Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bajer.dinar212Avatar border
TS
bajer.dinar212
Evakuasi Dramatis Tim Robotika Putri Afghanistan dari Kabul



Jakarta - Afghan Dreamers, tim robotika putri Afghanistan yang kesulitan keluar dari negara ketika Taliban berkuasa, akhirnya bisa dievakuasi dengan selamat. Mereka kini selamat di Qatar.
Sebelumnya, sembilan anggota Afghan Dreamers ini harus berjuang berhari-hari agar dapat dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Mereka memohon kepada Pemerintah Kanada, khususnya ditujukan Perdana Menteri Kanada Justi Trudeau, tetapi Qatar yang pada akhirnya mau menerima para talenta teknologi ini.

Dalam sebuah pernyataan organisasi tim induk, Digital Citizen Fund (DCF), seperti dikutip dari BBC, Sabtu (21/8/2021) Afghan Dreamers meminta bantuan Pemerintah Qatar sejak 12 Agustus, tiga hari sebelum Ibu Kota Kabul jatuh ke tangan Taliban.

"Ketika kami mendengar bahwa Kabul akan jatuh, kami menghubungi kementerian (luar negeri Qatar) dan mereka segera mempercepat visa untuk mengevakuasi mereka (Afghan Dremers-red)," ujar Anggota Dewan DCF, Elizabeth Schaeffer Brown.

Kini, Afghan Dreamers yang rata-rata berusia 15-19 tahun ini sudah berada di Doha, Qatar. Tidak hanya anggota tim, seorang guru yang mendampingi mereka juga turut diangkut dari Kabul yang kondisinya semakin memburuk.

"Mereka merawat Afghan Dreamers dengan sangat baik. Penerbangan keluar dari Kabul hanyalah akhir dari perjalanan di mana keselamatan menjadi perhatian," tutur Elizabeth.

Belum diketahui bagaimana ke depannya perjalanan Afghan Dreamers usai dievakuasi. Tetapi, sejumlah universitas di seluruh dunia, termasuk beberapa di Amerika serikat menawarkan beasiswa kepada tim robotika ini.

Afghan Dreamers menjadi pemberitaan besar di 2017, saat mereka dilarang masuk ke AS, sebelum akhirnya menyabet medali perak di kompetisi robotika FIRST Global Challange di Washington, AS.

Afghan Dreamers telah menghasilkan sejumlah penemuan unik sejak empat tahun lalu. Inovasi yang mereka buat di antaranya termasuk ventilator murah yang dioperasikan dengan tangan untuk pasien COVID-19. Ventilator ini memanfaatkan suku cadang bekas mobil Toyota Corolla tua.


Sumber: https://inet.detik.com/science/d-569...tan-dari-kabul
indrastrid
b.omat
patsy76
patsy76 dan 7 lainnya memberi reputasi
4
2.7K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.2KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.