• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Anak Zaman Now Jarang Ada yang Tahu, Permainan Jadul Ini Mengajak Nostalgia

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Anak Zaman Now Jarang Ada yang Tahu, Permainan Jadul Ini Mengajak Nostalgia
Pernah main tembakan bambu?
Permainan tradisional yang saat ini sudah jarang ditemukan dan menjadi mainan langka


Permainan, adalah sebuah barang atau sesuatu yang digunakan untuk bermain dengan tujuan mencari hiburan, mengisi waktu luang, atau juga hobi.

Di era modern ini banyak sekali muncul permainan-permainan digital yang pastinya berkaitan dengan canggihnya teknologi yang semakin hari semakin pesat berkembang.

Mungkin bagi Agan dan Sista yang lahir atau dewasa di tahun 90-an kebawah belum banyak mengenal permainan dengan tekhnologi canggih yang dimainkan melalui gadget, sebab zaman dulu kebanyakan alat-alat permainan terbuat dari bahan-bahan sederhana atau bahkan bahan bekas yang didaur ulang untuk dimanfaatkan menjadi alat permainan.

Keadaan tersebut berbeda jauh dengan zaman sekarang, anak-anak gen z dapat dikatakan hampir tidak mengenal sama sekali yang namanya permainan tradisional karena setiap hari mereka bermain dengan permainan modern yang berkaitan dengan kecanggihan teknologi.


sumber gambar

Sebenarnya tanpa kita semua sadari banyak sekali manfaat dari bermain permainan tradisional GanSis. Mulai dari belajar kreatifitas, komunikasi, kekompakan, hemat pengeluaran, dan juga sosialisasi antar teman sepermainan, semua manfaat tersebut bisa didapatkan dari permainan tradisional namun jauh dan bertentangan dengan permainan modern.

Jika Agan dan Sista ditanya tentang permainan tradisional yang paling berkesan, apa satu permainan yang paling Agan dan Sista rindukan dan berkesan?

Pasti dari Agan dan Sista banyak yang menjawab tembakan bambu, karena permainan ini adalah salah satu permainan tradisional yang paling ramai dimainkan dan bisa dibuat sendiri.

Tembakan bambu ini juga sering dikenal dengan nama pletokan bambuGanSis, yaitu bambu kecil dengan dua lubang bagian atas dan bawah yang akan diisi dengan peluru berupa sobekan kertas yang telah direndam air atau biji-bijian yang lunak.

Pletok bambu dapat digunakan sebagai alat tembak-tembakan dan dijamin aman karena menggunakan peluru yang tidak berbahaya, kalaupun mengenai badan akan terasa panas sebentar dan kemudian dapat sembuh dengan sendirinya.

Agan dan Sista yang belum pernah sama sekali melihat penampakannya, bisa tonton video di bawah ini!


Spoiler for Nostalgia Pletok Bambu:


Mungkin anak zaman now ada yang tidak pernah melihat bentuk dari permainan ini ya GanSis, sebab ane pribadi sudah sangat lama sekali tidak melihat ada anak-anak yang memainkan permainan Pletok Bambu.

Sebenarnya untuk cara pembuatannya cukup mudah GanSis, sebab ane dulu waktu kecil pernah membuatnya sendiri dan ane jual ke teman-teman sekolah. Jika suaranya keras maka harganya akan lumayan mahal.

Apa saja sih yang dibutuhkan untuk membuat pletok bambu?


Bahan-bahan:
~ Bambu ukuran kecil
~ Gergaji
~ Buah jambu atau kertas (peluru)

Cara pembuatan dan memainkan:
1. Potong bambu menggunakan gergaji dengan ukuran kurang lebih 20-30cm

2. Stik pendorong peluru, biasanya juga terbuat dari bambu yang dibentuk bulat dengan ukuran sebanding dengan selongsong bambu

3. Masukan peluru, bisa gunakan jambu air yang masih kecil atau bubur kertas

4. Masukan pendorong peluru kemudian tekan keras-keras, maka peluru akan keluar dan mengeluarkan suara yang cukup nyaring.



Melihat video unggahan permainan jadul tersebut tentu mengajak kita semua untuk bernostalgia dengan permainan lama GanSis.
Ane dulu juga sangat sering membuat dan memainkan pletok bambu bersama teman-teman setelah sepulang sekolah di lapangan bola sembaru main kejar-kejaran atau Polisi-polisian.

Keseruan bermain permainan tradisional ini telah menjadi kenangan indah yang pastinya tidak terlupakan.

Oke GanSis, itulah tadi sekilas tentang permainan tradisional dan manfaatnya.
Mudah-mudahan membawa Agan dan Siata untuk ingat kembali pada masa kecil yabg penuh rasa bahagia.

Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar & video
1, 2, 3
Diubah oleh masnukho 14-08-2021 03:13
Alfan.Frink
nyimak92
varokahh
varokahh dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.8K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.