joko.winAvatar border
TS
joko.win
Sering Dikritik Puan, Pengamat: Jokowi Punya Relawan Militan, Dia Bisa Jd‘King Maker’
Terkini.id, Jakarta – Pengamat politik, Jerry Massie mengingatkan kepada Puan Maharani terutama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bahwa Presiden Jokowi punya basis relawan yang militan.

Hal itu disampaikan pengamat politik sekaligus Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) itu menanggapi kritik Puan Maharani selaku ketua DPR dan anggota DPR lainnya dari fraksi PDIP seperti Efendi Simbolon, Masinton Pasaribu bahkan terakhir kritikan Megawati Soekarnoutri ke Presiden Jokowi terkait Presiden harus jadi panglima pemegang kendali penanganan wabah.

Menurut Jerry, tidak menutup kemungkinan adanya keretakan di tubuh PDIP karena dirinya melihat Jokowi mempunyai dua kecenderungan yang berbeda dari Megawati.

Kecenderungan tersebut, kata Jerry, Jokowi sedang mesra-mesranya dengan Partai Golkar. Hal itu menurutnya terlihat dari kebijakan mantan Wali Kota Solo itu dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19.

Menurutnya, dalam kebijakan penanganan Covid-19 tersebut Jokowi menunjuk Menko Perekonomian Airlanggga Hartarto dan Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Koordinator PPKM Darurat di dalam dan luar Jawa-Bali.

“Nah sementara ketua DPR Puan Maharani kelihatannya tidak menghargai Presiden Jokowi. Di negara lain pernah nggak dengar ketua partai koalisi pemerintahan apalagi ketua DPR mengkritik kepala pemerintahan? Pernah dengar Nancy Pelosi kritik Clinton, Obama atau Biden? Biarlah itu urusan para anggota/pimpinan DPR yang lain bukan Puan Maharani, Ketua DPR yang nota bene dari PDIP," ujarnya.

"Fungsi DPR memang mengawasi pemerintah. Tapi fungsi Puan Maharani sebagai Pimpinan Koalisi pendukung pemerintah tidak. Masa ikut pemerintahan mau, mengkritik juga mau? PDIP ke luar saja dari pemerintahan. Silahkan kritik sekeras-kerasnya. Kita bicara tentang Puan Maharani, pimpinan PDIP pendukung utama pemerintahan Jokowi. Bukan bicara tentang fungsi DPR. Puan Maharani itu hanya salah satu anggota DPR, yang mewakili PDIP pendukung utama koalisi Jokowi,"katanya.

“Jokowi sekarang juga sudah punya basis massa. Di luar Trah Soekarno akan menarik ada nama Ganjar Pranowo. Sedangkan Mega sudah memberikan sinyal tak bakal mendukung Ganjar,” tuturnya.

Bahkan, Jerry menilai dari aspek probabilitas politik bisa saja Jokowi tak mendukung Puan Maharani sebagai capres di pemilu 2024.

Pasalnya, kata Jerry, Jokowi bisa saja menjadi ‘King Maker’ di Pilpres 2024 mendatang lantaran mantan Gubernur DKI Jakarta itu memiliki basis relawan yang militan.

“Soalnya bisa saja Jokowi menjadi King Maker dengan kelompok relawan militannya,” ujarnya.

"Jokowi punya banyak potensi untuk mengarahkan siapa yang harus diusung parpol. Artinya Jokowi bisa menjadi king maker 2024," katanya.

Menurut Jerry, Jokowi juga masih memiliki kedekatan emosional dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hal itu, kata dia, terlihat saat Jokowi memilih memantau vaksinasi dengan Ganjar Pranowo ketimbang menghadiri acara serah terima jabatan Gurubesar Universitas Pertahan (Unhan) kepada Megawati Soekarnoputri.

Dia pun membeberkan tiga alasan mengapa Presiden Jokowi bisa menjadi king maker pada Pilpres 2024. "Pertama, Jokowi punya kekuasaan, langsung atau tidak dia akan bersentuhan dengan proses pemilu," ujarnya.

Baca juga: Bukan Ketum Parpol tapi Presiden, Modal Kuat Jokowi Jadi King Maker di Pemilu 2024

Kedua, kata dia, persepsi publik yang terbangun adalah Jokowi merupakan seorang yang berkinerja baik. Sehingga, lanjut dia, banyak masyarakat merasa puas dengan kinerja Jokowi.

"Artinya pendukung Jokowi juga banyak yang ingin bahwa beliau terus mengimplementasikan berbagai program yang belum selesai melalui kandidat yang akan didukung beliau," katanya.

Ketiga, lanjut dia, Jokowi punya relawan yang solid dan militan. Dia melanjutkan, dua periode ini peran relawan Jokowi tentu saja tak bisa dinafikan. "Setidaknya, dengan modal itu, Jokowi bisa jadi penentu kandidat mana yang akan diusung parpol," pungkasnya.

https://makassar.terkini.id/ingatkan...di-king-maker/
Diubah oleh joko.win 11-08-2021 13:44
prabas
scorpiolama
phelomason
phelomason dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.4K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.