• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hati-hati Modus Penipuan, Pembeli Ngaku Kembalian Kurang Ternyata Ini yang Dilakukan

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Hati-hati Modus Penipuan, Pembeli Ngaku Kembalian Kurang Ternyata Ini yang Dilakukan
Waspada saat ada pembeli yang mengaku kembaliannya kurang. Bisa jadi cara ini dilakukan untuk menipu pedagang


Berdagang, adalah menjual sesuatu baik itu barang atau jasa untuk mendapatkan imbalan uang dengan nominal tertentu.
Dapat dikatakan antara penjual dan pembeli ini adalah simbiosis mutualisme GanSis, sebab si penjual membutuhkan uang dan pembeli membutuhkan barang, itulah kenapa dikatakan saling membutuhkan karena satu sama lain saling menguntungkan.

Di dalam proses jual beli tentu ada yang namanya akad jual beli GanSis, proses tawar menawar harga sampai terjadinya kesepakatan harga jual dan beli untuk kemudian barang diserahkan kepada pembeli dan uang diserahkan kepada penjual, semua runtut dan dinamakan transaksi jual beli.

Membahas tentang jual beli atau dagang sebagaimana yang tadi telah ane jelaskan bahwa harus saling menguntungkan, tentu saat salah satu ada yang dirugikan berarti ada kesalahan dalam transaksi jual belinya GanSis.
Baik itu pihak penjual yang curang atau pembeli yang nakal.
Seperti halnya kasus modus penipuan yang akan ane bahas pada thread kali ini.




Modus penipuan pembeli ngaku kembalian kurang, nampaknya tengah marak terjadi di beberapa tempat GanSis.

Ternyata ada oknum pembeli yang nakal mengaku-ngaku bahwa uang kembalian yang diberikan oleh penjual kurang dan itu adalah permainan kelicikan dari pembeli itu sendiri.

Agan dan Sista yang berjualan atau berdagang dihimbau untuk waspada saat ada orang yang mengaku uang kembaliannya kurang, karena bisa jadi modus penipuan tengah menimpa Agan dan Sista.

Adapun cara dari pembeli yang melancarkan modus ini dapat dikatakan cukup cerdik, dan sebelum ane jelaskan caranya Agan dan Sista dapat melihat salah satu video kejadian modus penipuan serupa di bawah ini!


Spoiler for Penipuan:


Proses dari modus penipuan uang kembalian kurang ini cukup cepat dan singkat GanSis.
Biasanya pembeli akan membeli satu barang entah itu rokok, minuman, atau apapun itu dimana mereka akan membayar dengan uang seratus ribuan.

Saat barang telah diberikan oleh penjual dan penjual mengambilkan uang kembalian, disinilah pembeli licik ini akan melakukan aksinya. Entah dengan berpura-pura memasukan barang yang dibeli ke kantong atau ke dalam tas, dia akan menggenggam uang pecahan kecil untuk nantinya ditukar dengan uang 50ribuan.

Sembari berbalik memutar badan berpura-pura menghitung disitulah mereka menukar uang tersebut, dan kembali kepada penjual dan mengatakan uang kembaliannya kurang.

Disinilah Agan dan Sista harus berhati-hati dan waspada dengan kecepatan modus mereka.




Setiap ada permasalahan entah itu penipuan atau apapun itu tentu saja ada cara untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi ya GanSis. Dan ane sebagai pedagang tentu juga mempunyai cara yang mungkin bisa Agan dan Sista tiru agar terhindar dari kasus modus penipuan seperti ini.

Caranya cukup mudah GanSis, saat ada pembeli yang membayar dengan uang seratusan ribu jangan pernah Agan dan Sista memberikan uang kembalian begitu saja dan membiarkan pembeli menghitung jauh dari tempat GanSis jualan atau menghitung dengan membelakangi penjual.

Penjual harus menghitung uang kembalian tepat dihadapan pembeli agar pembeli ikut melihat dan memastikan bahwa uang kembalian pas tidak kurang atau lebih.

Saat cara ini Agan dan Sista lakukan maka pembeli tidak dapat menggunakan modus uang kembalian kurang dan GanSis akan terhindar dari penipuan.




Kurang lebih seperti itu GanSis modus penipuan uang kembalian kurang dan cara pencegahannya dari ane.
Semoga bermanfaat dan dapat Agan dan Sista terapkan.

Oke, mudah-mudahan ada manfaat yang bisa diambil dari thread ini. Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar & video
1, 2, 3

MemoryExpress
TaengBee
pein666
pein666 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
5.4K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.