• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Rayakan Merdeka From Home, Yuk Nonton 4 Film Tentang Kemerdekaan Ini, GanSis!

yourkiveAvatar border
TS
yourkive
Rayakan Merdeka From Home, Yuk Nonton 4 Film Tentang Kemerdekaan Ini, GanSis!


Film bertema kemerdekaan adalah salah satu film yang menarik untuk kembali ditonton saat kita memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang selalu diperingati setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya.

Masih dalam suasana pandemi, sama seperti di tahun 2020 lalu, kita terpaksa harus merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di rumah saja, nih. Maka dari itu, TS mau kasih rekomendasi film-film bertema kemerdekaan yang bisa Agan dan Sista nikmati di rumah bersama dengan keluarga.

Langsung kita bahas, ya!

Jenderal Soedirman (2015)

Cast: Adipati Dolken, Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Baim Wong




Film yang pertama adalah film yang menyoroti perjuangan jenderal besar Indonesia yaitu Jenderal Soedirman. Film ini tayang di bioskop Indonesia pada tanggal 27 Agustus 2015, 10 hari setelah Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke 70.

Dalam film ini, penonton diajak untuk menonton perjalanan Jenderal Soedirman demi kebebasan bangsa Indonesia dari jerat para penjajah, yang saat itu adalah pihak Belanda. Presiden Soekarno dan Bung Hatta saat itu ditangkap dan dibawa ke Pulau Bangka, sementara Jenderal Soedirman masih harus berjuang dengan taktik gerilya sambil melawan penyakit paru-paru yang dia derita saat itu. 

Film ini berhasil meraih total 82.776 penonton dalam satu pekan setelah perilisannya. Keren, ya?

Battle of Surabaya (2015)

Cast: Ian Syahbani, Maudy Ayunda, Reza Rahadian, Jason Williams




Meski film yang satu ini adalah sebuah film animasi alias film kartun, tapi GanSis gak boleh skip film ‘Battle of Surabaya’, loh! Kenapa? Soalnya, lewat film ini, kita diberi gambaran, seperti apa sih peperangan yang terjadi di Surabaya, dan bagaimana para pahlawan berjuang demi mendapatkan kebebasan dari penjajah.

Film yang sarat akan pesan perjuangan dan cinta tanah air ini mengambil latar tahun 1945, saat Indonesia mengalami pertempuran hebat yang puncaknya terjadi pada tanggal 10 November 1945. Adalah Musa, seorang anak yang dipercaya menjadi seorang kurir yang menyampaikan pesan-pesan rahasia dan menjadi penghubung antara para pejuang kemerdekaan. 

Film ini berhasil menyabet berbagai penghargaan bergengsi, loh! Beberapa di antaranya adalah, ‘Best Animation’ dari Amsterdam International Film Festival 2018, European Cinematography Awards 2018, dan Berlin International Film Festival 2017. 

Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Cast: Ario Bayu, Lukman Sardi, Tanta Ginting, Tika Bravani




Buat GanSis yang ingin menonton film yang menyoroti kehidupan perjuangan presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, kalian boleh nonton film yang satu ini. Film yang satu ini menceritakan perjuangan Bung Karno yang benar-benar mencintai tanah airnya sejak masih kecil, hingga dia berhasil mewujudkan impiannya untuk membuat Indonesia merdeka.

Film ‘Soekarno: Indonesia Merdeka’ ini berhasil meraih penghargaan di ajang Festival Film Indonesia 2014 untuk kategori Tata Busana Terbaik, Editing Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, dan Tata Artistik Terbaik.

Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018)

Cast: Ario Bayu, Adinia Wirasti, Marthino Lio




Film dengan genre kolosal ini membawa penonton untuk melihat kehidupan sosok Sultan Agung yang diperankan oleh Ario Bayu. Dia terkenal sebagai sosok ambisius dan pemberani setelah keputusannya untuk menyerang kelompok VOC di Batavia (nama Jakarta saat itu). 

Sebagai penerus ayahnya, Sultan Agung yang dulunya dikenal dengan nama Raden Mas Rangsang dinobatkan sebagai pemimpin dalam usia muda. Sebagai seorang Sultan, dia harus menyatukan seluruh adipati-adipati lain di Tanah Jawa yang tercerai berai akibat gerakan politik yang dilakukan oleh VOC.

Film yang tayang di tahun 2018 ini menyoroti kehidupan seorang pemimpin yang harus memilih antara perjuangan dan cinta sejatinya. Sayang banget deh kalau dilewatkan!

Itulah 4 film kece buat menemani Gan Sis di rumah bareng keluarga saat Hari Kemerdekaan esok hari! Sampai ketemu di thread ane selanjutnya, ya!






Diubah oleh yourkive 16-08-2021 12:01
emineminna
tantarareview
tantarareview dan emineminna memberi reputasi
2
1.9K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.