Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Benarkah Kolam Renang Bau Kaporit Menyengat Tanda Terawat? Ternyata Ini Faktanya

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Benarkah Kolam Renang Bau Kaporit Menyengat Tanda Terawat? Ternyata Ini Faktanya
Mengerikan, ternyata kolam renang yang memiliki bau kaporit menyengat itu bukan tanda-tanda kolam rajin dirawat. Lalu?


Kaporit, adalah senyawa kimia yang sering digunakan sebagai disinfektan air minun atau pembersih kolam renang (sanitasi). Kaporit sendiri memiliki nama lain Kalsium hipoklorit dengan rumus kimia Ca(ClO)2, bahan ini sangat sering digunakan sebagai disinfektan atau pembersih mulai dari pembersih alat-alat dapur, pembersih toilet, atau deterjen binatu.

Mungkin Agan dan Sista disini sudah tidak asing dengan Kaporit, atau paling tidak pernah mendengar nama senyawa kimia ini sebagai pembersih atau sanitasi kolam renang.
Biasanya kolam-kolam renang umum menggunakan kaporit untuk membersihkan kolam minimal dua kali dalam seminggu, pastinya kolam umum lebih sering disanitasi karena memang intensitas penggunaannya lebih sering.

Meskipun rajin dibersihkan namun ada beberapa orang yang sangat anti untuk berenang di kolam renang umum. Tahu kenapa alasannya?
Tidak lain dan tidak bukan, banyak orang kencing sembarangan yang membuat jijik dan ngeri takut air kolam tertelan.




Membahas tentang kolam renang umum apakah Agan dan Sista pernah mendengar atau beranggapan bahwa air kolam renang yang memiliki bau kaporit menyengat adalah karena rajin dibersihkan dan dirawat?

Jangan dulu percaya dengan anggapan tersebut GanSis sebab ternyata bukan itu fakta yang terjadi untuk alasan kenapa air kolam memiliki bau air kaporit yang menyengat.

Menurut penjelasan dari dr. Arthur SpKK, FINSDV seorang dokter ahli yang sering memberikan konten edukasi kesehatan kulit, wajah, dan kelamin, beliau menjelaskan bahwa bau menyengat kaporit pada air kolam renang bukan karena kolam sering perawatan melainkan salah satu alasannya yaitu karena reaksi kaporit dengan air kencing. Semakin banyak orang yang kencing di kolam renang maka bau kaporit akan semakin kuat.

Seperti ini penjelasan singkatnya!


Spoiler for Bau Kaporit Kolam Renang:


Mendengar penjelasan dari dokter tersebut tentu bisa menjadi jawaban atas anggapan-anggapan yang selama ini sering dipercaya oleh orang ya GanSis, dan ternyata kolam renang yang banyak mengandung air kencing yang berraksi dengan kaporit di dalamnya itu juga sangat berbahaya bagi penggunanya.

Apa sih bahayanya?


1. Mata Merah atau Iritasi
Mata merah dan iritasi itu setelah berenang alasannya adalah karena terkena air kencing yang bercampur dengan kaporit, rasa gatal pada mata setelah berenang itu dapat menjadi salah satu efek atau dampak ringannya.

2. Penyakit Kulit
Sakit kulit seperti gatal-gatal dan beberapa jenis penyakit kulit lainnya juga dapat terjadi karena berenang di kolam renang yang banyak mengandung air kencing GanSis, apa lagi jika Agan dan Sista terlalu sering berenang di kolam renang umum.

3. Asma
Di dalam kolam renang yang mengandung banyak kaporit yang bereaksi dengan air kencing juga dapat menimbulkan senyawa sianogen klorida, dimana senyawa ini akan menyebabkan seseorang memiliki masalah pernapasan seperti asma dan sejenisnya.

sumber gambar

Itulah GanSis bahaya kencing di kolam renang baik untuk diri sendiri dan orang lain. Sebab itulah ada larangan untuk tidak kencing di kolam-kolam renang yang diperuntukkan bagi umum.

Agan dan Sista masih sering kencing di kolam renang enggak nih?
Kalau masih tolong berhenti sedari sekarang ya!

Oke, itulah sekilas bahasan tentang fakta bau kaporit yang menyengat di kolam renang. Semoga menjadi penambah wawasan dan pengetahuan bagi kita semua.

Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar & video
1, 2, 3, 4
emineminna
jiresh
Aramina
Aramina dan 15 lainnya memberi reputasi
16
9K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.