dewakereAvatar border
TS
dewakere 
Pengen jadi Konten Writer Beneran ? Main Kaskus Apa Nyari Cuan


Konten writer yaa sulit apa tidak, sih? Kalau cuma menulis anak TK saja bisa, tetapi untuk tulisan yang layak dibaca dan dijual, tidak semua orang bisa loh, gan. Untuk memulai menjadi 'Konten Writer' sendiri sebenarnya mudah, yok ikuti sedikit cerita dari Dewakere di bawah.

Awal ada Kaskus kreator dulu review sulit bahkan judul klickbait, tidak orisinil, dan kurang referensi akan tidak di loloskan oleh para kurator. Ada juga event kreator tidak seperti sekarang yang event kreator dua kali sebulan bahkan ada satu event yang mendapat uang hingga seratus ribu.

Dulu kami menulis ya memang passion kita menulis dan memang ingin nulis bukan karena kita mengejar materi. Bahkan ada sampai sekarang kreator yang cuma nulis kaspaynya tidak di cairkan sama sekali loh seperti om melonista, colot_nay (mungkin user baru gak tau) dan orang yang sering menang coc om Line_blue, terakhir update sih udah sampai jutaan dan kaspaynya tidak dicairkan. Itu karena mereka hobi menulis bukan mencari uang di tulisan.




Dewakere membuat tulisan ini sih jujur karena tersentil banyak kaskuser yang mengeluh gak ada event, gak ada kaspay, gak ada event kreator. Lalu ngeluh lagi, ada event COC, tetapi gak ada hadiah duitnya, wkwkwkw.

Agan dan Sista niat menulis untuk apa? Kalau cuma cari duit, sana melamar ke media-media penulisan online, ke koran atau bikin website sendiri. Banyak kok tempat yang memang mencari uang dengan halal dengan cara menulis. Gak bisa, ya? Belum berani atau memang kapasitasmu cuma sampai di situ ? Semuanya balik lagi sih ke niatan awal.

Jujur nih yaa kalau di Kaskus tulisan Dewakere itu banyak typo lah, titik koma ancur lah, gak nyambung lah, tetapi Dewakere menulis mah sesuka Dewakere dan pake hati. Soal materi tersebut hanyalah bonus aja dan menambah pengalaman kita menulis. Dewker sering loh dibacoti Tante Sekkar, Tante Merry, Mbak Evy soal nulis yang baik dan benar, tetapi kan maksud Dewakere menulis itu untuk senang-senang, jadi masa bodo saja kadang-kadang (kalau tulisan sepi gak jadi masalah, kok), tetapi selalu ada malaikat baik yang akhir-akhir ini sering editin typo dan memperbaiki letak titik koma dari tulisan Dewakere, makasih loh, ya.

Balik lagi, kalau Agan dan Sista ingin jadi 'Konten Writer', beneran sih syaratnya gampang saja, salah satunya adalah kalian harus punya konsistensi dalam menulis atau bahkan kalian harus jeli memilih tema. Seperti kita contoh @amdar07, dari saya awal ngaskus sampai sekarang, dia terus saja menulis soal game yang akhirnya entah berapa pundi-pundi uang yang dia dapatkan dari menulis spesialis game bukan dari Kaskus. Pernah Dewker tanya ke amdar, dia jawab orang passionku di situ.

Simpel jawabannya karena dia memang menulis dari hati. Coba Agan dan Sista mumpung di bulan Agustus menulis soal 17-an entah kenangan apa, lomba-lomba dan pengalaman masa kecil secara konsisten setiap hari selama sebulan, apakah bisa? Kalau memang passion anda menulis, harus bisa dong? Tapi kembali lagi ke karakter orangnya masing-masing, apakah kalian tipe pengeluh atau tipe pejuang.

Pasti banyak yang akan bilang kalau sudah kayak gitu, nanti tidak dapat ide lah, sibuk lah, buntu otaknya lah, dan idenya dipakai yang lain lah. Menurut Dewakere itu hanya alasan, kok. Kenapa? Karena pengalaman Dewakere dulu sering ada berita yang sama bisa dikeroyok rame-rame dengan om @c4punk , @iskrimdan banyak kaskuser lainnya. Tinggal bagaimana kita mengolah kata dan melihat sudut pandang lagi. Kalau Agan dan Sista nanya lolos review ? Semuanya lolos review, kok hehehe.


Jika Dewakere kehabisan ide biasanya Dewakere akan menghisap Esse French, karena aroma yang yang klasik dan khas membuat pikiran Dewakere yang stuck bisa fresh lagi sehingga ide dan inspirasi dapat mengalir seperti air.

Ini sih sekedar curhatan Dewakere ya Agan dan Sista. Soalnya banyak kuman-kuman yang hobinya bacot banyak event, tetapi gak ada kaspay, dsb. Kalau kamu merasa pengen cari duit buat nulis, ya kirim artikelmu ke majalah atau apapun yang bisa menghasilkan cuan. Selain itu, jika tulisanmu diakui nanti ada pasti tawaran-tawaran yang bisa ditukarkan materi. Oh iya, sejauh ini Kaskus masih menjadi forum diskusi dan komunitas kan? Bukan tempat orang ngerengek cari event dan duit? Apa Dewker salah semenjak fakum fungsi Kaskus sudah ganti?
Diubah oleh dewakere 28-08-2021 01:33
machin
Rainbow555
jokoariyanto
jokoariyanto dan 15 lainnya memberi reputasi
16
2.9K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.