• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pernah Lebih Mahal Dari Emas: Warna Ungu Yang Dianggap Warna Janda Dan Warna Orangtua

meowilaAvatar border
TS
meowila
Pernah Lebih Mahal Dari Emas: Warna Ungu Yang Dianggap Warna Janda Dan Warna Orangtua


Halo agan sista semua.. siapa nih yang sebenernya suka baju atau barang-barang berwarna ungu, tapi malu pakai warna ungu dan malu koleksi barang-barang warna ungu karena disebut-sebut sebagai warna janda atau warna khas orang tua?

Hmm.. Sebenarnya apakah benar warna ungu identik dengan janda atau khas orang tua?Mari kita telusuri.

Awal ditemukanya warna ungu kemungkinan yakni pada peradaban Minoan, di Kreta yang terletak didekat daratan yunani.




Pada zaman dahulu zat pewarna dihasilkan dari bahan-bahan alami. Seperti spesies siput laut Bolinus brandarisyang merupakan spesies Moluska, pada zaman dahulu digunakan sebagai zat pewarna yakni warna ungu, warna ungu dihasilkan dari cairan bening kelenjar hypobrancial yang bening seperti susu, akan tetapi jika terkena udara atau dipanaskan akan berubah menjadi zat pewarna ungu yang kuat dan awet. Dalam bahasa yunani zat pewarna ungu yang dihasilkan dari siput bolinus brandaris disebut juga dengan nama Argaman.




Proses pembuatan zat pewarna ungu tidaklah mudah, karna untuk mendapatkanya harus membuka cangkang keras moluska terlebih dahulu baru mengekstrak lendirnya dan kemudian dipaparkan dibawah sinar terik matahari dalam waktu yang lama. Untuk mendapatkan 1 Gramzat pewarna ungu dibutuhkan kurang lebih 9.000 moluska bolinus brandaris, dan untuk 1 Ons zat pewarna ungu membutuhkan kurang lebih 250.000 moluska bolinus brandaris, wow.. banyak sekali ya gansis..

Karna tingkat kesulitan dan banyaknya bahan pokok yang digunakan sehingga menjadikan warna ungu pada zaman dahulu sangatlah mahal, bahkan lebih mahal dari pada emas lo.. Karena saking mahalnya bahkan dikalangan penguasa pun masih tergolong mahal. Hanya keluarga dari kerajaan dan penguasa kaya raya yang mampu membelinya. Sehingga warna ungu dianggap sebagai warna khas orang dengan status sosial tinggi dan juga identik dengan warna kerajaan.



Raja Cyrusdari Persia mengenakan pakaian warna ungu dan menetapkanya sebagai seragam kerajaan, bahkan beberapa Kaisar Romawi kala itu melarang rakyatnya untuk memakai pakaian warna ungu, karena warna ungu dianggap sebagai Simbol Kerajaan.

Tidak hanya itu, bahkan warna ungu juga digunakan untuk menandatangani dekrit, dan keturunan kerajaan yang lahir pada masa itu juga digambarkan sebagai anak-anak yang lahir dalam warna ungu.

Makna warna ungu secara umum

Ungu memiliki warna yang sangat unik dan juga melambangkan sesuatu yang tinggi dan agung, orang yang mengenakan warna ungu akan terlihat sangat menarik dan mempesona.

Makna warna ungu menurut Psikologi

Ungu memiliki pengaruh kuat pada kondisi perasaan dan suasana hati seseorang, yang biasa disebut juga sebagai warna yang menunjukkan kepribadian seseorang.
Warna ungu sering dikaitkan dengan pribadi yang ramah, humoris, mudah beradaptasi, ambisi tinggi, dan mendahulukan orang lain.


Jadi setelah baca thread ini apakah agan sista yang mungkin sebenarnya termasuk penyuka warna ungu masih malu menggunakan dan mengoleksi sesuatu yang berwarna ungu?


Terimakasih sudah baca sampai selesai, share pengalaman atau perasaan agan sista waktu pakai baju atau barang berwarna ungu yaa..


Sumber 1

Sumber 2
Diubah oleh meowila 13-08-2021 09:45
ipanpun
RyuDan2255
lingkar123
lingkar123 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
6.2K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.