iskrimAvatar border
TS
iskrim
Pertanyaan yang Nggak Perlu Dijawab, Ya, Seperti Ini?


[ HT# 777 ]

Kalau kita tilik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebuah pertanyaan adalah sebuah permintaan untuk meminta kejelasan suatu hal. Simpelnya jika ada orang bertanya maka orang yang dituju atau terdekat darinya Sunnah Muakkad yang artinya mendekati wajib untuk menjawabnya, meski hanya satu kata saja.

Di kehidupan kita sehari-hari cara berkomunikasi kita dipenuhi dengan puluhan bahkan ratusan pertanyaan ada dalam fikiran kita kepada lawan bicara. Dengan bertanya kita jadi paham dan belajar dari sebuah pelajaran demi untuk bertahan hidup.

Bertanya pun tidak hanya dilakukan oleh manusia, para hewan pun secara kuasa Tuhan mereka mampu berkomunikasi dengan caranya sendiri. Hingga akhirnya ada yang mampu bertahan hidup dan berevolusi seiring perkembangan zaman dan lingkungan yang jauh berbeda hingga saat ini.



Bertanya, adalah cara sederhana untuk mendapatkan jawaban yang mencerahkan seseorang. Namun kualitas pertanyaan seperti apa dan bagaimana sih yang perlu diketahui? Ini menjadi pertanyaan yang saya bahas kali ini.

Yes, sebuah pertanyaan akan dianggap penting untuk di jawab jika sesorang bertanya yang berhubungan dengan sebab akibat. Misalkan contoh sederhananya adalah seorang kurir pak Tatang bertanya alamat rumah pak Kadir no, 12 ke seseorang maka perlu dijawab, meskipun lawan bicaranya tidak tahu tetap harus dijawab, setidaknya di jawab "maaf saya kurang tahu, ya", atau "coba tanya ke satpam jaga di pos itu, pak".

Jika dijelaskan sebab-akibat diatas maka sebabnya adalah pak Tatang adalah seorang kurir akibatnya dia harus mengantarkan pesanan, akibatnya dia harus bisa menyerahkan pesanan itu sampai ke tujuan yakni pak Kadir.

Sekarang contoh pertanyaan yang tidak perlu dijawab secara sederhananya adalah pertanyaan yang sebetulnya sudah terlihat jawabannya, maka tidak perlu dijawab atau jawabannya membutuhkan riset dan hanya ahli yang bisa menjawabanya.

Contoh sederhananya adalah seorang dewasa bertanya:

"Bro... kenapa jam tangan ini mutarnya kearah kanan?",

"Untuk apa kita makan?,

"Kenapa di kendaraan ada gigi padahal tidak pernah mengunyah?,

"Katanya roti tawar tapi belinya nggak boleh di tawar?",

"Nasi goreng, padahal nasi udah mateng kok malah di goreng?",

"Kenapa naik itu ke atas?",

"Katanya jalur hijau, tapi kok panas?",

"Masa gitu aja nggak bisa?".




Menurut saya pertanyaan diatas seperti sebuah pertanyaan iseng atau memang tidak perlu dijawab secara serius, lupakan atau alihkan saja ke pembicaraan lain yang lebih penting daripada pusing mencari jawaban tadi. Tapi jika hari itu kamu lagi baik jawab saja dengan kata "Tidak Tahu".







Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 




Diubah oleh iskrim 05-09-2021 23:33
Unspammer
risman88
mervae
mervae dan 17 lainnya memberi reputasi
14
6.1K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.