Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

belita.lukoAvatar border
TS
belita.luko
Penduduk Afghanistan Tuduh Pemerintah Jual Mereka ke Taliban



KABUL, KOMPAS.com - Penduduk di ibu kota provinsi Herat dan Kandahar tidak percaya betapa cepat kedua kota itu jatuh di tangan Taliban dalam beberapa pekan saja.

"Mereka benar-benar menjual kami, tidak ada perlawanan dari pemerintah," ujar seorang penduduk perempuan Kandahar kepada Al Jazeera sambil meneteskan air mata pada Kamis malam waktu setempat (12/8/2021).

“Saya tidak pernah membayangkan bahwa Kandahar akan direbut dengan begitu mudah,” katanya menggemakan sentimen yang dibuat oleh warga Afghanistan di seluruh negeri ketika Taliban semakin agresif merebut wilayah demi wilayah setelah penarikan pasukan AS pada Mei.

Seorang pendukung milisi anti-Taliban lokal yang dikenal sebagai “kekuatan pemberontakan” di kota barat Herat sependapat dengan pernyataan tersebut.

"Faktanya bahwa semua tempat ini telah diserahkan kepada (Taliban), Kabul dan Mazar-i-Sharif akan menjadi (sasaran) selanjutnya," ujarnya.

Taliban telah menguasai 18 dari 34 ibu kota provinsi Afghanistan sejak 6 Agustus, seperti yang dikutip dari Al Jazeera pada Jumat (13/8/2021).

Dalam sepekan sejak Taliban mengambil ibu kota provinsi pertamanya, tidak ada pejabat pemerintah, termasuk Presiden Ashraf Ghani, yang secara terbuka mengakui kehilangan satu provinsi.

Bagi banyak orang, serangan beruntun di Kandahar dan Herat pada Kamis (12/8/2021), kota terbesar kedua dan ketiga di negara itu, merupakan titik balik dalam pertempuran Taliban-pemerintah Afghanistan yang semakin sengit.

"Saya masih tidak percaya bagaimana ini terjadi," ujar pegawai pemeirntah dari Herat yang saat ini tinggal di Kabul.

Ada juga penduduk Afghanistan yang ingin tahu sebenarnya apa yang terjadi secara resmi di hari pertama perebutan wilayah Herat dan Kandahar.

Seorang warga di Herat mengatakan bahwa pada Jumat pagi waktu setempat (13/8/2021), orang-orang keluar untuk “melihat Taliban”.

Video online menunjukkan keramaian orang berkumpul di jalan-jalan untuk melihat sekilas kelompok yang belum pernah mereka lihat di kota itu selama 20 tahun.

Di Kandahar, seorang pemuda berusia 20-an mengatakan kelompok itu dalam suasana perayaan, menembakkan peluru ke udara untuk menandakan keberhasilannya.

Seorang jurnalis di Kandahar mengatakan perayaan itu tidak berlangsung lama, dan kelompok itu segera mulai mengganggu warga dan menggerebek rumah-rumah.

“Mereka pergi dari rumah ke rumah menanyakan siapa yang tinggal di sana, dan apakah ada yang merupakan bagian dari pasukan keamanan atau pemerintah di sana,” kata jurnalis itu.

Dia menambahkan bahwa mereka datang ke rumah keluarganya mengira seorang wakil pemerintah tinggal di sana.

Dia sekarang bersembunyi di bagian lain kota, takut akan menjadi target karena ia bekerja di sebuah toko dekat pangkalan pasukan asing sebelum bekerja di media.

Pencarian ini telah membawa kembali ingatan tidak hanya tentang pemerintahan 5 tahun Taliban, tetapi juga praktik komunis yang menggerebek rumah-rumah penduduk untuk mencari bukti apa pun yang akan dianggap memberatkan oleh pemerintah Marxis pada 1970-an.

“Paman saya memberi tahu kami untuk menyembunyikan apa pun yang memprovokasi mereka, karena mereka memeriksa rumah dan terus memeriksa rumah lain,” kata seorang pemuda di Kandahar yang mengatakan bahwa keluarganya hanya berusaha untuk tidak menarik perhatian.

Seorang warga mengatakan kelompok itu menggeledah rumah mereka dan menyita semua senjata dan kendaraan.

Penduduk Kandahar yang berbicara kepada Al Jazeera mengatakan penggerebekan sebagian besar difokuskan pada orang-orang yang dicurigai sebagai bagian dari pemerintah.

Namun, orang-orang yang tinggal di sekitar target potensial juga khawatir rumah mereka akan digeledah.

“Saya merasa mereka memiliki intelijensi yang sangat kuat dan daftar aktualnya,” kata seorang warga yang tidak meninggalkan rumah mereka di kota karena takut memicu kemarahan kelompok tersebut.

Penduduk muda Kandahar lainnya menggambarkan aksi Taliban dengan singkat dan padat, "Mereka adalah Taliban yang sama yang telah saya kutuk sepanjang hidup saya."

Di Herat, cerita serupa juga terjadi. Setelah perayaan singkat, kelompok bersenjata itu mulai mencari orang-orang yang dilaporkan masuk dalam daftar orang-orang berpengaruh dan pegawai pemerintah.

Seorang politisi yang tinggal di Kabul, jauh dari keluargnya di Herat, mengatakan khawatir kelompok milisi tu akan menemukan keluarganya di kota dan mengincar mereka.

