• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inikah Reaksi Elu Ketika Hidupin PC Jadul yang Dikira Udah Jadi Bangke?!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Inikah Reaksi Elu Ketika Hidupin PC Jadul yang Dikira Udah Jadi Bangke?!


[ HT# 773 ]

Work From Home (WFH) yang masih saya jalani saat ini ternyata memberikan berkah tersendiri, selain kerjaan sambilan ikut lancar, termasuk nulis disini, beberapa hari lalu saya iseng ubek-ubek gudang dan tiba-tiba mata ini tertuju dan fokus pada sebuah benda berbentuk kotak hitam 'besar'.

Bukan, bukan blackbox yang saya maksud tapi kurang lebih seperti itulah. Mengapa saya miripkan dengan sebuah blackbox, ya tentu saja karena kotak hitam ini sama-sama menyimpan data-data dan history kehidupan 'masa lalu saya'. emoticon-Malu

Kotak hitam yang saya maksud adalah 'se-onggok' komputer pc jadul yang dalam memori otak saya sudah terpendam dalam bertahun-tahun, ibarat sampah sudah saya hapus dari Recycle Bin-nya hingga tidak terbaca oleh aplikasi recovery tercanggih sekalipun! Prosesor-nya pun masih Pentium III, haha!

Berdebu pastinya, perkabelan yang super kusut dan ada bekas gigitan tikus, keyboard yang huruf angkanya mulai samar-samar ini belum apa-apa... ketika saya sempatkan buka casing pc tersebut. Waduh.. ternyata penuh dengan sarang laba-laba, sabang, ada bekas telur kecoa yang sudah menetas segala dan beberapa bagian yang terlihat berkarat.

Skip, setelah bersih-bersih dengan alat perang macam kemoceng bulu ayam, sikat kuas, cleaner semprot, kain lap, akhirnya penampilan luar-dalam sang pc terlihat segar kembali. Luar biasa, sudah terbayang jika komputer tua ini bisa hidup kembali, serasa saya menemukan harta karun dan kembali ke masa lalu yang 'indah' emoticon-Big Grin .

Kekhawatiran saya rupanya masih terus berlanjut karena saya belum coba menyalakannya. Pertanyaan terbesar saat itu adalah apakah setelah saya tekan tombol Power pada CPU si komputer ini akan hidup normal lagi?

Sebuah keberuntungan, ternyata Booting berjalan normal hingga di menit ke 3 saya dihadapkan oleh penghalang pertama, isi Password untuk masuk Windows!



Njirrr, terakhir pake pc  Kamis, 01 Januari 2009! (illustrasi) emoticon-Belo


Beruntung icon yang saya tampilkan pada clue password di layar monitor tabung berhasil mengembalikan ingatan saya dengan password yang benar. Tantangan kedua adalah apakah bisa terkoneksi dengan internet yang akhirnya saya harus keluar kocek Rp 95.000 untuk membeli USB Wifi karena hardware internet lama saya akhirnya harus pensiun karena software-nya tidak bisa diupdate, begitu juga dengan soundcardnya. Keluh.

Tantangan ketiga, adalah saya harus meng-upgrade beberapa aplikasi yang cukup memakan waktu. Saya harus menyeleksi satu persatu mana yang perlu dan tidak perlu lagi saya gunakan. Mencari driver terbaru atau hapus saja... ahh pilihan yang sulit kadang.



Andai bisa kembali ke masa itu...(illustrasi) emoticon-Malu


Dan daripada kepanjangan beberapa hal lain dibawah ini mungkin reaksimu ketika berhasil menghidupkan kembali komputer jadul yang sempat kamu lupakan bertahun-tahun. Eh, ada file .3gp kah? Muehehe... emoticon-Big Grin

1. Nyari hidden file
2. Berusaha mengingat keras file penting apa saja yang masih tersimpan dan berharga
3. Upgrade aplikasi software
4. Bersih2 dan beberes file
5. Upgrade hardware
6. Backup data
7. Poles komputer biar kinclong lagi (lalu kiloin?)






Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel, dokpri 



Diubah oleh iskrim 27-08-2021 08:51
fan.kui
suryos
alfidanger
alfidanger dan 23 lainnya memberi reputasi
24
7.7K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.