Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Ilmuwan NASA Ungkap Struktur Lapisan Mars Melalui Gelombang Seismik
Foto ilustrasi skesta lapisan Mars | bbc.com


Sebuah laporan mengungkapkan jika ilmuwan dari NASA berhasil menganalisis struktur lapisan dari planet Mars melalui "Probe InSight" milik NASA. Para ilmuwan mengumpulkan data lapisan Mars menggunakan sistem gelombang seismik yang juga diterapkan untuk menentukan lapisan bumi.

Para ilmuwan NASA menjelaskan mengenai struktur lapisan dalam Mars, tentang penelitian ini sudah diterbitkan dalam tiga jurnal ilmiah, yang baru juga diterbitkan oleh Jurnal Science. Atas penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan NASA ini berhasil menarik perhatian publik dari berbagai negara.

Saat para ilmuwan melakukan siaran pers, mereka menekankan bahwa data mereka ini sudah cukup akurat dengan menggunakan metode gelombang seismik. Ilmuwan NASA sangat terbantu oleh Probe Insight, probe ini dikirim ke Mars pada 2018 dengan membawa alat seismograf.

Foto seismograf di Mars | bbc.com


Probe Insight berhasil meletakkan alat seismograf tepat di permukaan Mars. Eksperimen Seismik untuk Struktur Interior (SEIS) ini juga sudah berhasil membuat Marsquakes (gempa Mars) untuk mendapatkan data. Ilmuwan mengatakan jika lapisan Mars terdiri dari dua atau tiga lapisan kerak. Di bawah lapisan kerak terdapat lapisan mantel yang diklaim memiliki ketebalan sekitar 1.560 kilometer, kemudian lapisan inti dengan radius 1.830 kilometer.

Inti Mars diklaim benar-benar cair, seperti yang diprediksi para ilmuwan-ilmuwan sebelumnya, berbeda dengan inti Bumi yang mana di dalamnya inti kita memiliki lapisan luar yang cair dan lapisan dalam yang padat.

Foto ilustrasi skesta lapisan Mars | space.com


Pengumpulan data seismik terus berlangsung dilakukan oleh Ilmuwan melalui seismograf. Oleh karena itu, hasil penelitian tentang lapisan Mars bisa jadi berubah-ubah sesuai hasil riset yang berlangsung. Para ilmuwan sedang menunggu gempa kuat di Mars kuat agar dapat memberikan gambaran yang lebih jelas dan memeriksa apakah bagian dalam planet ini mengandung air atau tidak.

Beberapa ilmuwan beranggapan bahwa dulunya Mars memiliki air di permukaannya, namun waktu demi waktu Mars mengalami perubahan yang membuat air mengalir ke dalam perut. Sama dengan penelitian di dalam Bumi, dimana air dalam perut bumi telah ditemukan. Beberapa ilmuwan mengklaim bahwa air dalam perut bumi lebih banyak daripada air di permukaan.




Penulis: Sambelterasi052
Referensi: bbc.com - Nasa probe determines Mars' internal structure
Sumber Gambar: tertera di dalam thread
Komunitas: Toba Ethos

pilotugal2an541
alfidanger
indrastrid
indrastrid dan 12 lainnya memberi reputasi
13
4.3K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.