Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

isanbonAvatar border
TS
isanbon
Cara Rakit PC Game Untuk Pemula
Memiliki komputer gaming adalah hal yang menyenangkan dan elegan. Tapi itu juga memberi Anda keuntungan untuk bisa memenangkan kompetisi! Jika Anda terobsesi untuk memainkan game elektronik terbaru, tidak ada pengganti untuk memiliki perangkat dengan spesifikasi terbaik. Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan, bagian apa yang paling penting untuk performa game yang lebih baik? Baca tulisan berikut untuk mempelajari semua ini dan lebih banyak lagi, serta tip untuk membangun PC yang sempurna untuk anggaran berapa pun.
Komputer dan elektronik Komputer

Cara merakit PC game

1. Pemilihan prosesor CPU

Saat ini dua perusahaan terkemuka di bidang prosesor komputer adalah Intel dan AMD. Akan lebih baik untuk membiasakan diri dengan tolok ukur dan indikator dan membandingkan masing-masing dengan harga saat ini.

Saat ini, prosesor Intel i5 adalah pilihan yang sempurna dalam hal kinerja yang lebih baik dan segi harga. Prosesor i7 mencapai kinerja yang lebih kuat tetapi manfaat yang dihasilkan sedikit berbeda dari prosesor i5, sementara harganya jauh lebih tinggi.

Level terendah yang dapat Anda mulai jika Anda memiliki anggaran terbatas adalah prosesor AMD Athlon II X4 640 sedangkan untuk prosesor kelas menengah Anda dapat memulai dengan prosesor Intel Core i3-3220.



2. Pilih motherboard yang mendukung prosesor

Saat memilih motherboard perangkat keras pertimbangkan jenis soket prosesor (contoh: LGA 775) jenis modul memori (contoh: 240-pin) dan frekuensi memori (contoh: 1066MHz). Beberapa papan mendukung fitur seperti HDMI atau Firewire, jadi pastikan Anda memiliki fitur tersebut jika Anda membutuhkannya.

Perhatikan modul memori frekuensi tinggi. Mungkin tampak pada awalnya bagian perangkat mana yang bekerja lebih cepat dan dalam jumlah yang lebih besar adalah pilihan terbaik tetapi kenyataannya tidak. Manfaat modul memori frekuensi tinggi saling bertentangan dan terbukti menghasilkan kinerja yang buruk. Ingatlah hal ini saat membeli komponen perangkat keras.

Catat jumlah konektor untuk modul memori untuk melihat cara menghubungkannya ke motherboard. Lebih banyak konduktor tidak sama dengan kinerja yang lebih baik. Hal yang sama berlaku untuk soket prosesor jenis yang berbeda tidak selalu menunjukkan perbedaan kinerja.



3. Dapatkan RAM

Memiliki RAM yang tepat akan memastikan kinerja yang lebih cepat dan lebih sedikit waktu untuk memuat. Pilih modul memori yang sesuai dengan anggaran Anda, pastikan itu dari produsen tepercaya. Ada banyak produsen modul memori tetapi hanya beberapa yang terpilih yang membuat modul memori berkualitas tinggi.

Anda harus memilih kecepatan clock tertinggi (peringkat dalam MHz) dan waktu terendah mungkin (ini ditunjukkan oleh #-#-#-#). Kinerja modul memori sangat tergantung pada hal di atas.

Anda perlu membeli memori yang cukup untuk menjalankan aplikasi yang Anda gunakan. Data game yang Anda gunakan mungkin mengatakan bahwa memory stick 2GB cukup untuk menjalankan game tetapi ini mungkin berarti (cukup untuk menjalankan game dengan kinerja minimal). Jika Anda ingin mendapatkan performa gaming terbaik, Anda harus melampaui persyaratan dan mencapai plafon yang lebih tinggi.

Prosesor 32-bit tidak mendukung modul memori yang lebih besar dari 3 GB. Sementara prosesor 64-bit mendukung lebih banyak.

Modul memori DDR2 beroperasi saluran ganda, jadi Anda harus membeli 2 modul memori (2 x 512 MB) lebih baik daripada (1 x 1 GB). Perhatikan juga jenis konektor pin. 184-pin untuk DDR(1) sedangkan 240-pin untuk DDR2. Jalankan pencarian untuk jenis modul memori yang didukung oleh motherboard yang dipilih.



4. Pilih kartu video (prosesor grafis)

Langkah ini merupakan salah satu hal terpenting dalam merakit komputer dan juga yang paling sulit karena banyaknya prosesor grafis yang beredar di pasaran. Solusi ideal mungkin membaca ulasan pengguna tentang jenis prosesor grafis yang sesuai dengan anggaran Anda. Saat ini, dua perusahaan terkemuka di bidang ini adalah ATI dan NVIDIA, tetapi perusahaan lain seperti Sapphire dan eVGA memiliki lisensi untuk memproduksi kartu ini. Gunakan situs seperti Tom Hardware untuk membuat perbandingan kinerja kartu video yang berbeda.

