masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Banyak Kasus Anak Gugat Orang Tua, Kemerosotan Moral ataukah Trend? Miris!
Bagai hamba lupa Tuhannya kian marak anak tuntut orang tua karena hal sepele!
Ini kemerosotan moral atau trend?


Orang tua, bagi anak yang memiliki akal dan pikiran normal tentu mereka akan dianggap sebagai wakil Tuhan di dunia. Orang tua memberikan kehidupan kepada anak-anaknya dengan segala bentuk perjuangan dan pengorbanan, bahkan tanpa memikirkan perasaan letih, lelah, atau terhina.

Terlahir dan tumbuh besar dari perjuangan orang tua tentu sebagai seorang anak memiliki kewajiban untuk berbakti dan patuh kepada orang tua, menyayangi mereka selagi ada, berbalas budi atas masa kecil yang dimanja. Tapi apa faktanya? Semakin modernnya zaman semakin banyak orang tua yang diperbudak oleh anak bahkan dituntut oleh anak kandung sendiri dengan alasan yang sangat sepele dan tergolong tidak pantas untuk diributkan antara anak dan orang tua.

Pasti Agan dan Sista sendiri sering melihat dimana akhir-akhir ini banyak diberitakan di media sosial dan televisi dimana kasus orang tua dituntut oleh anak kandungnya karena masalah rebutab warisan dan perselisihan tanah. Apakah orang tua tidak lebih berharga dari satu petak tanah?




Di thread kali ini ane tidak ingin membahas tentang satu kasus anak menuntut orang tua GanSis melainkan ingin mengajak kita sadar apa saja jasa orang tua yang seharusnya kita pikirkan saat hendak melakukan tindakan bodoh menuntut orang tua dengan tuntutan hukum, wajar ane bilang tindakan tersebut sebagai tindakan bodoh karena tidak ada orang pandai yang menuntut orang tuanya sendiri.

Agan dan Sista bisa menyebutkan beberapa kebaikan yang telah diberikan oleh orang tua GanSis kepada Agan dan Sista?
Sedikit di antaranya akan ane sebutkan di bawah ini!


1. Melahirkan dan Membesarkan
Melahirkan dan membesarkan anak memang adalah kewajiban dari para orang tua, anak pun juga tidak meminta untuk dilahirkan dan dibesarkan sesuai dengan alasan banyak anak-anak durhaka yang ingin membenarkan tindakan mereka menyakiti oranv tua mereka sendiri.

Namun ibarat kata manusia terlahir dibekali pikiran normal tentu seorang manusia harus sadar tentang balas jasa entah kepada siapapun yang telah berbuat baik kepadanya, termasuk kepada orang tua mereka masing-masing.

2. Mendidik
Berkat orang tua seorang anak bisa berbicara, belajar dari setiap kata yang dibicarakan dan dikatakan oleh ibunya, berjalan dari titahan tangannya, dan bermain dengan mainan bagus dari uang yang didapatkan oleh ayahnya.
Berapa kisaran uang jika mendidik dan membesarkan anak dinominalkan?
Pastinya tuntunan anak dari sepetak tanah yang dituntutkan tidaklah lebih besar dari total tuntutan anak, dan ini harus diperhitungkan oleh anak-anak durhaka yang tidak berpikir jauh saat menuntut orang tuanya.

3. Membela
Apakah Agan dan Sista pernah dibela oleh orang tua di masa kecil?
Lantas pantaskah Agan dan Sista menuntut orang tua yang telah membela GanSis di masa dewasa?
Pastinya tindakan ini tidak benar, di masa dewasa seharusnya GanSis harus membalas jasa untuk kembali membela orang tua di masa tua, dan bukan sebaliknya.



Apakah menuntut orang tua ini menjadi trend di era modern ini?
Tentu saja sangat tidak pantas ya GanSis saat menyakiti orang tua dengan menuntutnya ini dijadikan trend, fenomena ini lebih pantas dianggap sebagai kemerosotan moral dan hilangnya hati nurani.

Seharusnya seburuk apapun orang tua dalam mendidik dan membesarkan anak, atau sesalah apapun orang tua dalam membagi hak waris untuk anak, tidak lah pantas seorang anak menuntut orang tuanya. Mungkin Agan dan Sista harus kembali diingatkan tentang ridho Allah atas keridhoan orang tua, dan jika seorang anak kehilangan keridhoan dari orang tuanya maka siap-siap hilangnya keridhoan dari Tuhannya.

Oke GanSis mari kita belajar dari kejadian ini untuk kembali pada norma dan moral yang seharusnya. Jangan menjadi anak durhaka hanya karena sejengkal tanah yang tidak seberapa.

Terima kasih untuk Agan dan Sista yang telah singgah dan sampai jumpa di thread ane yang lain.


sumber gambar

Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
verdandigr
dasiemsidas
lutfigilang01
lutfigilang01 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
5.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.