syarif.abdullahAvatar border
TS
syarif.abdullah
ERAA Berhasil Tingkatkan Laba Bersih Hampir 5x Lipat Sepanjang Semester 1 Tahun 2021
Kaskus.co.id, Jakarta, 16 Agustus 2021 – PT Erajaya Swasembada, Tbk. (ticker code: ERAA. IJ), salah satu  perusahaan distributor dan retail handset terbesar di Indonesia telah merilis laporan keuangan untuk periode semester pertama 2021. Perseroan berhasil melanjutkan trend pertumbuhan dengan meningkatnya penjualan bersih sebesar 47,6% YoY dan berhasil mencatat peningkatan laba yang signifikan sebesar Rp 558,5 miliar (+392,4% YoY). 

Berdasarkan rilis resmi yang diterima oleh tim KASKUS, beberapa ringkasan kinerja keuangan ERAA periode semester pertama 2021 sebagai berikut:
Pertumbuhan penjualan sebesar 47,6% YoY dari Rp 14,5 triliun per 1H 2020 menjadi Rp  21,4 triliun per 1H 2021 
Pertumbuhan margin kotor perusahaan dari 9,2% per 1H 2020 menjadi 10,2% per 1H Pertumbuhan laba tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar  392,4% YoY dari Rp113,4 miliar per 1H 2020 menjadi Rp558,5 miliar per 1H 2021 


Hasan Aula, Wakil Direktur Utama
PT Erajaya Swasembada Tbk, mengatakan, “Sepanjang semester 1 tahun 2021ini kami berhasil menjaga momentum kinerja Perseroan dengan  keberhasilan meningkatkan laba Perseroan hampir 5x lipat dibanding semester 1 tahun 2020 lalu,  dimana kita mencatat Rp 558,5 miliar laba di semester 1 2021 ini. Penjualan juga dapat kita  tingkatkan menjadi Rp 21,4 triliun di semester 1 tahun 2021, meningkat 47,6% dibanding periode  yang sama tahun lalu. Pencapaian yang luar biasa ini adalah hasil kerja keras dari seluruh tim yang  menerapkan strategi yang tepat sasaran untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada  pelanggan.
Beragam produk-produk baru juga bermunculan dan sangat diterima oleh konsumen  berkat teknologi terbaru dan unggulan dimana kebutuhan handset dan produk pendukung lainnya  menjadi sangat penting untuk mendukung kegiatan selama masa pembatasan aktivitas yang  terjadi. Di tahun 2021 ini, dengan mulai kembali bukanya jaringan toko-toko kami, masih dapat  kita lihat banyaknya pelanggan yang tetap menyukai bertransaksi di toko, karena ada keinginan  untuk melihat, mencoba dan merasakan serta mendapatkan pengalaman berbelanja yang  memuaskan langsung dari
sales specialist kami. Hal ini tentu saja mendorong kinerja Perseroan  secara keseluruhan.” 




Secara umum, pandemi dan pembatasan aktivitas di berbagai wilayah di Indonesia dengan jangka  waktu yang tidak singkat, menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis termasuk Erajaya. Namun  tantangan ini berhasil dirubah menjadi opportunity untuk tetap memberikan layanan dan produk  unggulan melalu beragam strategi seperti: 

- Mobile Shopping: memberikan promo terbaru dan terbaik melalui e-catalog dan  memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memesan via chat Whatsapp center
- Home Delivery Service/EraXpress: layanan delivery yang dilakukan oleh pihak Erajaya 
dalam waktu 3 jam dan gratis ongkir untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam  mendapatkan produk yang diinginkan tanpa perlu keluar rumah 
- Omni-Channel: layanan berbasis O2O (online to offline maupun sebaliknya) yang  memberikan kebebasan bagi pelanggan untuk memesan produk  

- Online promotion & exhibition: secara agresif melaksanakan berbagai event promosi melalui online platform www.eraspace.com  maupun bekerja sama dengan e-commerce  marketplace di Indonesia untuk menawarkan produk unggulan dengan penawaran menarik.
Strategi ini didasarkan pada komitmen Erajaya untuk mengutamakan kepuasan pelanggan dan  memberikan customer journey yang positif, lewat semua channel yang dipilih oleh pelanggan  baik online maupun offline. Komitmen Erajaya dengan berupaya meningkatkan jaringan toko ritel kembali dilakukan di tahun  2021. Per 30 Juni 2021, Erajaya telah memiliki toko ritel sebanyak 1.067 toko dengan 88 titik  distribusi, serta kerjasama dengan lebih dari 64.000 reseller di wilayah Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Seiring dengan ekspansi footprint ini, management juga terus memonitor  perkembangan dan dampak pandemi, dan akan terus melakukan penyesuaian akan strategi bisnis  ke depannya, sesuai dengan kebutuhan. 

Salah satu strategi dalam melakukan ekspansi jaringan, Erajaya memperkenalkan Erafone Cloud  Retail Partner, yang merupakan gerai Erafone yang dimiliki oleh investor perorangan, namun di  kelola dan dioperasikan sepenuhnya oleh tim Erafone. Seluruh produk gadget, aksesoris dan  ekosistem yang di jual di gerai ini adalah portofolio yang lengkap, produk yang orisinil dan  bergaransi resmi, seperti layaknya dijual di outlet Erafone lain. Ini merupakan inovasi terbaru dari  pengembangan jaringan toko Erafone dengan konsep kemitraan kepada investor perorangan untuk menjadi bagian dari keluarga dan kisah sukses Erajaya, dengan tingkat risiko yang minim,”  tutup Hasan Aula.


Diubah oleh syarif.abdullah 16-08-2021 05:55
0
2.1K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.