“Sepanjang malam, yang bisa saya pikirkan hanyalah rumah kami, ayah saya, ibu saya, bagaimana jika mereka diambil karena saya?” ujarnya.

Aksi kelompok milisi Taliban di kota mencerminkan apa yang terjadi di distrik-distrik beberapa pekan sebelumnya, bahkan mereka yang ingin melarikan diri pun tidak dapat melakukannya.

Penerbangan masuk dan keluar dari Kandahar dan Herat telah dihentikan, tanpa tanggal untuk dipulihkan.

Menjelang malam, Taliban kembali dengan semangat gembira saat merayakan kemenangan di Kandahar dengan di udara.

https://www.kompas.com/global/read/2...liban?page=all

Suasana kemenangan taliban, sangat terasa di kabul, semua penduduk afghanistan terlihat gembira, dan bersyukur

Gelombang kegembiraan terlihat mulai dari bandara hingga ke jalanan kota kabul emoticon-Selamat

Parade kebahagiaan di bandara :

{thread_title}



Pasukan terjung tanpa payung :



Terlihat seseorang penduduk afghan yang terjun bebas dari pesawat dalam luapan kegembiraan yang luar biyasah emoticon-Peluk

{thread_title}



Suasana meriah sukacitatah juga menyelimuti jalanan kota kabul, terlihat wajah2 jenggotan yang tersenyum bahagia penuh euforia emoticon-Angel

{thread_title}


Terlihat manfaat kursus jadi moderat di Indonesia, taliban tidak lagi memakai pisau pendek untuk memotong leher dengan gaya gergaji, ngek ngok ngek ngok hingga kepala lepas, tapi dengan pistol di belakang kepala, seperti hukuman koruptor di China,Subhan'Allah emoticon-Angel

Kebetulan ane juga ikut parade di bandara,ini foto ane, tapi ane tidak loncat bebas emoticon-Cool

inisayaikutparade.jpg

the good news is :

Berhubung urusan Syria sudah tuntas, maka Ribuan palaktullah ISIS dan Al-Qaeda yg dibebaskan Taliban, ingin berbagi kebahagiaan serupa ke Asia Tenggara emoticon-Angel

Untungnya Indonesia sebagai negara kepulauan, punya ratusan pesisir, dengan total coastlines sepanjang 81000 km, sehingga tidak sanggup semuanya dijaga oleh armada laut kitak2 emoticon-Toast

Armada kitak2 hanya patroli harian, dengan jadwal dan rute laut yang sering bocor (kalau tidak selalu bocor) ke pihak ketigak emoticon-Shakehand2

Ada banyak jalur laut ke sungai ke darat yang bisa digunakan untuk mencapai kota2 di sumut tanpa perlu melalui Belawan, jalur2 yang selama ini dimanfaatkan oleh penyelundup narkoba, penyelundup pakaian bekas, imigran gelap, senjata api,milisi palaktullah,dll

Dengan dukungan sarana dan prasarana di Medanistan,seperti roda ekonomi jihadist finances yg meliputi premanisme (palak parkir, spsi,keamanan,dll), amal (yayasan amal,koperasi, sodaqoh lampu merah, sodaqoh anak yatim, infaq,dll), duit online (ecommerces yg CEO nya aliran palaktullah,cashbacks, pinjol,et cetera), duit narkoba, duit black markets,duit ormas okp, duit mosques tanpa IMB, santri2 pinggir rel dan pinggir kali, para palaktullah ISIS dan Al Qaeda bisa mendapat sambutan hangat dan dukungan operasional yang sangat memadai emoticon-Selamat

BTW jangan lupa, fakta bahwa emoticon-Sundul Up




Berhubung ane juga lagi ikut gembira, mari kita nge rap bersama Daddy Luko emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio

Kaffir,kaffir whatcha gonna do?
Whatcha gonna do when they come for you?
Kaffir,kaffir whatcha gonna do?
Whatcha gonna do when they come for you?

They're gonna pillage your house
They're gonna rape your sister
they're gonna burn your church
they're gonna behead your fam's

Kaffir,kaffir whatcha gonna do?
Whatcha gonna do when they come for you?
Kaffir,kaffir whatcha gonna do?
Whatcha gonna do when they come for you?

they chuck it on that one
they chuck it on this one
they chuck it on your mother
And they chuck it on your father

they chuck it on your brother
And they chuck it on your sister
they chuck it on that one
And they chuck it on meeeeeeee!

Kaffir,kaffir whatcha gonna do?
Whatcha gonna do when they come for you?
Kaffir,kaffir whatcha gonna do?
Whatcha gonna do when they come for you?

Why did you have to act so cringy?
Don't you know you're human being?
Born of a mother with the love of a father
Reflections come and reflections go

Kaffir,kaffir whatcha gonna do?
Whatcha gonna do when they come for you?
Kaffir,kaffir whatcha gonna do?
Whatcha gonna do when they come for you?


*1000% pure plagiarism emoticon-Ngacir

TALIBAN IS COMING TO YOU LALALALALA


Diubah oleh belita.luko 18-08-2021 17:29
necromongers
jenggalasunyi
rakun.jancuk
rakun.jancuk dan 38 lainnya memberi reputasi
29
9.5K
155
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.