Saat ini, prosesor grafis Radeon HD 6670 DDR3 adalah level yang dapat diterima untuk memulai. Sedangkan prosesor GeForce GTX 650 Ti Boost 2G paling cocok di kelas menengah. Dan GeForce GTX 780 adalah yang paling efisien dalam hal efisiensi.

Ada beberapa kebingungan tentang kartu NVIDIA, yang direkomendasikan oleh para pecinta game PC. Angka yang lebih tinggi pada nama kartu tidak berarti itu yang terbaik. GeForce 7950 lebih efisien daripada GeForce 8500. Digit pertama adalah nomor seri kartu sedangkan digit kedua dan terkadang ketiga menunjukkan tingkat kinerja.

Jika Anda menginginkan kinerja tertinggi yang pernah ada dan Anda memiliki motherboard yang mendukungnya belilah dua kartu video identik dari pabrikan yang sama dan jalankan dalam apa yang disebut mode SLI untuk Nvidia atau Crossfire untuk kartu ATI. Ini biasanya merupakan ide yang buruk kecuali jika Anda memiliki kartu video terbaik yang pernah ada karena lebih murah dan lebih efisien untuk membeli satu prosesor grafis berkualitas baik.



5. Pilih volume (hard disk)

Game, suara, dan video membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan file yang diperlukan untuk memutarnya. Baca ulasan pengguna tentang jenis hard drive untuk memilih yang tepat dengan harga yang tepat untuk anggaran Anda. Baca spesifikasi untuk memastikan kinerjanya setidaknya 7200 RPM (putaran per menit), karena ini menjamin Anda kinerja terbaik dengan nilai yang lebih tinggi.

Volume yang lebih cepat hanya memengaruhi waktu muat game, juga tidak sebagian besar. Fokuskan pikiran Anda untuk memiliki ruang penyimpanan paling banyak dan jangan menempatkan kecepatan hard drive sebagai prioritas utama Anda.

SATA adalah pilihan terbaik saat ini, karena kabel yang lebih kecil yang memungkinkan aliran udara dan kecepatan transfer lebih cepat daripada kabel PATA tradisional.



6. Pilih catu daya

Periksa catu daya dari catu daya. Catu daya datang dalam konektor 20-pin atau konektor 24-pin. Belilah catu daya yang sesuai dengan jumlah konektor pada motherboard, untuk dapat menghubungkannya bersama-sama. Juga pastikan memenuhi persyaratan daya komponen perangkat keras lainnya seperti prosesor grafis.

Penting untuk diketahui bahwa catu daya yang disertakan dengan kemasan eksternal perangkat berkualitas buruk. Anda perlu menggantinya dengan catu daya yang lebih kuat dan lebih efisien secepatnya.

Catu daya 350W adalah minimum untuk komputer modern. Komponen berefisiensi tinggi yang membutuhkan lebih banyak daya seperti prosesor grafis Kelas 1, mungkin memerlukan catu daya 500 watt atau lebih.



7. Beli casing komputer

Jangan melupakan pentingnya kasus komputer. Ini adalah rumah dari semua komponen mahal yang membentuk komputer Anda. Untuk langkah ini, masalah pendinginan adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan.

Beberapa casing komputer menggunakan kipas 88mm, yang lain menggunakan kipas 120mm, sementara ada tipe yang memiliki keduanya. Secara umum, kipas yang lebih besar menghasilkan lebih sedikit suara dan mendorong lebih banyak udara ke dalam casing. Komponen bertenaga tinggi akan membutuhkan lebih banyak pendinginan, jadi pilihlah jenis casing yang Anda beli dengan cermat.

Jika memungkinkan, Anda harus memiliki tekanan yang sama di dalam casing perangkat. Biasanya, Anda memerlukan kipas belakang untuk mendorong udara, kipas depan untuk menyedotnya, kipas atas untuk mendorong udara, kipas bawah dan samping untuk menyedotnya.

Kotak berukuran sedang adalah yang paling umum tetapi kotak dengan ukuran lebih besar dan lebih banyak fitur mungkin diperlukan jika Anda memiliki banyak periferal seperti pemutar CD atau drive hard disk.



8. Pilih sistem operasi

Setelah membeli semua komponen di atas, Anda akan memerlukan sistem operasi yang menggabungkan semua komponen tersebut ke dalam bentuk akhir yang dapat digunakan dan berguna. Setelah menyelesaikan proses instalasi cari pembaruan driver secara online untuk komponen perangkat keras.

Windows adalah sistem terbaik dalam hal permainan meskipun Anda sering harus menggunakan Windows 7 daripada 8, karena beberapa permainan baru memiliki masalah dengan kompatibilitas dengan sistem baru. Umumnya, masalah ini tidak akan ada dengan game yang dirilis setelah 2013. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan sistem modern Windows 10, pastikan itu kompatibel dengan versi game favorit Anda.
0
782
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.4KThread9.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.