Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mbak.farAvatar border
TS
mbak.far
Yuk, Ngobrolin 3 Tumbuhan yang Barangkali Belum GanSis Tahu!

kompas.com


Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang keberadaannya penting bagi bumi, hewan, serta umat manusia.

Manfaat tumbuhan bagi kehidupan sangatlah banyak, misalnya dapat membantu penyerapan air hujan, menghasilkan oksigen, dikonsumsi, dan lain-lain.

Tuhan telah menciptakan berbagai macam jenis tumbuhan yang unik-unik, dan barangkali ada beberapa yang belum kita tahu.

Untuk itu, di threadkali ini mari kita membahas 3 tumbuhan unik yang barangkali belum GanSis tahu.

Check this out!!


1. Kantong Semar


indozone.id

Ane hanya sering mendengar tentang tumbuhan bernama Kantong Semar, tetapi untuk melihat langsung, seumur hidup belum pernah. Bagaimana dengan GanSis?

Kabarnya, tanaman yang memiliki nama latin Nepenthes Clipeata yang hanya ada di Indonesia ini memang terancam punah, dan jadi prioritas konservasi, tetapi sayangnya memang sulit dibudidayakan sebab membutuhkan suhu serta unsur tanah spesifik sesuai habitat aslinya.


Kantong Semar, dari namanya bisa kita tebak, jika tanaman yang hidupnya dengan cara menempel di batang pohon tersebut memiliki kantong.

Yup, kantong pada Kantong Semar berfungsi untuk menjebak dan menangkap hewan buruannya berupa serangga atau hewan-hewan kecil.

Untuk menarik perhatian mangsa incaran, Kantong Semar akan menghasilkan lapisan yang sangat licin mirip lilin. Lapisan tersebut yang bisa membuat serangga terpeleset dan tergelincir, sehingga tidak bisa melarikan diri dari cengkeraman si kantong semar.

Kantong Semar hidup di tempat yang lembab dan minim cahaya, sehingga tumbuhan ini membutuhkan nitrogen yang bisa didapat dari serangga maupun hewan kecil.

Karena makanan tumbuhan ini adalah serangga dan hewan kecil lainnya, maka tumbuhan ini tergolong jenis tumbuhan karnivora alias pemakan daging. Unik, bukan?



2. Udumbara


idntimes.com

Tumbuhan unik berikutnya yang mungkin belum pernah GanSis tahu adalah Udumbara atau Youtan Polua, yang dalam Bahasa Sansekerta berarti bunga dari surga.

Masuk dalam deretan tumbuhan yang unik dan legendaris, menurut ane, sebab bunga yang sangat wangi tersebut tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, dan harus menggunakan kaca pembesar agar dapat melihat keindahannya saat mekar.

Yang lebih unik lagi, dan barangkali menjadi alasan mengapa mungkin banyak orang belum mengetahuinya adalah sebab bunga yang dapat bertahan hidup di mana saja, seperti di permukaan kayu, kaca, bahkan logam ini, hanya mekar setiap 3.000 tahun sekali, wow.

Periode mekar dari bunga yang dapat bertahan hidup ribuan tahun tersebut bisa berlangsung hingga 1 tahun, lho.

Apakah GanSis pernah menemukan bunga dari surga yang unik ini?



3. Hemlock Water Dropwort


first-nature.com

Ada enggak, sih, tanaman yang beracun dan bisa membahayakan manusia?

Ternyata ada, GanSis, jika kita telusuri ada beberapa jenis tanaman yang bisa mengancam nyawa manusia dan sebaiknya kita hindari.

Salah satu contohnya adalah Hemlock Water Dropwort atau yang memiliki nama latin Oenanthe Crocata.

Tumbuh di daerah lembab seperti sungai, danau, atau rawa, tumbuhan ini memiliki batang yang tinggi dan berongga, mirip seperti seledri, sehingga tumbuhan ini juga disebut seledri air. Hanya saja, Hemlock Water Dropwort dilengkapi dengan bunga-bunga kecil berwarna putih yang beraroma harum.

Hemlock Water Dropwort menjadi tanaman yang berbahaya dan dapat mengancam nyawa sebab memiliki racun Oenanthotoxin pada akar, serta racun diacetylenic epoxydiol pada biji.

Seorang ahli botani bernama Leif Bersweden sebagaimana dilansir dari National Geographic menyebutkan jika seseorang yang memakan Hemlock Water Dropwort akan mengalami disfungsional tubuh, kejang, dan kematian dalam kurun waktu 24 jam. Sebab, racun-racun dalam tanaman ini bersifat neurotoksik yang menyerang sistem saraf pusat, membuat otot wajah berkontraksi, rahang, terkunci, dan otot-otot pengunyah menjadi tegang. Maka orang yang keracunan tanaman ini bisa meninggal dengan keadaan wajah yang tersenyum.

Bisa dikira mati dalam keadaan melihat bidadari surga, eh, gak tahunya keracunan Hemlock Water Dropwort. Di sinilah uniknya tanaman ini, bisa membuat orang meninggal dengan wajah ceria (baca: tersenyum) hehe.


Di sinilah pentingnya kita mengetahui jenis-jenis tumbuhan. Karena sebagai manusia, beberapa tumbuhan juga biasa kita jadikan bahan makanan. Jika tahu ada jenis tumbuhan yang membahayakan keselamatan, akhirnya kita bisa lebih waspada, tidak asal memetik dan memasaknya atau memberikannya kepada hewan ternak.

Tuhan Yang Maha Kuasa telah menciptakan berbagai macam tumbuhan, pasti ada alasannya, dan seringkali memiliki khasiat yang tak terduga.

Untuk itu, mari lebih banyak mempelajari ilmu tentang tumbuhan, dan jangan lupa merawat agar terus lestari di bumi, bukan malah menghancurkan.
Diubah oleh mbak.far 18-08-2021 13:25
rjet
alfidanger
alii.hasan
alii.hasan dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.3K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.