• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Cara Memilih Oli Mesin Mobil Sesuai Dengan Karakteristiknya

d3r1ramoAvatar border
TS
d3r1ramo
Cara Memilih Oli Mesin Mobil Sesuai Dengan Karakteristiknya

Cara memilih oli mesin mobil tidak bisa sembarangan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat menemukan oli yang tepat untuk kendaraan Anda. Oli mesin menjadi salah satu komponen penting yang tidak bisa ditinggalkan. Fungsi dari komponen yang satu ini mampu membersihkan kotoran di dalam mesin. Bahkan mampu mencegah terjadinya karat pada komponen kendaraan. Untuk itu, Anda perlu tahu bagaimana cara memilih agar bisa berfungsi dengan baik.


Cara Memilih Oli Mesin Mobil yang Bagus

Oli adalah salah satu komponen yang berfungsi cukup penting untuk kendaraan. Maka dari itu, jangan sampai salah dalam memilihnya. Memilih oli yang kurang tepat justru akan membuat kendaraan tidak nyaman. Hal ini juga bisa dilihat dari getaran suara yang dihadirkan oleh mesin kendaraan. Untuk itu, pilih oli mesin yang tepat untuk kendaraan Anda.

Kekentalan Oli

Cara memilih oli mesin yang tepat untuk kendaraan Anda yaitu dari sisi kekentalannya. Karakter oli pada setiap mobil berbeda-beda meski fungsinya sama. Jika salah memilih kekentalan oli, maka mesin akan tidak terlindungi dengan baik. Cara membedakannya tampak dari kekentalan oli yang diatur pada Society of Automotive Engineer(SAE).

Karakter Mesin

Untuk langkah selanjutnya dalam memilih oli mesin yang tepat yaitu dari karakter mesin kendaraan itu sendiri. Anda perlu tahu spesifikasi mesin dan jenis oli yang pas. Dengan adanya prosedur yang ada menjamin mesin kendaraan akan tetap dalam keadaan bagus. Hindari pemilihan oli berdasarkan mereknya saja. Anda perlu tahu komposisi standar terlebih dulu.

Hindari Oli Palsu

Saat ini sudah banyak ketersediaan oli dengan berbagai merek tertentu. Semakin banyaknya oli mesin yang dijual belikan Anda harus bisa memilih secara selektif. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari oli palsu. Jangan sampai Anda tergiur harga murah dengan bau oli yang tengik seperti bekas pembakaran. Apalagi ciri-ciri lain ketika diusap oli akan terasa kasar. Untuk itulah Anda perlu tahu bagaimana cara memilih oli mesin mobil yang tepat sesuai karakter kendaraan.
0
1.1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.