Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rumahbatamerahAvatar border
TS
rumahbatamerah
RI Belum Merdeka Impor BBM, Padahal Punya Harta Karun Energi!
NEWS - Arif Gunawan, CNBC Indonesia

17 August 2021

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia sudah berusia 76 tahun, atau tiga perempat abad lebih. Duduk di atas cincin api Pasifik, Indonesia diberkahi dengan energi terbarukan yang melimpah. Sayangnya, kedaulatan energi belum sepenuhnya aman karena candu minyak bumi. 
RI Belum Merdeka Impor BBM, Padahal Punya Harta Karun Energi!

[center]Foto: Suasana Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Indonesia masih menghadapi tantangan krusial dalam hal ketahanan energi. Ketergantungan energi fosil (minyak dan batu bara) dinilai kian riskan berdampak pada terancamnya kedaulatan energi nasional, meski kita telah menyatakaan kemerdekaan 76 tahun. 

Kemerdekaan adalah satu hal, yang bisa diproklamirkan. Namun kedaulatan adalah hal lain, yang terus dieja karena merupakan proses yang belum usai. Di tengah usia kemerdekaan Indonesia yang mencapai 76 tahun, bangsa ini terus berjuang mewujudkan kedaulatan energi.

Kedaulatan energi dimaknai sebagai hak negara dan bangsa untuk secara mandiri menentukan kebijakan pengelolaan dan penggunaan energi. Sudah berdaulatkah Indonesia di sektor energi? Pertanyaan ini bakal memicu perdebatan panjang. 

Namun, kita bisa setidaknya mengukurnya dari ketahanan energi, yang memaparkan 5 dimensi: ketersediaan pasokan energi (availability), kemampuan membeli (affordability), dan akses (accessibility) bagi pengguna energi, keberterimaan (acceptability) dan efisiensi (efficiency
). 
Global Energy Institute (GEI), lembaga riset sektor energi di bawah US Chamber of Commerce (Kamar Dagang Amerika Serikat/AS) pada tahun lalu menerbitkan laporan "International Index of Energy Security Risk Index (IESRI): Assessing Risk in Global Energy Market." 

Di dalamnya terdapat analisis mengenai tingkat ketahanan energi negara yang menjadi pemain utama energi dunia, termasuk Indonesia. Di situ, peringkat ketahanan energi Indonesia berada di urutan 9, dari 25 negara pemain energi terbesar dunia.


lebih lengkapnya silakan simak link dibawah ini ;
https://www.cnbcindonesia.com/news/20210817204925-4-269143/ri-belum-merdeka-impor-bbm-padahal-punya-harta-karun-energi


Diubah oleh rumahbatamerah 17-08-2021 16:57
Kev7z
indrastrid
udmin
udmin dan 3 lainnya memberi reputasi
2
2.1K
38
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.