dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Wah! Ternyata Ini Dia Tanaman Penyerap Polusi Terbaik di Dunia


Pernahkah agan melihat tanaman ini di sekitar lingkungan agan. Bila pernah melihatnya berarti bagus, karena udara di sekitar agan menjadi bersih akibat tanaman penyerap polusi terbaik ini. Dibalik bentuknya yang tidak besar seperti pepohonan dan daunnya yang tidak lebar siapa sangka justru tanaman ini ternyata menjadi yang nomor satu dalam urusan penyerapan polusi udara. Penasaran mengapa terjadi hal demikian? Yuk cermati thread berikut.




Beberapa orang pasti tidak mengira tanaman perdu yang biasa tumbuh liar di jalanan atau di pekarangan ini ternyata dikategorikan sebagai "super plant" karena kemampuan penyerapan polusinya. Hal ini lumrah sebab tanaman ini memang tidak memiliki fungsi lain jadi banyak yang tidak mengetahuinya. Buahnya tidak bisa dimakan dan tangkainya terlalu kecil untuk dijadikan kayu bakar membuat perlahan-lahan tanaman ini terlupakan.




Tanaman yang bernama Cotoneaster tersebut baru-baru ini telah diteliti dan secara mengejutkan memiliki kemampuan penyerapan polusi tertinggi untuk saat ini. Bahkan penyerapan polusinya dalam 1 minggu setara dengan polusi dari kendaraan yang berjalan sejauh 800 km. Peneliti juga telah membandingkan kemampuan penyerapan polusi dari tanaman ini dengan tanaman rambat lainnya, ternyata tanaman ini 20% lebih bagus diantara tanaman rambat lainnya yang biasa tumbuh di jalanan dengan lalu lintas kendaraan yang padat.



Polusi yang diserap oleh beberapa tangkai Cotoneaster


Dibandingkan dengan pohon, penyerapan polusi dari Cotoneaster juga ternyata masih lebih tinggi. Hal ini diakibatkan morfologi dari tanaman Cotoneaster itu sendiri yang memiliki perdaunan kecil yang sangat rapat dan pertumbuhan tiap rantingnya padat serta tidak membutuhkan space yang luas untuk dapat tumbuh optimal. Walaupun demikian Cotoneaster tetap tidak dapat menggantikan peran pepohonan seperti urusan menghalangi sinar matahari karena Cotoneaster memiliki tinggi yang relatif pendek.




Karena kemampuan menyerap polusinya yang nomor satu ini, peneliti menyarankan agar tiap-tiap rumah setidaknya menanam tanaman ini di pekarangan untuk menanggulangi Climate Change di masa yang akan mendatang. Salah satu spesies Cotoneaster yang paling bagus diantara lainnya yaitu Cotoneaster franchetii


Wah sempat gak nyangka ternyata tumbuhan ini toh yang memiliki kemampuan menyerap polusi terbaik, Ane awalnya kira malah bukan pohon tapi plankton harusnya. Tapi plankton mana ada yang di jalan raya ya?


Sumber : https://www.rhs.org.uk/science/articles/super-cotoneaster#:~:text=Scientists%20report%20that%20the%20bushy,by%20trapping%20harmful%20airborne%20particles.
Diubah oleh dompetjadipeci 03-09-2021 06:24
ushirota
uzunyzter
provocator3301
provocator3301 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
6.2K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.