uncleahtongAvatar border
TS
uncleahtong
Asal-usul Perwayangan Dan Jenis-jenis Nya. Ternyata...
Asal-usul wayang kulit sebenarnya memiliki 4 teori besar. Seperti klaim bahwa wayang berasal dari India. Mereka yang berkesimpulan teater wayang berasal dari India yaitu R Pichel, Poensen, Goslings, dan Rassers.

Quote:


Lalu teori asal usul wayang dari Jawa (Indonesia). Para peneliti yang meyakini hipotesa itu ialah JLA Brandes, GAJ Hazeu, J Kats, Anker Rentse, dll.

Ketiga ada klaim bahwa asal usul wayang merupakan perpanduan antara Jawa dan India. Sebutlah J Krom dan WH Rassers, misalnya, tiba pada kesimpulan hipotetif tersebut.

Lalu yang terakhir klaim wayang berasal dari Cina. Peneliti yang tiba pada kesimpulan itu ialah G Schlegel.

Jadi memang masih banyak diperdebatkan. Dan hal yang mendasari asal-usul klaim wayang kulit dari Indonesia adalah adanya Prasasti Mantyasih, atau disebut juga Prasasti Balitung.

Jadi sebenarnya keputusan UNESCO menetapkan bahwa wayang sebagai tradisi mendongeng kuno ialah berasal dari Indonesia--bisa jadi bukanlah soal fakta dan kepastian historis yang absolut.

Quote:


Melainkan justru lebih didasarkan pada fakta keragaman manifestasi seni pertunjukan tradisional tersebut di Indonesia.

Pasalnya keragaman wujud wayang itu sendiri, selain mencerminkan panjangnya proses evolusinya di Indonesia selama ini, juga sekaligus memperlihatkan adanya signifikansi makna yang mendalam dalam alam pikiran masyarakat khususnya Jawa.

Ya, panjangnya periode waktu keberadaan wayang di Indonesia ini tecermin kuat dari adanya keragaman jenis atau model wayang, aneka cerita atau lakon, dan cara pementasan dan bahasa.

Quote:


Adanya keragaman manifestasi seni wayang ini terang memperlihatkan dunia wayang sejatinya telah mandarah daging sebegitu rupa dalam kebudayaan masyarakat, dan barangkali saja itulah dasar dari kesimpulan UNESCO mencatat wayang sebagai asli Indonesia.

Sampai pada akhirnya pada 7 November tahun 2003 Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB melalui Badan Pendidikan dan Kebudayaan UNESCO menetapkan wayang asli Indonesia sebagai warisan budaya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur atau (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).
emoticon-Jempol

Sumber Referensi:

[1] Indonesia.go. id. 2019. Keragaman Wayang Indonesia. Diakses pada 11 Juli 2020, dari https: //indonesia.go. id/ragam/seni/seni/keragaman-wayang-indonesia

[2] "Prasasti Mantyasih". Wikipedia. Diakses pada 11 Juli 2020

Sumber gambar:
google.com
kutu_kucing
yusuf2210
protradersignal
protradersignal dan 44 lainnya memberi reputasi
45
6.2K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.