sejahtera dan jangan lupa untuk selalu bersyukur serta tetap dalam kebahagiaan yang menyenangkan.

Thanks For Visiting
Adios
:terimakasih:terimakasih:terimakasih
Ditulis dan Dinarasikan Oleh:

referensi

durexz
makola
Vnixs
Vnixs dan 26 lainnya memberi reputasi
27
7.3K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.